Tips Membuat Kue Kering yang Renyah dan Enak

Bikin kue kering itu gampang-gampang susah. Butuh ketelatenan dan ketekunan, biar kue yang dihasilkan jadi renyah, enak dan lezat. Tapi nggak perlu khawatir kalau ternyata kita belum pernah bikin kue sama sekali. Nggak usah takut gagal, yang penting coba dulu, perkara berhasil enggaknya kita serahin sama Allah. Kalau udah gitu manteb banget deh, kue kering penuh cinta ntar jadinya.

Tips & Trik Membuat Kue Kering yang Renyah

Buat kamu yang masih belum pernah bikin kue kering sama sekali, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Bikin Kuenya

Ini tips pertama yang harus dan wajib kamu lakukan. Kalau kamu nggak melakukan hal ini, maka nggak ada gunanya kamu tau tips selanjutnya.

2. Pemilihan Tepung

Tepung yang digunakan untuk membuat kue kering sebaiknya kandungan proteinnya rendah. Tepung tersebut akan menjadikan kue kering lebih renyah karena hanya sedikit membentuk gluten.

Selain tepung terigu berprotein rendah bisa juga kita tambahkan tepung maizena sebagai substitusi tepung terigu. Jadi, sebagian tepung terigunya diganti sama maizena. Maizena akan membuat kue kering menjadi lebih renyah dan rapuh.

3. Ayak Bahan Kering

Mengayak bahan kering itu penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar tidak ada gumpalan yang terbentuk pada saat kita membuat adonan kue. Semua bahan kering seperti seperti tepung, pengembang dan garam diayak terlebih dahulu agar tercampur rata. Gula halus juga diayak, kan ada tuh gula halus yang memberntuk gumpalan kalau kita simpan dalam waktu yang lama.

4. Jangan Kelamaan

Sebaiknya bahan yang kadungan utamanya lemak seperti mentega, margarin dan shortening jangan dikocok terlalu lama bersama dengan mentega. Kalau terlalu lama, kue kering yang dihasilkan akan terlalu melebar sehingga hasilnya kurang bagus.

Gula dan bahan yang berlemak tadi sebaiknya dikocok asal rata saja. Kecuali, kalau dalam resepnya dikatakan mentega atau margarin harus dikocok bersama dengan gula halus sampai tercampur rata dan lembut, contohnya pada pembuatan shortbread.

5. Mencampur Adonan

Pada saat menambahkan bahan kering kedalam campuran bahan berlemak dan gula, lakukanlah secara bertahap, sedikit demi sedikit. Kemudian mengaduknya gunakan sendok kayu atau spatula secara perlahan, agar adonan yang dibuat tidak mengeras. Sebaiknya jangan pakai mixer saat mencampur bahan kering ini, untuk menghindari adonannya over-mixed.

6. Olesi Permukaan Loyang

Permukaan loyang sebaiknya diolesi margarin agar kue kering yang dibuat tidak lengket, bisa juga lapisi loyang menggunakan silpat (semacam pelapis berbahan silikon yang tahan panas). Atau kamu juga bisa menaburkan tepung setelah mengolesi loyang dengan margarin. Tapi harus diingat, tepung yang ditaburkan jangan banyak-banyak, cukup tipis aja, agar tekstur kue kering yang dihasilkan nggak berubah.

7. Suhu Pemanggangan

Pada saat memanggang kue kering, umumnya suhu oven yang digunakan sekitar 160-170°C. Saat memanggang, usahakan untuk memutar loyang karena biasanya suhu di dalam oven itu nggak rata. Tapi jangan dibalik, ntar tumpah kue bikinan kita.

8. Dinginkan Kue Kering

Setelah selesai, jangan lupa untuk memindahkan kue kering yang sudah dikeluarkan dari oven ke atas cooling wire, agar kuenya dingin dengan sempurna. Jika kue yang masih panas diletakkan bertumpuk-tumpuk, maka uap panasnya dapat mempengaruhi kerenyahan kue.

Kue kering yang sudah keluar dari oven masih terus mengalami proses pematangan. Kue kering dianggap sudah matang sempurna kalau kuenya sudah benar-benar dingin.

Nah, itu tadi beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba saat membuat kue kering. Bikin makanan ringan buat keluarga, biar tambah tuh cintanya. Pastikan kerjakan dulu nomor satu ya, kalau nggak dilakukan sama aja bohong tuh, selamat mencoba.

Leave a Reply