Resep Cara Membuat Kue Kipo Enak Khas Jogja

Salah satu makanan khas Jogja yang memiliki bentuk imut dengan warna hijau dan terdapat isian manis di dalamnya adalah kipo. Jajanan tradisional yang bisa kamu temui di daerah Kota Gede Yogyakarta.

Kipo adalah jajanan yang terbuat dari bahan tepung ketan dengan isian kelapa dan gula merah. Jajanan ini memiliki nama yang ternyata merupakan singkatan dari “iki opo”. Kalau diubah menjadi bahasa Indonesia menjadi “ini apa”. Mungkin karena waktu dulu pada penasaran dengan makanan kecil mungil ini, sehingga bertanya “iki opo?”.

Kalau kamu ingin mencicipi kipo yang asli, tentu saja harus berkunjung ke Kota Jogja. Tapi, berhubung mungkin belum liburan atau tempatnya yang terlalu jauh, kita bikin sendiri saja dengan resep di bawah ini. Jangan lupa catat dan segera siapkan bahannya ya.

Resep Membuat Kue Kipo

Kipo

jogjadirectory.com

Siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan Kue Kipo

  • 500 gram tepung ketan
  • 300 ml santan
  • 50 ml air daun pandan, atau bisa juga menggunakan pewarna makanan berbentuk pasta berwarna hijau

Bahan Isian Kue Kipo

  • 300 gram kelapa muda
  • 200 gram gula merah yang sudah disisir
  • 100 ml air
  • 3 lembar daun pandan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Kipo

  1. Pertama, campur tepung ketan dengan santan yang sudah dimasak terlebih dahulu. Mencampurkan santannya sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  2. Tambahkan air daun pandan yang digunakan sebagai pewarna hijau dan penambah aroma. Uleni sampai adonan tercampur rata dan warnanya berubah menjadi hijau semua.
  3. Kemudian buat isian dengan mencampurkan gula merah, air, dan daun pandan. Masak sampai mendidih dan gula merahnya larut semua.
  4. Masukkan kelapa muda yang sudah diparut bersama dengan garam, aduk sampai tercampur rata, angkat dan dinginkan.
  5. Ambil adonan kue kipo, pipihkan adonan dan beri isian, lalu tutup dan bentuk lonjong pipih.
  6. Masak kue kipo menggunakan wajan yang sudah dialasi dengan daun pisang.
  7. Letakkan adonan di atasnya, masak sampai kue matang.
  8. Kue kipo enak khas Jogja siap disajikan.

Bagaimana? Mudah bukan membuat kue tradisional ini? Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri dengan resep yang sudah ada di atas. Jangan lupa membuatnya yang banyak, biar sanak saudara ataupun tetangga bisa mencicipinya. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply