Cara Membuat Bunga dari Kertas yang Mudah Dibuat di Rumah

Kerajinan tangan berbentuk bunga pasti sangat indah dan banyak bentuknya. Bahan untuk membuatnya pun bermacam-macam, tapi yang paling banyak jenisnya tentu dengan bahan kertas.

Untuk membuat bunga dari kertas, kamu bisa menggunakan beraneka ragam kertas. Mulai dari kertas kado, kertas origami, kertas krep, kertas bekas, kertas koran, tisu, kertas HVS, kertas minyak, dan masih banyak lagi jenis kertas yang bisa kamu gunakan.

Nah, sekarang, kita akan mencoba membuat kreasi bunga menggunakan kertas ya. Ada beberapa bunga yang akan kita buat, jadi mari kita lihat bersama.

1. Bunga Pompom dari Kertas Krep

Bunga pompom dari kertas krep

youtube.com

Bunga pertama yang akan kita buat ini adalah bunga pompom, nggak tau juga ada nama bunga seperti itu atau nggak. Tapi, yang jelas dinamai bunga pompom karena bentuknya seperti pompom yang biasa digunakan untuk pemandu sorak menyemangati tim-nya.

Bahan dan Alat

Pertama yang harus disiapkan sebelum membuat kerajinan tangan bunga ini adalah alat dan bahan. Berikut ini daftar alat dan bahan yang dibutuhkan.

  • Kertas kreb
  • Kawat, kalau bisa gunakan yang berbahan dasar kuningan agar tidak mudah berkarat
  • Gunting
  • Tali

Cara Membuat Bunga Pompom dari Kertas Kreb

Bahan dan alatnya sudah siap? Langsung aja kita buat yuk bunga pompom-nya.

Pertama yang harus dilakukan adalah memotong bagian tepi ketas krep yang masih utuh menjadi berbentuk seperti kelopak bunga. Atau, kamu bisa memotongnya menjadi setengah lingkaran, bisa juga berbentuk segitiga. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Membuat bunga dari kertas krep

youtube.com

Setelah dipotong bagian pinggirnya, kemudian lebarkan kertas krep-nya dan lipat dengan sisi yang bergantian. Jadi, setelah kamu melipat kertas krep ke dalam, lipatan berikutnya adalah keluar.

Melipat kertas krep untuk dibuat menjadi bunga

youtube.com

Setelah kertas krep terlipat semua dengan rapi, tentukan bagian tengahnya. Nah, tepat di tengah kertas krep itulah kita akan mengikatnya menggunakan kawat.

Lilitkan kawat yang sudah disiapkan sebelumnya, jangan terlalu pendek memasangkan kawatnya ya. Karena, kelebihan kawat yang ada, nanti akan digunakan sebagai tempat memasangkan tali.

Tahapan membuat bunga dari kertas krep adalah mengikatnya dengan kawat

youtube.com

Kalau kawat sudah terpasang, dan kertas krep sudah benar-benar rapi, kita akan menuju ke tahap selanjutnya. Buka kertas krep menjadi berbentuk lingkaran. Seperti gambar yang ada di bawah ini.

Membuat bentuk melingkar pada bunga dari kertas krep

youtube.com

Setelah bentuknya menjadi lingkaran yang bergelombang, tahap selanjutnya ini yang paling asik. Kita akan membuat kelopak bunga popom-nya.

Kamu tinggal menarik satu per satu kertas krep ke arah atas, dan jadi deh kelopak bunganya. Tapi, bagi menjadi dua bagian ya, agar nantinya bunga pompom nya menjadi berbentuk seperti bola bulat.

Kertas krep dibentuk kelopaknya

youtube.com

Kalau sudah selesai membuat kelopak bunga, sekarang tinggal memberikan tali untuk memajang bunga pompom. Kamu tinggal memasangkan tali pada kawat yang tadi sudah dilebihkan.

Memberikan tali pada kertas krep yangsudah berbentuk bunga

youtube.com

Masih bingung?

Lihat video berikut ini dan ikuti langkah-langkah membuat bunga pompom dari kertas krep-nya.

2. Bunga Mawar dari Tisu Makan

Mawar dari kertas tisu

youtube.com

Bunga yang akan kita buat ini cukup mudah dan tidak membutuhkan bahan dan alat lainnya lho. Kamu cukup menyediakan saja satu lembar tisu makan.

Jadi, kalau sedang makan di warung makan, tinggal ambil saja satu lembar tisu dan gulung-gulung, lipat-lipat, jadi deh bunga mawarnya. Berikut ini tahapan membuat bunga mawar dari kertas tisu.

Cara Membuat Bunga Mawar dari Kertas Tisu

Pertama yang harus dilakukan tentu menyiapkan bahan yang dibutuhkan. Nah, karena kita akan membuat bunga dari kertas tisu, tentu tisu harus ada.

Paling enak menggunakan tisu makan, nggak terlalu tipis, nggak terlalu kaku juga. Jadi mudah dibentuk menjadi sesuatu yang kita inginkan.

Setelah siap tisu makannya, sekarang, gulung salah satu sisinya sedikit saja, mungkin sekitar 3-5 mm saja. Jangan banyak-banyak, biar nggak ketebalan nanti bunganya.

Membuat mawar dari kertas tisu dengan menggulungnya

youtube.com

Setelah gulungan kecilnya jadi, kemudian gulungan itu digulung menyilang, kamu bisa lihat gambar di bawah ini bagaimana cara menggulungnya.

Menggulung pada bagian yang sudah digulung

youtube.com

Nah, bagian bunganya sudah jadi tuh dari gulungan kedua tadi. Sekarang kita akan membuat bentuk batang dari bunga mawarnya.

Caranya hampir sama dengan sebelum-sebelumnya, cukup gulung saja tisu bagian bawah bunganya. Kalau bingung, lihat gambar di bawah ini.

Membentuk bagian batang

youtube.com

Membuat batang, jangan ketinggalan dong daunnya. Caranya? Buat saja bagian daun dengan mengambil sisi luar tisu, kemudian bentuk menjadi seperti daun.

Membuat daun

youtube.com

Setelah semua bagian terbentuk, tinggal kamu rapikan saja bunga mawarnya, biar wujudnya seperti yang asli.

Nah, buat kamu yang masih bingung, lihat video berikut ini, cukup mudah kok mengikuti langkah-langkahnya.

Nah, gimana? Mudah bukan membuat bunga dari kertasnya? Kamu bisa mengkreasikan berbagai macam bentuk bunga dengan berbagai jenis kertas yang ada. Buat seindah dan semenarik mungkin ya, selamat mencoba 🙂

Leave a Reply