4 Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Keju, Coklat, dan Kremes

Resep Pisang Goreng Crispy – Pisang goreng merupakan salah satu jenis gorengan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Nggak kebayang deh, gimana jadinya dunia ini tanpa gorengan, pasti terasa hampa, seperti hidupku tanpamu.

Ngomongin soal gorengan terutama pisang goreng nih ya. Saat ini banyak banget jenis olahan pisang yang ada di Indonesia. Mulai dari pisang goreng pasir, pisang goreng coklat keju, pisang goreng kremes dan pisang goreng lainnya.

Nah, kalau kamu pengen ngrasain rasa dari pisang goreng tadi, mungkin bisa beli di tempat yang jual. Tapi kalau di daerah kamu sulit buat nemuin orang yang jualan pisang goreng, kenapa nggak bikin sendiri aja?

Yeeey, mantab tuh, bikin pisang goreng kreasi sendiri. Sekali-kali nyenengin orang rumah gitu, masak buat keluarga kan nggak ada salahnya.

Resep Pisang Goreng Crispy

Berikut ini ada beberapa resep pisang crispy yang bisa kamu cobain di rumah.

1. Pisang Goreng Cripy Keju

Pisang goreng enak renyah gurih

imgkid.com

Karena banyak jenis pisang goreng, kita sekarang bikin yang pisang goreng crispy aja ya. Ditambahin keju biar lebih mantab lagi rasanya.

Bahan

  • 1 sisir pisang kepok kuning
  • 250 gram tepung terigu
  • 2 sdm gula pasir
  • 125 ml susu cair
  • 1 sdt essen vanila
  • 150 gram keju chedar yang sudah diparut
  • 1 sdt garam
  • 250 gram tepung panir kasar
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus

  • 1 buah kuning telur
  • 50 gram keju chedar diparut
  • 100 ml susu cair
  • 10 sdm susu kental manis
  • 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Keju

  1. Pertama campurkan tepung terigu, gula pasir, susu cair, essen vanila, garam dan keju. Kejunya 50 gram aja ya, nanti sisanya buat di campuran yang lain. Campurkan sampai jadi adonan basah yang rata dan kental, sisihkan.
  2. Setelah itu siapkan campuran untuk baluran biar tambah crispy, yaitu tepung panir kasar dan 100 gram keju chedar parut. Campur bahan kering sampai rata ya, kemudian disisihkan dulu.
  3. Siapkan pisang, potong jadi bentuk kipas, atau belah dua juga boleh. Usahakan saat membelah jangan sampai putus, biar bentuknya bagus.
  4. Masukkan pisang yang sudah dipotong tadi ke dalam adonan basah. Kemudian gulungkan ke bahan kering, yang campuran tepung panir sama keju tadi. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.
  5. Sambil menunggu pisang yang baru disimpan, buat sausnya dulu. Kocok kuning telur, susu kental manis dan susu cair di atas api sedang. Kemudian masukkan susu kental manis dan parutan keju chedar, aduk sampai tercampur rata. Masukkan larutan tepung maizena, aduk kembali hingga saus mengental, lalu matikan apinya.
  6. Setelah pisang siap, panaskan minyak lalu goreng pisang sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan pisang gorengnya.
  7. Pisang goreng siap disajikan, jangan lupa sausnya ya. Bisa dituangkan di atas pisang goreng, atau dipisahkan dalam wadah tersendiri.

2. Pisang Goreng Coklat

Kalau yang pertama tadi kita membuat pisang goreng crispy keju, sekarang saatnya beralih ke coklat yuk. Bahan dan cara membuatnya nggak jauh beda kok. Mending langsung aja kita lihat bersama resepnya.

