Resep Rendang Jengkol Empuk, Pedas dan Gurih

Siapa yang nggak tau jengkol? Makanan yang biasanya dihindari orang, tapi untuk penggemarnya pasti sangat mencari-carinya. Sebagian orang menghindari bukan karena rasanya yang pahit atau nggak enak. Tapi karena bau yang ditimbulkan setelah mengonsumsi jengkol, bikin ciut nyali but memakannya.

Padahal kalau dimakan, jengkol itu rasanya ya gitu, gitu deh pokoknya. Terus teksturnya yang kenyal dan empuk, enak deh. Kalau belum pernah ngerasain bagaimana enaknya makan jengkol, kamu harus cobain. Bisa jadi yang tadinya kamu nggak suka, malah jadi pecinta jengkol.

Nah, ngomongin soal pecinta jengkol, pasti pada bela-belain cari menu olahan jengkol kalau lagi makan. Walaupun harga jengkol yang cenderung fluktuatif tak menentu. Kadang murah, kadang juga bisa mahal banget. Tapi masih banyak juga kok penikmat jengkol di negeri ini.

Jengkol biasa diolah menjadi makanan dengan menggunakan bumbu yang banyak. Atau bisa juga diolah jadi makanan yang sudah umum ada di Indonesia. Misalnya kayak semur jengkol, gulai jengkol, sambel goreng jengkol atau rendang jengkol.

Dari olahan jengkol tadi, salah satu menu yang menjadi kesukaan pecinta jengkol adalah rendang jengkol. Rasanya tentu nggak kalah sama rendang daging sapi. Jengkol dimasak menggunakan bumbu rendang yang pedas dan gurih serta teksturnya yang empuk. Hmmm, pasti akan sangat menggoda untuk segera melahap nya. Apalagi kalau makannya pakai nasi yang masih panas, tambah mantab lagi tuh.

Dari pada ngiler mikirin rendang jengkol, udah nyari ke warung makan juga nggak ada, mending kita buat sendiri aja yuk. Gampang kok bikinnya, cuma butuh trik sedikit biar jengkolnya enak dan nggak bau. Kalau mau tau gimana cara menghilangkan bau jengkol, bisa klik di sini.

Kita mulau aja yuk bikin rendang jengkolnya, sipakan catetan buat nyatet bahan dan cara membuatnya. Atau kamu bisa bawa smartphone kamu ke pasar sambil nyari bahan yang dibutuhkan.

Bahan Rendang Jengkol

  • 1/2 kg jengkol yang sudah direndam selama satu malam dengan air yang diberi daun jeruk atau kapur
  • 500 ml santan yang berasal 1/2 butir kelapa
  • 1 ruas jahe yang sudah dimemarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 250 ml air
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus Rendang Jengkol

  • 10 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah yang sudah dibuang bijinya
  • 4 buah kemiri yang sudah disangrai
  • 1 ruas kunyit yang sudah dibakar

Cara Membuat Rendang Jengkol

  1. Rebus jengkol yang sudah direndam semalaman sampai empuk, setelah itu angkat dan tiriskan.
  2. Memarkan jengkol sampai pipih atau gepeng, usahakan jangan sampai hancur ya, cukup jadi gepeng aja.
  3. Haluskan bumbu halus yang sudah disiapkan, kemudian tumis bersama daun salam, serai dan jahe. Tumis sampai bumbu berbau sedap dan sudah matang.
  4. Setelah bau sedap tercium, masukkan jengkol sambil diaduk.
  5. Tambahkan air dan masak kembali sampai jengkol sudah benar-benar empuk.
  6. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  7. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk kembali sesekali. Lalu masak sampai mengental dan bumbu meresap ke dalam jengkol.
  8. Setelah mengental angkat rendang jengkol nya.
  9. Rendang jengkol siap disajikan.

Itu tadi cara membuat rendang jengkol yang tentunya mantab. Ada beberapa trik dan tips nih biar rendang jengkol yang kamu buat hasilnya lebih maknyus.

Tips dan Trik

  • Pilih jengkol yang kualitasnya baik agar rasa jengkolnya juga enak.
  • Sebelum dimasak, lebih baik jengkol direndam semalam dengan air kapur agar baunya hilang.
  • Setelah direbus, jangan lewatkan untuk menggepengkan jengkol agar nantinya bumbu dapat meresap ke dalam.
  • Masak rendang jengkol sampai benar-benar empuk dan kuahnya mengering.

Nah, begitulah cara membuat rendang jengkol yang bisa kamu cobain di rumah, selamat mencoba.

Leave a Reply