Wow, Ini Dia Cara Mengetahui Madu yang Kamu Beli Asli atau Palsu

Madu merupakan salah satu bahan yang memiliki banyak khasiat, terutama untuk kesehatan. Di zaman sekarang ini, banyak orang yang mulai rutin mengonsumsi madu karena manfaatnya tersebut.

Dengan banyaknya permintaan pasar, ternyata dimanfaatkan oleh para pedagang yang nakal. Mereka berupaya memperoleh untung yang besar, mencampur madu dengan gula pasir.

Tindakan tersebut sangatlah berbahaya. Disamping kita akan sering mengonsumsi gula yang ada dalam madu palsu tersebut. Keseringan mengonsumsi gula pasir juga dapat menyebabkan penyakit yang tidak kita inginkan.

Bukan hanya itu, ketika seorang yang sudah terkena diabetes mengonsumsi madu palsu, maka kadar gula dalam darahnya akan meningkat dengan pesat. Hal itu tentu sangat berbahaya bagi kesehatan para penderita diabetes.

Nah, karena hal itulah, kita perlu berhati-hati dalam membeli madu. Pastikan madu yang sudah sampai ke tangan kita adalah madu asli. Kalau perlu, kita cek dulu apakah madu ini asli atau tidak, dengan cara-cara berikut ini.

Bakar Madu Sampai Berbusa

Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu

belivitabumin.com

Membakar madu ternyata merupakan salah satu cara untuk mengetahui apakah madu tersebut asli atau tidak.

Pertama, sediakan sendok, korek api dan lilin. Taruh madu yang akan kamu tes keasliannya di atas sendok, kemudian bakar dia atas lilin yang sudah menyala. Bakar terus selama beberapa menit.

Setelah beberapa menit, kamu akan tahu apakah madu yang dibakar asli atau tidak. Jika madu asli di taruh di atas sendok dan dibakar, maka madu tersebut akan mengeluarkan busa dan tumpah.

Nah, tetapi, kalau yang dibakar adalah madu palsu atau madu campuran, busa yang akan dikeluarkan oleh madu tersebut hanya sedikit dibandingkan dengan madu asli.

Menggunakan Kertas

Cara ini cukup mudah, kamu hanya tinggal melumuri kertas dengan madu yang akan kamu uji coba. Jika madu asli yang dilumurkan ke atas kertas, maka kertas tidak akan mudah robek. Tetapi, kalau madunya palsu, kertas jadi mudah robek dan madu akan menembus kertas.

Menggunakan Korek Api

Cara ini, kamu harus menggunakan korek api yang terbuat dari kayu. Lumuri batang korek api dengan madu dan coba nyalakan korek tersebut.

Jika madu yang dilumurkan asli, maka ketika korek dinyalakan, api akan menyala. Tetapi, jika madu yang dilumurkan palsu, maka korek tersebut tidak akan menyala.

Masukkan Madu ke Dalam Air

Madu Palsu dan Asli dalam Air

dachurisyifa.blogspot.com

Ketika madu asli diteteskan ke dalam air putih, maka akan kamu lihat bahwa madu tidak bercampur dengan air. Madu asli akan jatuh sampai ke dasar wadah dan tidak mengambang.

Masukkan Madu ke Dalam Kulkas

Madu asli yang ditaruh ke dalama kulkas tidak akan membeku. Tetapim jika madu palsu atau madu campuran disimpan ke dalam kulkas, maka madu palsu tersebut akan membeku.

Nah, itu tadi beberapa cara untuk mengetes apakah madu yang kamu beli itu asli atau sudah dicampur dengan bahan lain. Apa kamu ada cara lain untuk mengetahui madu itu asli atau tidak? Boleh lho kasih tau di sini biar ilmunya makin nambah lagi.

Selamat mencoba dan berhati-hati ya kalau beli madu 🙂

Leave a Reply