Nggak Kalah Sama yang Lain, Ini Dia 5 Jajanan Terbuat dari Tahu

Tahu-tahu mereka datang membawa tahu yang banyak dan tanpa diketahui oleh siapapun tiba-tiba tahunya lenyap tak berbisa. Wahaha, kok banyak banget ya kata tahunya, ada tahu yang makanan, sama tahu yang maksudnya tau.

Kamu pasti pernah kan makan yang tahu? Tahu itu makanan yang bahan dasarnya kedelai. Cara buatnya lumayan lama nih. Pertama kedelai direndam selama tiga sampai lima jam, habis itu ditiriskan. Kedua, giling kedelai yang udah direndam tadi digiling dengan sedikit ditambah air. Hasil gilingan kedelai lalu direbus, jangan lupa ditambahin air juga. Setelah mendidih, buru-buru tuh disaring, buat misahin ampas sama sari kedelainya. Nah, sari kedelainya kemudian ditambahin sama kecutan yang fungsinya buat menjendalkan (kalau nggak tau menjendalkan, itu tu kayak diendapkan gitu) protein. Setelelah itu, air kecutan dibuang, tapi sebagian disimpan untuk pembuatan tahu selanjutya. Jendalan yang terbentuk kemudian dicetak dan dipress biar airnya berkurang. Jadi deh tahunya, tinggal dimasak.

Nah, olahan tahu itu ada macem-macem. Sekarang kita lihat beberapa jajanan olahan dari tahu yang sering kita jumpai.

1. Tahu Gejrot

Tahu gejrot

wisnuwidiarta.wordpress.com

Tahu gejrot ini makan yang khas dari daerah Cirebon. Tetapi sekarang kita udah gampang nemuin jajanan yang satu ini di berbagai daerah. Bahan tahu gejrot pun nggak sulit di cari, cukup butuh tahu sumedang dan bumbu-bumbu aja. Yang bikin enak itu kuahnya kalau pedes, waah, bikin selera makan makin meningkat deh.

2. Tahu Isi

Tahu isi atau tahu susur

resepcaramemasak.com

Pernah denger nama tahu susur? Kalau tahu isi? Nah, sebenernya itu makanan yang sama, cuma di beberapa daerah emang penyebutannya berbeda. Tahu isi biasanya berisi aneka macam sayuran, ada tauge, wortel dan kubis. Ada juga yang ditambahin bihun buat bahan isiannya. Nah, kalau isiannya itu sayuran, diluarnya dikasih selimut, lapisan tepung gitu, biat makin maknyus rasanya. Kalau makan tahu isi jangan lupa, cabe rawitnya yang banyak ya, hehe.

3. Tahu Kress

Tahu Krispi

rizky-cookies.blogspot.com

Tahu kress ini sebenernya produk francais. Tahu francais kan? Itu lho yang program kemitraan dari produsen produk. Jadi kita tinggal beli francaisnya, nah nanti kita tinggal jualan aja, produknya biar urusan yang punya francaisnya.

Yang bedain dari tahu-tahu yang lainnya adalah ada berbagai macam varian rasa buat tahunya. Nggak cuma itu aja sih, tahunya juga krenyes-krenyes gitu, hmmm krispi, nah, nemu juga kata-katanya.

4. Tahu Bulat

Tahu berbentuk bulat

bismacenter.ning.com

Tahu kok bulat? Apa nggak capek tuh mbuletinnya? Sempat berpikir kayak gitu nggak waktu tau ada tahu yang bentuknya bulat? Tapi emang beneran ada lho tahu bulat itu, nggak ada bedanya sama tahu biasanya, cuma bentuknya aja yang bulat. Mungkin itu yang bikin tahunya jadi unik dan banyak juga peminatnya.

5. Tahu Bakso

Tahu isi bakso

tahubaxo-ibupudji.com

“Tahu digabungin sama bakso jadi apa hayo?”

“Siomaaay… bakso tahuuu…”

Wah, iya juga ya, di siomay ada tahu dan siomaynya, terus di orang yang jual bakso juga ada bakso yang ada tahunya. Eh kebalik, tahu yang ada baksonya maksudnya.

Kalau yang di siomay dan bakso kan itu merupakan varian dari produknya. Nah, kalau tahu bakso ini ya tauh yang didalemnya ada baksonya. Kayak tahu isi gitu lah, cuma beda isian aja. Tahu isi dalemnya sayuran, tahu bakso isinya bakso. Sekarang tahu bakso juga udah berkembang, nggak cuma rasa original aja, ada juga yang rasa keju, atau balado, bisa juga barbeque.

Leave a Reply