Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Apakah kamu pernah makan daun pepaya? Gimana rasanya? Pahit nggak? Kalau pahit, mungkin yang masak masih belum tahu cara agar daun pepaya nggak pahit.

Nah, sebelum kita ngomongin cara menghilangkan rasa pahit daun pepaya. Mending kita cari tahu dulu manfaat dari daun pepaya itu apa.

Manfaat Daun Pepaya

Ternyata, ada banyak sekali manfaat jika kita mengonsumsi daun pepaya. Kamu bakal menjadi lebih sehat dan juga kuat jika sering mengonsumsi makanan yang satu ini.

  • Dapat memperlancar buang air besar
  • Untuk mengatasi jerawat pada wajah
  • Obat demam berdarah
  • Dipercaya dapat mencegah kanker
  • Membantu mengontrol tekanan darah
  • Mengurangi nyeri saat datang bulan

Nah, banyak banget kan manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi daun pepaya. Makanya, masukkan menu daun pepaya disela-sela jadwal yang sudah kamu buat.

Cara Meghilangkan Pahit pada Daun Pepaya

Tapi ingat, kalau mau memasak daun pepaya, perhatikan beberapa langkah berikut ini agar masakan kamu nantinya tidak pahit.

  1. Rebus daun pepaya bersama dengan tanah liat sampai empuk kemudian cuci bersih. Cara ini sudah biasa digunakan sejak zaman dahulu kala.
    Rebus daun pepaya dengan daun jambu biji, setelah mendidih tiriskan. Lalu rebus daun kembali sampai matang.
  2. Rebus daun pepaya dengan daun jambu mete, setelah mendidih tiriskan dan pisahkan antara daun pepaya dan daun jambu mete.
  3. Rebus daun pepaya bersama dengan daun singkong sampai mendidih. Nah, kalau ini, kamu bisa memisahkan kedua daun atau memasaknya secara bersama setelah direbus.
  4. Remas daun pepaya dengan segenggam garam sampai layu. Diamkan selama 5 menit kemudian cuci daun pepaya dan rebus sampai matang.
  5. Remas daun pepaya untuk menghilangkan getahnya. Kalau mau lebih baik, remas di bawah air mengalir sehingga getah akan larut ikut aliran air. Remasnya sampai daun pepayanya layu dan warnanya tidak hijau lagi ya.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu coba agar masakan daun pepaya kamu tidak pahit rasanya. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply