4 Jenis Bunga Cempaka dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Bunga cempaka, salah satu jenis bunga yang sangat terkenal dan punya mitos di balik namanya. Bunga cempaka ini banyak tumbuh di daerah tropis dan juga sub tropis. Bunga ini tersebar di Asia Tenggara, Asia Selatan, Cina Selatan.

Nah, kalau di Indonesia, kamu bisa menemukan tanaman ini di daerah Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan juga Maluku.

Ada berbagai macam jenis bunga cempaka yang ada di Indonesia, dan tentu semua memiliki ciri dan keunikan masing-masing. Apa saja jenis bunga cempaka itu?

Jenis Bunga Cempaka

Bunga cempaka sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, kurang lebih ada sekitar 50-an jenis yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, bunga ini memiliki 4 jenis yang dapat kita temui.

Keempat jenis bunga cempaka ini tentunya memiliki bentuk dan juga warna bunga yang berbeda-beda. Kamu bisa menemukan bunga yang memiliki bau wangi ini dengan warna putih, kuning, ungu, dan merah.

Penasaran? Berikut ini beberapa jenis bunga cempaka yang tumbuh di negeri kita tercinta ini.

1. Cempaka Putih

Bunga Cempaka Putih

tipspetani.blogspot.co.id

Bunga cempaka putih biasa disebut juga dengan bunga kantil dan sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Cempaka putih memiliki nama latin Michelia alba, dan tanaman ini bisa tumbuh sampai 30 meter lho.

Ada ciri berupa bulu-bulu halus yang terdapat di rantingnya, dan warnanya keabu-abuan. Daun cempaka putih merupakan daun tunggal yang warnanya hijau cerah. Bunga yang masih muda akan berwarna hijau, tetapi setelah mekar, warna bunga akan berubah menjadi putih bersih.

Buat kamu yang asli Jawa Tengah, pasti tidak asing dengan bunga ini, karena merupakan flora yang menjadi ciri khas propinsi ini.

Buat orang Jawa, bunga kantil biasa digunakan dalam upacara adat, contohnya seperti menghias pusaka, hiasan saat upacara pernikahan, atau saat upacara kematian akan digunakan sebagai bunga tabur dan penghias keranda.

2. Cempaka Merah

Walaupun cempaka merah tidak begitu populer di Indonesia, tapi bunga ini tetap indah dan menarik lho. Bunga ini masuk ke dalam keluarga Magnoliaceae, bunganya berwarna merah muda dan tumbuhnya di ujung ranting. Ukuran bunganya antara 5-7 cm dengan kelopak yang tersusun rapi.

Seperti cempaka putih, bunga ini juga memiliki bau wangi yang khas. Nah, hal unik dari bunga ini adalah waktu mekarnya, cempaka merah hanya akan mekar selama dua jam, setelah waktu itu, bunga akan layu dan bentuknya akan terlihat seperti cempaka biasa.

Bisa dibilang bunga ini cukup langka dan banyak kolektor tanaman yang ingin memilikinya. Bahkan, harga cempaka merah tidak bisa dibilang murah, sekuntum bunga saja bisa dibandrol dengan harga 1-3 juta rupiah.

Hal ini dipengaruhi karena susahnya untuk mengembangbiakkan tanaman ini, sehingga keberadaannya menjadi langka dan harganya bisa mahal. Mungkin, kedepan akan ada orang yang bisa membudidayakannya dan menjadikan cempaka merah lebih murah harganya.

3. Cempaka Ungu

Bunga Cempaka Ungu

wikipedia.org

Cempaka ungu memiliki nama latin Magnolia liliiflora, ada yang mengenal dengan nama Purple magnolia atau Red magnolia. Bunganya indah, berwarna ungu terang dan aromanya sangat wangi.

Bunga cempaka ungu, umumnya akan berbunga saat awal musim hujan. Tanamannya akan tumbuh secara optimal jika ditanam di dataran tinggi yang suhu lingkungannya antara 20-26 derajat celsius.

4. Cempaka Kuning

Bunga Cempaka Kuning

panoramio.com

Bunga cempaka kuning sering juga disebut sebagai cempaka wangi karena memiliki wangi yang khas. Tanaman ini bisa tubuh sampai ketinggian 25 meter, dengan daun berbentuk telur bulat berwarna hijau cerah dan ujungnya berbentuk runcing.

Bunga tanaman ini berwarna kuning, seperti namanya, tapi kuningnya cenderung keruh mendekati warna jingga. Aroma dari bunga cempaka kuning sangat harum, kamu bisa mencium wanginya bahkan tanpa perlu mendekatkan hidung dekat dengan bunganya.

Cempaka kuning merupakan identitas dari D.I. Aceh, di daerah tersebut, bunga ini dikenal dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng.

Kalau kamu tertarik untuk membudidayakannya, kamu bisa kok mencangkoknya, atau bisa juga dengan menanam bijinya. Tapi, kalau ingin menjadikan sebagai tanaman hias, lebih baik menggunakan cara mencangkok tanamannya, agar tanaman yang dihasilkan tidak tumbuh terlalu tinggi.

Mitos Bunga Cempaka

Mungkin kamu pernah mendengarnya, tapi, ada beberapa mitos yang berkembang di masyarakat lho. Konon, aroma wangi yang dikeluarkan bunga cempaka putih disukai oleh makhluk halus.

Bahkan, ada juga yang percaya kalau pohon kantil sering dijadikan sebagai tempat tinggalnya para makhluk halus. Sehingga, tak jarang ada yang menggunakan bunga kantil sebagai pelengkap untuk melakukan ritual pemanggilan arwah.

