Tempat Wisata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui di Jogja, Candi Sambisari

Jalan-jalan ke Jogja lagi nih, setelah kemarin kita makan Saoto Bathok di dekat Candi Sambisari, sekarang kita kunjungi candinya. Nah, Candi Sambisari letaknya itu di Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Nggak jauh lah kalau dari bandara Adisucipto, jadi kalau mau pulang atau begitu sampai di Jogja bisa mampir deh.

Masuk Candi

Tiket masuk Candi Sambisari

Nah, kalau kamu masuk ke objek wisata pasti ada retribusi buat masuknya kan. Di Candi Sambisari pun juga gitu, kita harus bayar dulu tiketnya, nggak mahal kok. Buat anak-anak cukup bayar seribu aja, kalau yang dewasa dua ribu. Harganya sama kayak parkirnya nih, soalnya parkir juga dua ribu untuk motor.

Taman Candi

Salah Satu Sudut Candi Sambisari

Begitu masuk ke komplek candi, kita akan disuguhi pemandangan berupa taman yang hijau. Banyak tempat yang bisa kita jadikan untuk foto-foto. Bahkan, ada juga mbak-mbak yang foto-foto di tamannya bukan di candi. Ya, kalau kamu suka ber-selfie ria dan pengen tempat yang bagus tapi bayarnya murah. Coba aja dateng ke sini, dijamin nggak nyesel deh.

Taman Candi Sambisari

Tapi perlu kamu ketahui, kalau kita datengnya siang-siang, tempatnya panas. Walaupun tamannya lumayan luas, tapi tempat berteduhnya nggak begitu banyak. Apalagi kalau pengunjungnya banyak, spot yang buat berteduh udah penuh sama pengunjung yang lain.

Tapi kamu tetep nggak boleh gentar hanya karena panas aja. Kalau nggak mau kepanasan, dateng aja pagi atau sore-sore gitu. Wisata sekalian menambah pengetahuan kita, bahwa ternyata ada juga candi lain di Jogja selain Prambanan.

Bangunan Candi

Ujung Candi Sambisari

Nah, kalau mau lihat candi dari dekat, kamu harus turun ke bawah dulu. Candi Sambisari itu tempatnya berada di bawah gitu, jadi sebelum ditemukan dulu sempat terpendam di dalam tanah. Tinggal turun aja ke bawah dan kamu bisa menikmati candi dari dekat.

Batu Candi Sambisari

Ini salah satu sudut dari Candi Sambisari. Keren kan? Makanya sempetin mampir ke sini kalau kamu main ke Jogja.

Tulisan Candi Sambisari

Sebenernya Kita bisa mengadakan acara di komplek Candi Sambisari.

1. Berkumpul Dengan Keluarga

Kalau kamu pengen rekreasi bersama keluarga tapi nggak tau mau kemana. Kamu bisa coba dateng ke Candi Sambisari. Bawa aja tiker, terus bekal yang makanan, berangkat deh. Sampai tempatnya tinggal cari tempat yang teduh, gelar tikernya dan menikmati makanan sambil merasakan angin yang sepoi-sepoi.

2. Foto-Foto

Kayak yang udah saya bilang di atas. Kamu bisa foto-foto sepuasnya, nggak usah bayar lagi kok. Pemandangannya pun cukup bagus lah buat kamu abadikan dalam jepretan foto kamu. Tapi ingat, jangan sampai lupa diri, takutnya ntar kamu foto-foto di kerumunan orang yang sedang menikmati angin sepoi-sepoi tadi. Kan ganggu tuh jadinya, apa lagi kalau kamu fotonya sampai salto-salto segala tuh.

3. Acara Buat Anak Kecil

Kampung kamu mau ngadain acara buat anak-anak? Bisa ke sini aja alternatif tempatnya, cukup luas lah kalau cuma buat outbond anak-anak. Tinggal siapin aja eralatan buat outbond-nya, sama jangan lupa pengawasa yang ekstra. Namanya juga anak-anak, pasti pengennya kemana-mana tuh. Jadi jangan sampai lepas dari pengawasan kita ya.

4. Batu Pijakan

Apaan tuh batu pijakan? Kayak apa aja ya? Maksudnya tuh mungkin kalau kamu pengen berwisata ke Candi Prambanan, bisa mengunjungi Candi Sambisari dulu. Karena, tempatnya itu satu jalur kalau dari arah kota Jogja. Tempatnya pun duluan dilalui Candi Sambisari, jadi nggak ada salahnya kamu mampir dulu ke sini.

Naaah, jangan lupa mampir yaaa.

 

 

One Response

  1. Hengki April 8, 2015

Leave a Reply