Agar Ibadahmu Lebih Fokus, Ini Dia 7 Ide Desain Mushola Minimalis untuk di Dalam Rumah!

Sebuah rumah sempurna adalah rumah yang mampu membuat penghuninya nyaman dan betah menempatinya. Sebagai seorang muslim, pastinya kurang lengkap jika salah satu ruangan rumahmu tidak memiliki mushola di dalamnya.

Meskipun kamu bisa beribadah di kamar atau di ruangan lain, mempunyai ruang khusus untuk beribadah merupakan salah satu cara agar kamu dapat lebih fokus mendekatkan diri kepada Tuhan.

Tidak perlu menggunakan ruang yang besar, karena kamu tetap bisa mendapatkan ruang mushola yang nyaman hanya dengan desain mushola yang minimalis tetapi tetap simple dan modern.

Dengan adanya mushola yang minimalis, selain kamu tidak perlu memakai ruangan yang besar, kamu juga tidak perlu mengeluarkan budget mahal untuk pembangunannya. Well, ini dia ide desain interior yang memberikan inspirasi untuk kamu saat ingin membangun mushola minimalis di dalam rumah. Yuk, simak!

1. Mushola Dengan Warna Serba Putih

Desain mushola serba putih
bramblefurniture.com

Dalam proses pembuatan mushola, sebaiknya kamu mempertimbangkan material atau bahan yang akan digunakan. Sementara itu, untuk menambah kesan sejuk dan nyaman kamu dapat menggunakan cat dengan warna pastel atau putih. Hindari cat dinding dengan warna terang atau gelap seperti, oranye dan hitam.

2. Mushola Minimalis Dengan Sirkulasi Udara dan Cahaya Alami

Mushola dengan sirkulasi udara yang baik
dekoruma.com

Sirkulasi udara dan cahaya matahari sangat penting agar ruang mushola mu tidak lembab dan terasa segar. Sirkulasi udara yang baik membuat kamu dan keluargamu dapat beribadah dengan nyaman tanpa adanya udara yang pengap. Sedangkan cahaya matahari berguna untuk menghemat energi listrik pada saat di siang hari.

3. Tambahkan Dekorasi Dinding Berbau Islami

Hiasan dinding di mushola
shopee.co.id

Menambahkan dekorasi dinding di dalam mushola adalah salah satu cara agar menambah kesan religius pada ruang ibadahmu. Kamu dapat menambahkan lukisan kaligrafi atau foto-foto berbau islami. Namun, kamu tidak perlu untuk menggantungkan semua lukisan atau foto tersebut.

Cukup menggantungkan beberapa lukisan dan foto-foto bernuansa Islami yang paling kamu suka. Setelah itu, kamu akan mendapatkan ruang yang cukup luas karena tidak semua barang yang kamu gunakan sebagai dekorasi tempat ibadah.

4. Lengkapi Mushola Minimalis Milikmu Dengan Tempat Wudhu

Desain mushola minimalis dengan tempat wudhu
brilio.net

Memiliki tempat wudhu di dalam ruang mushola memang memudahkan anggota keluarga yang ingin beribadah.

Selain itu, yang perlu kamu perhatikan saat membuat tempat wudhu di tempat mushola, kamu perlu memperhatikan agar air saat kita berwudhu tidak membasahi tempat sholat kamu. Kamu bisa menggunakan sekat ruangan agar hal tersebut tidak terjadi.

5. Mushola Dekat Taman Rumah

Mushola dekat taman
rumahkuunik.com

Di rumahmu memiliki sebuah taman? Nah, Kamu bisa membangun mushola dekat taman rumahmu loh. Nuansa alam atau hijau memberikan suasana lebih tenang dan sejuk. Membuat keluargamu nyaman dan fokus saat beribadah.

Kamu juga bisa menerapkan tempat ibadahmu dengan konsep semi-outdoor, dimana kamu dapat membatasi taman dan mushola dengan pintu kaca atau sekat ruangan.

6. Mushola Minimalis Dengan Lampu Penerang yang Cantik

Mushola dengan penerangan yang baik
arsitag.com

Lampu dinding merupakan salah satu jenis lampu yang memberikan pencahayaan yang paling ideal dan memberikan kesan estetika pada ruang mushola mu. Hindari lampu yang cahayanya kurang baik karena akan menyebabkan mata mu sakit saat kamu sedang membaca Al-Qur’an.

7. Mushola Minimalis Dibawah Tangga

Mushola di bawah tangga
arsitag.com

Memanfaatkan lahan atau ruang kosong yang ada di dalam rumah. Mungkin bisa menjadi solusi terbaik dan ide kreatif. Salah satu contohnya kamu bisa menggunakan area dibawah tangga rumahmu untuk menjadikannya ruang mushola minimalis.

Desain seperti apa yang akan kamu gunakan untuk mushola di dalam rumahmu? Yuk, buat mushola mu sebagai tempat yang paling nyaman dan tenang untuk beribadah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.