Bahan

  • 5 buah pisang kepok matang, belah menjadi dua bagian
  • 60 gram tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas untuk adonan dan telur kocok untuk mencelupkan pisang
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • 20 gram susu bubuk
  • Tepung roti secukupnya
  • 20 gram margarin yang sudah dilelehkan

Bahan Isi Pisang Goreng Coklat

  • Coklat blok yang sudah disisir halus atau diparut secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Pisang Goreng Coklat

  1. Campurkan bahan adonan yaitu, tepung terigu, telur, margarin, gula, dan garam. Aduk sampai semua bahan adonan tercampur rata.
  2. Dadar adonan di atas teflon datar sampai matang. Lakukan tahap ini sampai semua adonan selesai dimasak.
  3. Ambil satu lembar kulit yang sudah dibuat, tata pisang yang sudah dipotong kecil memanjang, taburi dengan coklat dan gula pasir.
  4. Gulung kulit dengan rapat, kemudian gulingkan pada tepung terigu, lalu celupkan ke telur yang sudah dikocok, gulingkan kembali pada tepung roti sampai semua permukaan tertutupi.
  5. Goreng dalam minyak panas sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyak jika sudah matang.
  6. Pisang goreng coklat siap disajikan.

Enak nggak ya pisang goreng coklatnya? Atau kamu malah tertarik resep puding roti tawar? Coba deh dibuat sekalian.

3. Pisang Goreng Kremes

Pisang Goreng Kremes

harianresep.blogspot.com

Nah, kalau yang satu ini kreasi pisang goreng dengan tampilan berbeda. Pisang goreng kremes yang diadaptasi dari salah satu makanan khas, ayam goreng kremes. Kamu harus coba buat sendiri nih, karena konon katanya, bikin kremesnya itu agak sulit.

Bahan Utama

  • 10 Buah pisang kepok yang sudah diiris seperti bentuk kipas tapi jangan sampai putus
  • 1,5 liter minyak goreng

Bahan Celupan

  • 150 gram tepung beras
  • 50 gram sagu atau tepung tapioka
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 250 ml air

Campur semua bahan di atas sampai rata dan membentuk adonan yang bagus.

Bahan Kremesan

  • 280 gram tepung beras
  • 60 gram tepung sagu
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 1 kuning telur
  • 550 ml air

Campurkan semua bahan untuk membuat kremesan sampai rata.

Cara Membuat Pisang Goreng Kremes

  • Panaskan minyak goreng.
  • Tuang satu sendok sayur adonan kremesan, biarkan mengembang dan akan membentuk seperti lembaran di permukaan minyak.
  • Celupkan pisang yang sudah diiris menjadi seperti kipas ke dalam bahan celupan. Lalu letakkan di tengah-tengah kremesan yang masih digoreng tadi.
  • Lipatlah kremesan sampai seluruh permukaan pisang tertutupi.
  • Goreng kembali sampai matang, lalu angkat dan tiriskan.
  • Pisang goreng kremes siap untuk disajikan.

4. Resep Pisang Goreng Pasir

Resep Pisang Goreng Pasir

food.detik.com

Pisang goreng pasir merupakan salah satu sebutan untuk pisang goreng crispy, simak resepnya berikut ini.

Bahan Pisang Goreng Pasir

  • 2 buah pisang tanduk
  • 4 sendok makan tepung terigu
  • 2 telum ayam yang sudah dikocok lepas
  • 100 gram tepung panir atau tepung roti
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Larutan Terigu

  • 1 sendok makan tepung terigu
  • 500 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam halus

Cara Membuat Pisang Goreng Pasir

  1. Kupas pisang tanduk dan potong menjadi 3 bagian dengan panjang masing-masing 8 cm.
  2. Belah potongan pisang menjadi 2 bagian, lalu setiap bagian diiris menjadi berbentuk seperti kipas.
  3. Campurkan semua bahan larutan terigu sampai rata.
  4. Celupkan pisang yang sudah dipotong-potong ke dalam larutan terigu sampai semua permukaannya tertutup.
  5. Ketuk-ketuk pisang untuk membuang kelebihan larutan yang menempel.
  6. Kemudian, celupkan pisang ke dalam kocokan telur, lalu lumuri dengan tepung panir sampai semua permukaannya tertutupi, sambil ditekan-tekan ya tepung panirnya.
  7. Goreng pisang yang sudah dilapisi dengan larutan terigu, telur, dan tepung panir menggunakan pisang panas di atas api sedang. Goreng sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  8. Jika warnanya sudah berubah, angkat dan tiriskan.
  9. Pisang goreng pasir siap disantap selagi masih hangat.

