8 Manfaat Bawang Putih (Kecantikan dan Kesehatan Tubuh)

Manfaat Bawang Putih – Kamu tentu tahu kan biasanya digunakan untuk apa bawang putih itu? Yups, bener banget, bawang putih biasanya digunakan untuk bumbu masak. Coba deh tengok ke dapur atau di kulkas, biasanya ibu kita sedia bawang putih tuh buat bumbu masak.

Rasa dari bumbu yang satu ini sangat kuat, sehingga akan menambah cita rasa dari masakan. Dengan banyaknya kegunaan dalam dunia masak-memasak, ternyata ada manfaat lain lho. Bawang putih ternyata berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja manfaatnya bagi kesehatan, kecantikan, dan lainnya baik untuk pria maupun wanita? Simak beberapa penjabaran berikut ini.

Mengatasi jerawat

Bekas Jerawat
skincare-system.info

Bawang putih ternyata bermanfaat untuk wajah. Menurut Doris Day, M.D, yang merupakan seorang dokter kulit dan penulis buku “100 Questions and Answers About Acne, bawang putih itu bisa saja menghilangkan jerawat. Pendapat itu berdasarkan kandungan antioksidan dan sifat antiradang yang dimiliki bawang putih.

Selain Doris Day, Rachelle Wood yang merupakan ahli gizi di Charlottetown P.E.I. juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, bawang putih bisa membantu melawan peradangan karena kandungan alami yang bernama allicin. Allicin di dalam bawang putih bisa membunuh bakteri berbahaya di dalam tubuh penyebab jerawat.

Menurunkan Kolesterol

Penumpukkan kolesterol
habbats.co.id

Konsumsi bawang putih yang teratur dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Selain itu, ternyata konsumsi bumbu dapur ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sampai 15%.

Walaupun bisa menurunkan kolesterol jahat, kamu nggak perlu khawatir kolesterol baik (HDL) dalam tubuh juga ikut turun. Kadar HDL tidak akan terpengaruh dengan konsumsi bawang putih.

Ada penelitian yang dilakukan peneliti dari Rafsajan University of Medical Sciences. Penelitian tersebut mengatakan bahwa bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat.

Manfaat tersebut didapat ketika kita mengonsumsi bawang putih yang mentah. Kesimpulan tersebut didapatkan dengan melakukan penelitian yang melibatkan beberapa orang untuk mengonsumsi 10 gram bawang putih mentah selama 42 hari.

Khasiat di atas ini mirip seperti manfaat dari buah naga lho.

Menjaga Kesehatan Otak

Kesehatan Otak
doktersehat.com

Bawang putih bisa menjaga kesehatan otak kita, contohnya seperti penyakit alzheimer dan demensia. Penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah dengan konsumsi bawang putih.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Neurochemistry, kandungan S-allyl-L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang ada dalam bawang putih dapat menjaga kesehatan otak. Kandungan zat kimia tersebut mampu mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya di sistem saraf pusat.

Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok dan cara mengatasinya
cara-hidupsehat.com

Ternyata, bukan cuma lidah buaya aja yang memiliki manfaat untuk rambut, bawang putih pun juga. Kalau kamu punya masalah rambut rontoh, coba atasi dengan bawang putih. Bawang putih akan membantu memperkuat rambut serta mendorong pertumbuhannya pada kulit kepala.

Caranya gimana? Ada beberapa orang yang mengaplikasikan gel bawang putih pada kepala. Hal itu dilakukan untuk mencegah kebotakan.

Mencegah Penyakit Jantung

Sakit Jantung
matanaga.com

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Nutrition, disebutkan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner. Kamu tahu kan apa itu arteri koroner? Itu lho, pembuluh darah yang memompa darah menuju ke jantung.

Kalau kamu mengonsumsi bawang putih secara rutin, maka dapat mencegah pembentukan dan penumpukan plak pada arteri koroner. Hal tersebut tentu bermanfaat untuk kamu yang mengalami gangguan pada jantung.

Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Sel kanker
orami.co.id

Bawang putih yang dikonsumsi mentah memiliki kandungan sulfur bioaktif. Senyawa tersebut dapat mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Fungsi dari sulfur bioaktif adalah untuk memperbaiki atau membunuh sel yang rusak, menghambat penyebaran sel tak sehat, dan melindungi tubuh dari zat karsinogen.

Tapi, masih belum banyak penelitian yang mengatakan kalau bawang putih mentah bisa mengobati kanker. Harus diteliti terlebih dahulu apakah bumbu dapur ini bisa mengobati kanker. Tapi, kalau untuk mencegah, mungkin kamu bisa mengonsumsinya.

Pengendali Tekanan Darah

Cek Tekanan Darah
hellosehat.com

Dalam bawang putih terdapat polisulfida, zat tersebut terbukti bisa mengendalikan tekanan darah bagi orang yang terkena hipertensi. Polisulfida akan membuat pembuluh darah melebar agar pembuluh darah tidak mendapat tekanan yang terlalu besar.

Maka, tak heran ketika bawang putih yang dikonsumsi secara rutin selama kurang lebih 3 bulan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Biasanya, tekanan darah bisa turun sampai 10 mmHg.

Mengatasi Radang, Infeksi, dan Pilek

Sakit flu atau pilek
jurnalkeluarga.com

Beberapa penyakit ini lumayan sering menyerang kita, dan ternyata bisa diredakan dengan memakan bawang putih mentah. Karena, di dalam bawang putih ada zat bernama allicin yang fungsinya sebagai antimikroba, antivirus, dan antijamur. Ampuh banget nih buat membunuh organisme yang bisa bikin kita sakit.

Selain itu, bawang putih juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kalau kita memakannya mentah-mentah. Bahkan, ketika musim flu, kamu bisa terlindungi dari penyakit itu.

Tips Agar Tidak Bau Mulut

Bawang Putih
tumbuhanektum.blogspot.com

Setelah konsumsi bawang putih, tentu ada hal yang paling ditakutkan, bau mulut. Apalagi kalau kita mengonsumsi bawang putih yang masih mentah. Bau bawang di mulut itu sulit untuk dihindari. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba agar baunya berkurang.

  • Cuci terlebih dahulu bawang putih mentah dengan air mengalir yang dingin.
  • Konsumsi bawangnya bersama dengan seledri atau kemangi, jadi bau bawang menjadi tidak terlalu tajam.
  • Setelah konsumsi, minum susu rendah lemak atau yoghurt.
  • Terakhir dan yang mungkin paling ampuh, habis makan bawang putih mentah sikat gigi dan berkumur pakai cairan pembersih mulut sampai benar-benar bersih.

Ternyata banyak juga ya manfaat bumbu dapur berwarna putih ini. Selain bawang, banyak juga manfaat kunyit putih dan kunyit hitam bagi kesehatan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.