Punya Mobil Sendiri, Kenapa Enggak?

Kebutuhan transportasi memadai semakin mendesak terutama setelah kamu berkeluarga. Urgensi dalam bentuk perjalanan mudik, rekreasi keluarga, mengantar anak, atau berangkat kerja semuanya terasa mudah dengan adanya mobil pribadi.

Membeli mobil tentu perlu menggelontorkan uang yang tidak sedikit, bahkan ada yang rasanya cuma mimpi. Akan tetapi, kamu tidak perlu menganggapnya sebagai mimpi di siang bolong, sebab ada beberapa tips agar impian tersebut bisa kok menjadi kenyataan.

Tentukan Mobil Impian Kamu Saat Ini

Punya mobil impian
pixabay.com

Cari tahu mobil mana yang kiranya cocok dengan kamu dan pasangan. Tentukan secara jelas tujuan dan kriteria yang diperlukan.

Apabila kegunaannya untuk aktivitas sehari-hari jarak dekat saja, maka carilah mobil irit bensin misalnya Honda Brio, Daihatsu Sirion, atau Toyota Ayla. Beda lagi jika untuk membawa penumpang lebih banyak, maka pilih mobil seperti Avanza, Daihatsu Xenia, atau Taruna.

Nah, jika untuk perjalanan jauh misalnya Jazz. Intinya, sesuaikan jenis mobil dengan rencana ke depanmu bersama pasangan. Nah, jadi sudah tahu nih berapa biaya yang harus dikeluarkan. Pertimbangkan juga inflasi yang mungkin terjadi. Tambahkan sekitar 2%-4% dari total biaya sebagai dana cadangan.

Pilih Mobil Bekas Dengan Kualitas Bagus

Memiliki mobil Toyota
pixabay.com

Alternatif lain untuk memangkas besarnya biaya adalah dengan mencari mobil bekas yang masih layak. Pastikan kelengkapan catatan servis dari pemilik sebelumnya, periksa kondisi mesin, perhatikan tampak luar dalam, dan teliti soal kelengkapan dokumen seperti BPKB atau STNK.

Jangan mudah tergiur dengan harga miring, bandingkan semua pilihan yang tersedia secara matang. Selain itu, ada beberapa hal yang tetap perlu kamu pertimbangkan. Sebut saja seperti warna, onderdil, kondisi mesin, perawatan, atau bengkel resmi.

Punya mobil bekas ini juga nggak ada salahnya kok. Masih banyak mobil yang sudah dipakai orang lain dan dijual dalam keadaan bagus. Bahkan, harganya bisa sangat murah jika dibandingkan beli mobil baru.

Biasakan Diri Berhemat

Selain menampung uang dari pendapatan, kamu juga dapat menampungnya dengan menahan kebocoran dalam tabungan alias berhenti boros. Berhemat memiliki dampak signifikan terlebih karena kamu tidak lagi bergantung pada orang tua melainkan justru pusat bertumpu keluarga.

Banyak ide berhemat seperti mengurangi jajan, memilih membawa bekal dan botol minum dari rumah, mengurangi kebiasaan nongkrong atau nonton, memilih transportasi umum meski berdesakan demi kenyamanan transportasi di masa depan.

Mulai Sisihkan

Menabung 20 ribu
plus.kapanlagi.com

Setiap angan harus dibersamai perencanaan yang matang. Setelah mengetahui total nominal untuk bisa punya mobil idamanmu, kini saatnya kamu berhitung. Sudah punya uang di tabungan berapa? Masih kurang berapa lagi? Berapa total pendapatan aktif yang pasti diperoleh setiap bulan?

Mau berapa lama kamu mengusahakannya? Jawaban dari pertanyaan tersebut harusnya menjadi kalkulasi tepat berapa angka yang perlu disisihkan setiap bulannya. Selanjutnya, berusahalah untuk konsisten menyisihkan langsung setelah kamu mendapat honor bulanan.

Ingat, menyisihkan uang bukan menabung uang sisa. Kalau uang sisa, kita manusia yang cukup tidak pernah merasa puas jadi pasti tidak akan ada sisa. Kamu bisa menyisihkan dana kamu tersebut untuk permodalan UMKM dimana kamu akan mendapatkan imbal hasil yang lumayan.

Investasikan Agar Lebih Cepat

Investasikan uang atau ditabung
pixabay.com

Agar dana kamu lebih cepat terpenuhi, kamu jangan cuma menaruh tabunganmu di rekening bank. Ketika kamu menaruh tabungan kamu di rekening, sejatinya uang kamu tergerus oleh inflasi.

Kamu perlu menginvestasikan dana kamu agar dapat tumbuh lebih cepat. Jika kita bandingkan bunga/bagi hasil dari tabungan bank setahun berada disekitar 1-2.

Jika kamu menginvestasikan di tempat seperti P2P Lending yang telah terdaftar OJK, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari 12-24% dalam setahunnya. Dengan pertumbuhan dana kamu yang lebih cepat, tentu saja impian kamu membeli mobil bisa terwujud lebih cepat pula.

Untuk bisa mewujudkan impian kamu tentu saja butuh proses, kamu harus mau berkomintmen dan mengorbankan kebahagiaan sesaat seperti jajan, jalan jalan atau bermain agar kamu bisa mencapai tujuan jangka panjang kamu. Selamat berusaha dan jangan lupa doa, semoga segera bisa punya mobil impian kamu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.