4 Cara Membuat Bros (Bunga Mawar, Kupu-kupu, Juntai, dan Pom-pom)

Cara Membuat Bros – Kamu tentu tahu kan apa itu bros? Bros adalah salah satu aksesoris yang biasanya digunakan sebagai hiasan pada penampilan kita. Biasanya sih yang pakai aksesoris ini wanita ya, dipakainya pun ditempelkan pada jilbab.

Penambahan bros ini akan membuat penampilan kamu terlihat lebih cantik lagi. Entak itu mau pakai bros dari flanel, kain perca, pita organdi, manik-manik, batik, wol, satin dahlia, dan masih banyak lagi bahan yang bisa dipakai.

Bentuk bros pun macam-macam, kita bisa menemukan bros berbentuk bunga mawar, kupu-kupu, lolipop, pom-pom, dan sebagainya.

Sekarang kita akan membahas beberapa bros dari berbagai macam bahan yang berbeda ya. Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah kok. Soalnya cara bikinnya cukup simple dan mudah, tinggal simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel

Bros kupu-kupu kain flanel
youtube.com

Bros yang pertama ini, kita akan buat dari kain flanel, bentuknya kupu-ku. Bros yang bentuknya kupu-kupu, biasa digunakan saat memakai hijab, biar makin cantik.

Bahan dan Alat

  • Kain flanel berbentuk lingkaran dengan diameter 6,5 cm (2 warna berbeda)
  • Manik-manik atau mutiara
  • Jarum
  • Benang jahit
  • Peniti
  • Benang sari tiruan
  • Lem tembak

Cara Membuat

Cara Membuat Bros kupu-kupu dari Kain Flanel
youtube.com
  • Ambil satu bagian kain flanel terlebih dahulu, lalu lipat jadi dua.
  • Setelah itu, lipat kedua ujung kanan dan kiri ke arah tengah, sehingga ujung kanan dan kiri bertemu di sisi atas.
  • Lalu bagian belakang dilipat lagi seperti langkah sebelumnya, kemudian satukan atau lipat setengahnya, kamu bisa lihat gambar langkah 4.
  • Kemudian jahit yang rapi dan rapat ya.
  • Langkah selanjutnya, ambil flanel yang berbeda warna, lalu lipat jadi dua, kemudian lipat lagi setengahnya.
  • Setelah itu jahit pada sisi luarnya, satukan dengan bagian yang sebelumnya.
  • Ambil lagi flanel flanel dengan warna yang sama pada warna kedua, lakukan hal sama dengan langkah sebelumnya.
  • Ambil flanel terakhir, lakukan seperti langkah pertamakali, lalu jahit dengan dan satukan dengan rapi dan bentuk mirip seperti kupu-kupu.
  • Langkah selanjutnya, jahit manik-manik di bagian tengah, jahit dengan kuat ya.
  • Jangan lupa tempatkan benang sari tiruan, bengkokkan benang sarinya menjadi dua, lalu tetakkan pada bagian atas sayap kupu-kupu, jahit dengan rapi.
  • Setelah jadi bentuk kupu-kupu, tempelkan peniti untuk bros menggunakan lem tembak.
  • Bros berbentuk kupu-kupu dari kain flanel sudah jadi dan siap digunakan pada kerudung kamu.

Untuk lebih jelasnya, lihat videonya di bawah ini ya.

Gimana? Cukup simple kan bros buatan sendiri? Kamu bisa membuat bros kombinasi dengan beberapa bahan yang berbeda lho. Bisa pakai renda, swarovski, dan lainnya, pokoknya handmade dan cantik untuk muslimah.

Atau kamu tertarik dengan bunga dari kertas krep? Yuk bikin sendiri juga di rumah.

Cara Membuat Bros Bunga dari Pita Satin

Bros bunga mawar dari kain satin
youtube.com

Sekarang, kita akan bikin bros yang bahannya dari pita satin ya. Bentuknya berbeda dari sebelumnya, kita akan membuat yang berbentuk bunga.

Bahan dan Alat

  • Pita satin panjang 8 cm (5 buah)
  • Jarum dan benang jahit
  • Permata atau mutiara tiruan
  • Kain flanel
  • Peniti untuk bros
  • Lem tembak
  • Lilin
  • Penjepit

Cara Membuat

Cara Membuat Bros Bunga Mawar dari Pita Satin
youtube.com
  • Siapkan pita satin dan potong dengan panjang 8 cm sebanyak 5 buah.
  • Kemudian japit ujung pita menggunakan penjapit, setelah itu lewatkan di atas lilin agar ujungnya tidak rusak.
  • Lipat pita 90 derajat ke kanan, baru kemudian lipat lagi ke kiri.
  • Jahit ujung pita dan buat seperti kerutan.
  • Ulangi langkah-langkahnya sampai kelima pita disatukan, rapikan bentuknya.
  • Tempelkan permata tiruan di bagian atas bros.
  • Untuk bagian bawahnya, tempelkan kain flanel berbentuk lingkaran menggunakan lem tembak.
  • Setelah itu, di atas kain flanel, tempelkan peniti untuk bros.
  • Bros bunga dari pita satin sudah jadi deh, bisa kamu gunakan di kerudung.

Biar kamu nggak kebingungan, langsung lihat video nya di bawah ini ya.

Cukup menarik kan? Dan tentu kamu jadi pengen banget bikin bros yang satu ini. Tapi, coba bikin juga deh frame foto dari kardus bekas, biar kreativitas kita makin meningkat.

Cara Membuat Bros Bunga Mawar Juntai dari Kain Perca

Selanjutnya, kita akan membuat bros dengan bahan yang sederhana. Bros ini kekinian banget deh, bikin kamu tampil lebih cantik lagi. Padahal, cuma menggunakan bahan dari kain bekas saja lho.

Cara Membuat Bros Pom Pom Juntai

Kalau sekarang, bikinnya pakai bahan yang masih baru ya, bros pom pom. Ingat, ini pom-pom ya, jadi nggak perlu kamu membuat anyaman segala, hehe.

Mudah kan membuatnya? Kamu bisa membuat bros kombinasi dengan bahan lainnya kok. Bikin juga yang terbaru, yang saat ini sedang ngetrend. Bukan cuma bisa dipakai sendiri, kamu juga bisa menjualnya lho.

Leave a Reply