Nah, gampang kan bikinnya? Pisang goreng crispy rasa keju, yang rasanya semoga aja mantab dan pada suka tuh. Ada tips dan trik nih saat masak pisang goreng ini.

Jenis Pisang yang Cocok Digoreng

Untuk membuat pisang goreng, tentu kita membutuhkan jenis pisang yang cocok digoreng. Karena, nggak semua jenis pisang itu enak ketika kita menggorengnya. Kita perlu memilih pisang yang setelah digoreng, teksturnya masih pas. Oleh karena itu, pilih pisang yang memiliki tekstur yang padat dan agak keras saat belum digoreng.

Berikut ini ada empat jenis pisang yang cocok buat dijadikan pisang goreng. Pilih yang kamu sukai, lalu buat pisang goreng crispy mu sendiri.

1. Pisang Kepok

Pisang kepok merupakan pisang yang paling umum diolah menjadi pisang goreng. Ukurannya yang besar dan bentuknya melebar agak gemuk, menjadikan pisang ini favorit dijadikan pisang goreng.

Rasa dari pisang kepok pun netral dengan sedikit creamy. Ketika digoreng, tekstur dari pisang kepok juga stabil. Bahkan, setelah digoreng sekalipun, teksturnya masih tetap padat, bentuknya pun masih tetap.

2. Pisang Uli

Pisang selanjutnya adalah pisang uli, berukuran sedang, nggak kebesaran ataupun kekecilan. Aroma dari pisang ini sedap dan memiliki sedikit bau yang manis. Walaupun pisang ini bisa juga dimakan langsung, pisang uli juga cocok dijadikan pisang goreng karena dagingnya cukup padat.

3. Pisang Nangka

Pisang nangka juga merupakan pisang yang banyak diolah menjadi pisang goreng. Aromanya cukup manis, mirip seperti bau nangka. Warna pisang ini pun menarik, kuning cerah, sehingga ketika kita gigit, warnanya terlihat bagus.

4. Pisang Tanduk

Pisang tanduk ini juga enak dijadikan pisang goreng. Ukurannya besar dan panjang, sehingga, kalau kita mau menggorengnya, sebaiknya dipotong-potong dulu. Pisang tanduk memiliki rasa yang agak asam, tetapi akan manis jika sudah matang.

Nah, pilih pisang yang sesuai dengan selera kamu. Kalau mau ikut pilihan banyak orang, biasanya pisang kepok lah pilihannya. Jangan malah pilih kentang ya, kalo kentang itu paling enak dibikin resep perkedel ketang, hehe.

Tips & trik

  • Gunakan pisang yang matangnya cukup, jangan terlalu matang karena akan mempengaruhi hasil akhirnya. Apalagi kalau pisang yang digunakan udah mblenyek, nanti hasilnya kurang mantab.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam adonan basah, pisang terlebih dahulu digulingkan ke dalam tepung terigu agar hasil akhirnya lebih merekat. Tapi usahakan tepung terigu yang menempel di pisang jangan banyak-banyak, bisa diketukkan agar tepungnya berjatuhan.
  • Jangan lewatkan pendiaman di dalam kulkas selama 15 menit, karena tahap ini berfungsi untuk merekatkan adonan dengan pisang goreng.
  • Saat menggoreng usahakan saat minyaknya sudah benar-benar panas. Usahakan juga pisangnya sampai terendam oleh minyak.
  • Gorengalah sampai warnanya kuning keemasan atau bahasa kerennya golden brown.
  • Saat disajikan, kamu bisa tambahkan juga taburan berupa coklat meses dan keju parut diatas pisang gorengnya.

Sekian resep cara membuat pisang goreng crispy kejunya, jangan cuma dibaca aja ya, tapi juga dipraktekkan. Lihat juga resep nugget sayur ya, cocok buat camilan anak-anak yang nggak begitu suka makan sayur. Selamat mencoba.

Leave a Reply