Yah, terlepas dari kepercayaan tersebut, kita harusnya tidak perlu takut apalagi sampai mengeramatkan sebuah pohon. Kita harus lebih memperkuat iman dan hanya takut kepada Allah semata.

Manfaat Bunga Cempaka

Selain digunakan sebagai keperluan pernikahan ataupun kematian, bunga cempaka ternyata memiliki manfaat lainnya lho. Cempaka biasa juga digunakan untuk pengobatan tradisional karena di dalamnya terdapat alkaloid mikelarbina dan lirodenina yang berfungsi sebagai diuretik dan ekspoktoran.

Dengan kandungan dalam cempaka tersebut, kita dapat memanfaatkan bunga ini untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

1. Mengatasi Perut Kembung

Pernah mengalami perut kembung? Saat dimana perut kamu terasa penuh dan juga kencang, bahkan perut juga terlihat lebih besar atau menggembung. Hal ini tentu membuat kita menjadi tidak nyaman. Sampai-sampai, terjadi gejala berupa kentut yang berlebihan, bersendawa, dan perut rasanya seperti bergejolak.

Ternyata, bunga cempaka dapat mengatasi masalah perut kembung ini. Cukup rebus bunga cempaka putih bersama dengan kulit jeruk keprok, jahe, dan kapulaga. Merebusnya menggunakan air sebanyak 700 ml, direbus bersama bahan-bahan tersebut sampai tersisa air kurang lebih 300 ml. Kemudian saring agar ampasnya tidak terikut, dan minum saat masih hangat.

2. Menghilangkan Bau Badan

Apakah kamu punya masalah bau badan? Pasti rasanya tidak enak kan? Bukan cuma bikin diri sendiri tidak nyaman, tapi juga membuat orang lain jadi sungkan.

Bau badan biasanya terjadi karena kita terlalu sering beraktifitas seperti berjalan jauh atau olah raga. Bau badan disebabkan oleh bakteri atau kuman yang bercampur dengan keringan, atau bisa juga karena pakaian yang kita pakai.

Untuk menghilangkan bau badan yang kurang enak aromanya, kamu bisa coba menggunakan bunga cempaka. Caranya cukup mudah, kamu mandi saja menggunakan air rebusan bunga cempaka. Dengan wangi bunga yang kuat, bau badan kamu bisa hilang dan teratasi.

3. Mengatasi Radang Saluran Pernapasan

Radang saluran pernapasan merupakan gangguan pada saluran pernapasan, dan jika tidak ditangani dengan baik, bisa mengakibatkan terjadinya infeksi saluran pernapasan akut atau yang biasa kita kenal dengan ISPA.

ISPA dapat terjadi karena adanya infeksi pada bagian tenggorokan, sinus, saluran udara, atau paru-paru. Infeksi yang terjadi, biasanya disebabkan oleh virus, walaupun bakteri juga bisa menyebabkan penyakit ini.

Maka dari itu, kita perlu melakukan pencegahan, agar ISPA tidak terjadi. Kalau kamu sudah melihat tanda-tanda terserang radang saluran pernafasan, cobalah mengobatinya menggunakan bunga cempaka.

Cukup ambil sekitar 15 gram daun cempaka putih atau bunga kantil, 15 gram pahap atau umbi bunga lili, dan 5 gram kulit jeruk mandarin kering. Rebus semua bahan menggunakan 500 ml air, rebus terus sampai tersisa 200 ml air rebusan. Minum secara rutin rebusan tersebut saat masih hangat.

4. Mengatasi Keputihan

Keputihan bisa terjadi pada semua wanita, dan yang menyebabkannya adalah infeksi virus, jamur, dan bakteri parasit yang ada di sekitar organ kewanitaan. Jika terus dibiarkan, akan mengakibatkan peradangan di daerah saluran ekskresi dan menyebabkan rasa perih saat buang air.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bunga cempaka putih. Ambil 30 gram cempaka putih, 60 gram jali yang sebelumnya sudah direndam sampai lembut, dan 15 gram kulit delima.

Rebus semua bahan menjadi satu, setelah mendidih, angkat dan minum saat masih hangat.

5. Mengatasi Sinusitis

Sinusitis merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh tersumbatnya jaringan sinus yang ada di hidung oleh bakteri, virus, dan jamur. Penyumbatan biasanya dalam bentuk cairan, sehingga akan timbul peradangan dan bisa mengakibatkan infeksi.

Kalau kamu mau menggunakan bunga cempaka untuk mengatasinya, cukup ambil30 gram bunga cempaka, kemudian rebus bersama dengan, jahe, daun mint, dan bawang putih. Rebus semua bahan menggunakan 800 ml air. Setelah itu, minum secara rutin setiap dua kali dalam sehari.

6. Mengatasi Vertigo

Tau vertigo? Itu lho, penyakit yang akan membuat penderitanya mengalami gangguan keseimbangan. Terjadinya gangguan keseimbangan disebabkan terjadi gangguan pada sistem keseimbangan yang ada di telinga bagian dalam.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bunga cempaka, cukup rebus bunga cempaka putih yang sudah dikeringkan. Kemudian, minum secara teratur sampai sakit yang kamu rasakan hilang.

Nah, itu tadi beberapa jenis, mitos, dan manfaat bunga cempaka. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, diaharapkan akan ada banyak penelitian mengenai bunga wangi yang satu ini, sehingga akan didapatkan kegunaan lain dari bunga cempaka.

Leave a Reply