Ayam Cemani, Hewan Unik yang Langka dari Indonesia

Ayam Cemani – Salah satu jenis ayam yang mungkin jarang sekali kita dengar di masyarakat adalah Ayam Cemani. Ayam ini merupakan jenis ayam lokal asli Indonesia.

Nama Cemani pada ayam ini berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam. Bukan hanya nama saja, tetapi memang diambil dari ciri khas ayam yang seluruh badannya memiliki warna hitam.

Konon, Ayam Cemani ini memiliki warna hitam yang hampir seluruhtubuhnya. Bahkan, ada yang mengatakan kalau daging, tulang, darah, dan jeroannya berwarna hitam. Tapi, apakah benar kalau seluruh tubuh ayam ini berwarna hitam? Kalau pengen tahu, lanjutkan baca artikelnya sampai akhir ya.

Asal Usul Ayam Cemani Hitam

Cemani Chicken

ozy.com

Ayam Cemani atau nama lainnya adalah Ayam Selasih ini berasal dari Pulau Jawa. Cemani diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya hitam legam. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ayam ini merupakan ayam lokal asli dari Indonesia.

Warna hitam legam terlihat menyelimuti seluruh bagian tubuh ayam ini. Warna hitam ini ada di hampir semua bagian, mulai dari paruh, pial, jengger, bola mata, lidah, rongga mulut, bulu, lubang dubur, kaki, dan cakarnya. Ada yang bilang kalau 100% tubuh ayam ini berwarna hitam. Tetapi, belum ada fakta yang membenarkan hal tersebut.

Tapi, untuk mengecek apakah Ayam Cemani asli atau tidak adalah dengan melihat warna hitam di seluruh tubuh bagian luar. Selain itu, lihat juga lidah dan rongga mulut, jika warnanya hitam juga, bisa dikatakan ayam tersebut adalah Ayam Cemani murni.

Mitos Ayam Cemani

Ayam Cemani

viralforest.com

Masyarakat banyak yang percaya tentang mitos dari Ayam Cemani ini lho. Ayam ini dipercayai dapat mengusir roh jahat, bahkan ada juga yang percaya kalau Ayam Cemani juga bisa mencegah dari roh jahat. Ada juga yang percaya, dengan memelihara ayam ini, maka keberuntungan akan datang kedapa pemiliknya.

Ayam Cemani biasanya digunakan dalam upacara adat atau kegiatan spiritual yang dipercayai segelintir orang. Tapi ingat, semua itu hanya mitos yang dipercaya sebagian masyarakat saja. Nah, ada beberapa mitos lainnya yang berkembang di Indonesia, berikut ini diantaranya.

Bulu Ayam Cemani

Bulu dari ayam hitam ini dipercaya oleh salah satu masyarakat di Indonesia sebagai penangkal roh jahat. Bahkan ada yang percaya kalau menemukan ayam hutan cemani, lalu menangkapnya, maka orang tersebut bisa dapat berkah dan kesehatan dari orang yang sudah meninggal.

Darah Ayam Cemani

Mitos lain tentang ayam ini ada di dalam darahnya. Ada yang mempercayai kalau meminum darah Ayam Cemani, maka orang tersebut akan menjadi kuat dalam pertarungan. Mitos lain menyebutkan, kalau kepala bayi diolesi dengan darah ayam hitam ini, maka dapat menjauhkan si bayi dari gangguan roh jahat dan palasik.

Minyak Ayam Cemani

Bagian lain dari ayam ini yang dipercaya memiliki keajaiban adalah minyaknya. Mitos yang beredar di masyarakat, minyak dari Ayam Cemani dapat menyembuhkan berbagai macam luka, seperti terkilir atau kesleo.

Daging Ayam Cemani

Daging Ayam Cemani

nulis.co.id

Daging ayam yang memiliki warna hitam ini biasanya digunakan sebagai persembahan dalam sebuah ritual. Biasanya digunakan saat sedang berziarah atau ketika acara adat. Tapi, banyak juga yang menggunakannya untuk keperluan pribadi seperti pesugihan, atau bahkan dijadikan tumbal untuk penglaris atau keinginan tertentu.

Ayam Pembawa Sial

Berbeda dari mitos sebelumnya, kepercayaan yang beredar di masyarakat ini justru mengatakan bahwa ayam ini membawa sial. Soalnya, ayam ini dipercaya sangat disukai oleh bangsa jin karena tubuhnya yang hitam.

Walaupun mitos ini terlihat tidak masuk akal, tapi masih banyak juga lho yang mempercayainya. Makanya, karena dipercaya jadi hewan kesukaan jin, Ayam Cemani ini sering digunakan untuk persembahan, sesajen, dan ritual-ritual semacamnya. Bahkan ada yang menggunakan ayam ini untuk dapat menguasai ilmu hitam.

Beberapa hal yang disebutkan di atas merupakan mitos, tentu ada yang percaya, tapi kita lebih baik hanya percaya kepada Allah saja. Jangan meminta kepada makhluk yang tidak bisa apa-apa, berusaha dulu sekuat tenaga, lalu berdoa, meminta kepada Sang Pencipta.

Harga Ayam Cemani

Anakan Ayam Cemani

carabudidayaternak.net

Harga ayam yang unik ini ternyata beragam, mulai dari telurnya saja sudah sangat mahal. Harganya bisa berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan telur ayam biasa. Bahkan, ayamnya pun memiliki harga yang luar biasa mahalnya, apalagi kalau ayamnya asli dan memiliki warna hitam di lidah dan darahnya.

Telur ayam berwarna hitam ini berkisar antara 80-100 ribu rupiah. Tentu akan lebih mahal lagi kalau warnanya juga sama hitamnya dengan si ayam.

Harga ayamnya pun bervariasi, konon, ayam yang darahnya berwarna hitam harganya bisa mencapai 25 juta rupiah. Gimana, mencengangkan bukan? Tunggu dulu, ada harga yang lebih tinggi lagi kalau lidah ayamnya hitam, harganya bisa dibanderol sampai 40 juta rupiah.

Yah, walaupun konon harganya sampai puluhan juta, kenyataannya, harga Ayam Cemani di lapangan biasanya berkisar 1-1,6 juta unuk yang jantan dewasa. Sedangkan ayam betina dewasa dibanderol dengan harga antara 2-2,6 juta rupiah.

Gambar Ayam Cemani Asli

Ayam yang satu ini unik lho sebenarnya, dari kecil pun sudah berwarna hitam semua, berikut beberapa gambar ayamnya.

Ayam Cemani Kecil

chickenscratchpoultry.blogspot.com

Ini nih, Ayam Cemani yang masih kecil, lucu kan?  Warnanya memang semua hitam, kelihatan lucu dan garang banget deh ini.

Ayam Cemani Lidah Hitam

villabalisale.com

Bagian dalam mulut ayam langka ini ternyata juga hitam lho, lidah dan mulutnya. Kamu bisa melihat gambar di atas, ternyata nggak sama kayak ayam pada umumnya.

 

Leave a Reply