Tips dan Cara Membuat Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan alternatif pengganti susu sapi yang kandungan gizinya juga cukup tinggi. Sebenernya kalau disebut susu juga kurang tepat sih, harusnya ekstrak kedelai atau sari kedelai, kan kita bukan memerah ambing kedelai, tapi mengekstrak apa yang ada dalam kedelai.

Sebelum kita bahas cara membuat susu kedelai, kita kenalan dulu yuk sama kedelainya. Kan ada yang bilang tuh, tak kenal maka kenalan.

Kedelai merupakan bahan hasil pertanian yang nilai gizinya cukup tinggi. Nah, karena nilai gizinya tersebut, banyak produk olahan berbahan dasar kedelai. Kalau kamu tau yang namanya tempe dan tahu, itu merupakan produk olahan dari kedelai. Selain itu kedelai juga bisa diambil ekstraknya untuk kita buat jadi susu kedelai good (kayak iklan aja).

Pembuatan susu kedelai ini dapat dibilang cukup mudah lho, nggak perlu biaya yang mahal. Cuma kita perlu tau aja gimana cara bikin susu kedelai yang baik dan benar agar hasilnya nanti menjadi enak dan mantab. Kita lihat aja yuk apa aja bahan dan gimana caranya bikin susu kedelai yang enak itu.

Bahan Susu Kedelai

  • 500 gram kacang kedelai
  • 1 bungkus vanili, untuk 1/2 kg kedelai
  • Air secukupnya
  • 300 gram gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Susu Kedelai

  1. Cuci Kedelai menggunakan air mengalir sampai bersih.
  2. Rendam kedelai yang sudah dicuci selama kurang lebih semalaman atau 12 jam, agar kedelai menjadi lunak dan kulitnya mudah terkelupas.
  3. Cuci kembali kedelai yang sudah direndam sambil diremas-remas agar kulitnya mengelupas.
  4. Kemudian blencer kedelai sampai halus, tambahkan air secukupnya.
  5. Setelah kedelai halus, tambakan air mendidih kemudian saring dengan menggunakan kain bersih untuk memisahkan ampasnya.
  6. Rebus Kembali susu kedelai yang sudah terpisah dari ampasnya agar bakteri dan bau tidak sedapnya hilang.
  7. Nah, setelah itu tambahkan gla dan sedikit garam sesuai selera serta vanili-nya jangan lupa ya.
  8. Susu kedelai siap disajikan.

Nah, itu tadi cara membuat susu kedelai, sekarang kita lihat bagaimana tips agar susu kedelai yang dihasilkan lebih enak.

Tips & Trik Membuat Susu Kedelai

  • Pilih kedelai dengan kualitas yang baik agar susu kedelai yang dihasilkan kualitasnya juga bagus.
  • Saat memcuci kedelai usahakan semua kotoran baik berupa rating atau kulit kedelai dapat hilang semua.
  • Sebelum direndam kedelai bisa terlebih dahulu direbus selama kurang lebih 15 menit.
  • Setelah diblender, saring dengan menggunakan saringan untuk membuat tahu agar semua ampasnya terpisah dengan sempurna.
  • Saat merebus usahakan untuk selalu diaduk agar semua tercampur rata dan mencegah agar rebusan sari kedelai tidak membludak.
  • Selain menambahkan vanili bubuk, bisa juga ditambahkan daun pandan atau jahe. Selain menghilangkan bau langu dari kedelai, juga bisa menambah manfaatnya.
  • Jika kamu mau menikmati susu kedelai yang dingin, bisa juga dimasukkan ke dalam lemari es.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu cobain untuk membuat susu kedelai lebih enak lagi. Kamu juga bisa mengkreasikan rasa dari susu kedelai yang kamu inginkan. Bisa kamu tambahkan dengan perasa stawberi, melon, apel atau rasa buah yang lainnya. Atau bisa juga kamu tambahkan coklat bubuk untuk mendapatkan rasa coklat.

Susu kedelai ini tidak tahan lama, jadi sebaiknya ketika belum mau dikonsumsi lebih baik simpan dulu dalam lemari es. Demikian tips dan juga cara membuat susu kedelai. Kalau kamu mau membuat agar-agar busa juga bisa lho, buat nemenin minum susu kedelainya.

Leave a Reply