Cara Membuat Anyaman dari Kertas yang Mudah dan Sederhana

CARA MEMBUAT ANYAMAN – Salah satu kerajinan tangan yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia adalah anyaman. Banyak suku di negeri ini yang menggunakan seni menganyam untuk membuat sebuah kerajinan tangan.

Berbeda dengan kerajinan tangan lainnya, seni kerajinan anyaman ini perkembangannya bisa dibilang lambat. Padahal, banyak barang yang bisa dibuat dan memiliki nilai jual yang tinggi dari kerajinan yang satu ini.

Mulanya, anyaman adalah sebuah kerajinan sederhana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, seni anyaman mulai berubah pemanfaatannya menjadi benda hias, aksesoris, atau barang kebutuhan pribadi.

Tentu, pemanfaatan anyaman menjadi berbagai macam barang tersebut akan membuat kerajinan tangan ini bisa menjadi sebuah industri kreatif yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kerajinan Tangan Anyaman

Anyaman Kertas

hendraadys.blogspot.com

Nah, ngomongin soal anyaman nih ya, kerajinan yang satu ini termasuk ke dalam seni rupa terapan dua dimensi atau tiga dimensi.

Disebut tiga dimensi karena memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Kalau dilihat dari segala arah akan tampak merupakan sebuah benda yang utuh. Sedangkan disebut dua dimensi karena bentuk dari anyaman ini dapat berupa sebuah lembaran yang datar.

Bahan Membuat Anyaman

Biasanya, untuk membuat sebuah anyaman, bahan-bahan yang digunakan ada beberapa jenis, yang pertama adalah bahan dari alam. Bahan dari alam ini bisa berupa daun pandan, bambu, rotan dan mendong.

Nah, bahan lain untuk membuat anyaman dapat berupa bahan alam yang lentur tetapi kuat. Contohnya adalah akar, rotan, pelepah batang pisang, eceng gondok, serta berbagai macam bahan anyaman lainnya.

Bahan jenis kedua yang bisa kamu pakai untuk membuat anyaman adalah bahan sintetis atau buatan. Contoh bahan buatan itu seperti plastik, kertas, kain, dan bahan lainnya yang dibuat oleh manusia.

Cara Membuat Anyaman

Membuat anyaman ini sangat baik buat meningkatkan kreativitasmu lho. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang ketika tidak sedang banyak yang dikerjakan dengan membuat anyaman.

Salah satu anyaman yang akan kita buat adalah anyaman dari kertas. Bahan ini dipilih karena akan mudah untuk membentuk dan memotongnya. Selain itu, kertas juga memiliki banyak warna, hal ini akan membuat anyaman yang kamu buat jadi lebih bagus lagi.

1. Alat dan Bahan

Bahan yang kamu butuhkan untuk membuat anyaman daru kertas adalah dua lembar kertas asturo atau kertas manila yang warnanya berbeda.

Penggunaan warna yang berbeda ini adalah agar pola yang ada di anyaman bisa terlihat dengan jelas.

Alat yang dibutuhkan untuk membuat anyaman dari kertas yang pertama adalah gunting. Fungsi gunting ini untuk memotong kertas dan merapikan anyaman ketika selesai nanti.

Lem kertas juga dibutuhkan, fungsinya utuk merekatkan sisi anyaman dan menempelkan anyaman pada kertas lain agar lebih kuat. Atau, kamu juga bisa menempelkan anyaman pada sebuah pigura.

Alat ketiga adalah pensil, gunanya untuk membuat pola dan membuat sebuah garis pada kertas asturo atau manila sebelum dipotong.

Kamu juga membutuhkan penggaris yang berfungsi untuk membuat garis dan mengukur lebar pola yang akan dibuat. Penggaris juga digunakan untuk membuat sebuah garis lurus pada kertas yang dijadikan pola.

Kater dibutuhkan selain gunting, fungsinya hampir sama seperti gunting. Tapi, kater ini akan menghasilkan potongan yang lebih rapi dari pada gunting.

2. Langkah-langkah Membuat Anyaman dari Kertas

Setelah semua alat dan bahan siap, saatnya kita membuat anyaman yang sederhana dari kertas.

Menggaris Pola Anyaman

himaptikauntribalikpapan.blogspot.com

Buat sebuah pola pada kertas yang sudah kamu siapkan. Pola yang dibuat adalah sebuah garis dengan jarak antar garis 1-1,5 cm. Sisakan sekitar 2 cm pada bagian tepi kertas.

Setelah itu, potong pola menggunakan kater, potongannya mengikuti garis yang sudah dibuat ya, jangan sampai melebihi garisnya.

Kalau sudah kamu potong pola kertasnya, langkah berikutnya adalah memotong kertas yang satunya dengan lebar 1-1,5 cm. Lebat kertas yang dipotong ini harus disamakan dengan pola yang sudah kiat buat pertama tadi ya.

Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, saatnya menganyam kertas dengan motif yang sudah kamu buat.

Untuk pertama, mungkin kamu bisa membuat anyaman dengan motif yang sederhana, seperti motif kotak-kotak misalnya. Kalau sudah mulai mahir, barulah bikin motif yang lebih bagus lagi.

Kalau sudah selesai anyamannya, rapikan pinggiran kertas, potong kertas yang melebihi panjangnya.

Lem bagian pinggir anyaman agar lebih kuat dan pola tidak rusak. Atau kamu juga bisa menempelkannya pada sebuah pigura biar bisa dipajang di dinding kamar.

Tips Membuat Anyaman dari Kertas

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat kerajinan tangan anyaman dari kertas lho.

  1. Sebelum membuat anyaman, tentukan dulu motif anyaman seperti apa yang akan kamu buat. Kamu bisa mecarinya di internet atau membuat motifnya sendiri.
  2. Gunakan penggaris besi saat memotong kertas yang kamu buat anyaman. Penggaris besi ini akan lebih kuat ketika kamu memotong kertas menggunakan kater.
  3. Pelajari terlebih dahulu cara membuat anyaman yang mudah.
  4. Kalau kamu seorang anak kecil, mintalah bantuan orang dewasa karena ketika membuat anyaman, kita menggunakan gunting dan juga kater.

Buat kamu yang pengen liat proses membuat anyaman dari awal, tonton aja nih video berikut ini.

Leave a Reply