Manfaat Minyak Nilam yang Harganya Cukup Tinggi

Apa itu minyak nilam? Minyak nilam atau dalam bahasa Inggris patchouli oil adalah salah satu jenis minyak atsiri yang didapatkan dari tanaman nilam. Tanaman nilam atau bahasa Latin-nya Pogostemon cablin Benth. merupakan jenis komoditas unggulan dari Indonesia.

Sebelum mendapatkan minyak nilam, terlebih dahulu kita harus menanam tanaman nilam. Kemudian, tanaman tersebut dipanen saat sudah berumur 7-9 bulan. Jika pemanenan dilakukan dengan tidak mencabut sampai ke akar, tanaman masih bisa dipanen kembali sekitar 3-4 bulan selanjutnya.

Budidaya Tanaman Nilam

zoelthea.blogspot.co.id

Pemanenan tanaman nilam sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari. Jika kita melakukan panen ketika siang, kandungan minyak yang ada di dalam tanaman tersebut akan berkurang. Setelah dipanen, hasil panen tersebut dikeringkan terlebih dahulu dengan cara dijemur di bawah sinar matahari.

Penjemuran dilakukan sampai kering dengan dibolak-balik. Kalau daun sudah layu, angin-anginkan di atas rak bambu. Biasanya, lama pengeringan membutuhkan waktu antara 3-4 hari, tergantung cuaca saat proses penjemuran. Baru setelah kering, nilam siap untuk disuling.

Mafaat Minyak Nilam

Di Indoensia, kebanyakan penduduknya hanya mengetahui bahwa tanaman nilam dapat mengahasilkan minyak atsiri yang biasanya digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan parfum, sabun, dan kosmetik saja. Padahal, masih ada banyak kegunaan dari minyak nilam ini.

Mungkin kamu sudah tahu, minyak nilam biasanya digunakan untuk mengikat aroma parfum. Jadi, minyak nilam digunakan untuk membuat sebuah parfum wanginya lebih tahan lama. Tapi, masih ada beberapa manfaat lainnya seperti berikut ini.

1. Untuk Pijat dan Aroma Terapi

Minyak nilam dapat digunakan sebagai minyak pijat dan juga aroma terapi. Jika kita memijat mengunakan minyak atsiri seperti nilam contonya, maka akan dapat memberikan efek menenangkan pikiran, melemaskan saraf, dan juga bisa menghilangkan stress.

2. Untuk Mencegah Penuaan Dini

Minyak nilam memiliki sifat anti penuaan dini atau biasa juga disebut anti aging. Manfaat itulah yang menjadikan minyak ini sebagai salah satu bahan produk perawatan kulit. Minyak yang memiliki bau khas ini akan membuat kulit menjadi lebih terlihat sehat dan awet muda. Selain itu, minyak ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka, kulit kering, dan keriput.

3. Untuk Membuat Parfum dan Dupa

Ternyata, minyak nilam juga digunakan dalam pembuatan parfum dan juga dupa. Tapi, karena minyak ini memiliki bau yang khas, tentu perlu campuran minyak atsiri lainnya untuk mendapatkan wangi yang unik. Biasanya minyak nilam akan ditambahkan dengan minyak lain seperti minyak mawar, minyak cendana, minyak jeruk, minyak mur, minyak melati, dan minyak-minyak lain yang memiliki bau wangi.

4. Untuk Mencegah Bau Badan

Buat kamu yang mempunyai masalah bau badan, coba gunakan minyak nilam untuk mengatasinya. Sebab, minyak ini ternyata juga dimanfaatkan oleh industri untuk membuat deodorant.

Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

Selain beberapa manfaat di atas, ternyata minyak nilam juga memiliki banyak sekali manfaat lain terutama untuk kesehatan. Tapi, mungkin ada beberapa manfaat minyak nilam yang masih belum teruji secara klinis dan diuji di labolatorium.

  • Dapat digunkan untuk obat penyakit radang kulit atau dermatitis
  • Aroma khas yang dimiliki minyak nilam dapat menenangkan pikiran ketika kita menciumnya. Tetapi, untuk mendapatkan aroma yang lebih wangi lagi, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak cendana, mawar, melati, mur, atau minyak jeruk.
  • Dapat digunakan untuk mengatasi sakit kulit dan luka.
  • Bisa juga digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka.
  • Minyak nilam juga bisa digunakan untuk mengusir serangga yang ada di dalam rumah. Kamu tinggal menyemprotkannya saja ke sekeliling ruangan, maka serangga akan pergi karena tidak suka dengan bau minyak ini.

Sedikit Informasi Tentang Minyak Nilam

dhila13.wordpress.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu komoditas ungulan Indonesia adalah minyak nilam, dan ternyata negeri kita ini merupakan pemasok terbesar dunia lho. Sekitar 70% kebutuhan minyak nilam dunia disuplai oleh Indonesia.

Memulai bisnis minyak atsiri ini sebenarnya sangat menggiurkan, selain permintaan pasar dalam negeri ayang tinggi karena digunakan untuk industri seperti kosmetik, sabun, dan parfum, permintaan dari negara lain juga tidak kalah banyaknya.

Selain permintaan pasar yang cukup banyak, minyak nilam ini memiliki harga yang lumayan mahal lho. Satu kilogram minyak ini, di tingkat petani saja harganya bisa mencapai 400 ribu rupiah.

Dengan tingginya permintaan dan juga harga, tentu membuat kamu berpikir untuk memulai usaha budidaya tanaman nilam. Tetapi, budidaya nilam ini masih terganjal dengan susahnya mencari tanaman yang memiliki varietas unggul. Varietas yang sudah teruji seperti Tapak Tuan, Sidikalang, dan Balittro masih sulit didapatkan.

Sehingga, saat ini banyak petani nilam yang masih membudidayakan nilam dengan seadanya. Hasil yang didapat tentu saja juga seadanya.

Hasil yang seadanya tersebut tentu saja akan sangat sulit untuk menembus pasar ekspor. Karena, pasar di luar negeri menginginkan standar yang cukup tinggi. Biasanya pasar luar akan meminta minyak nilam dengan kandungan PA minimal di atas 30%.

Nah, bagaimana? Banyak sekali kan manfaat dari minyak nilam ini. Bukan cuma manfaatnya saja ternyata yang cukup banyak, prospek usaha dari minyak atsiri ini juga lumayan menggiurkan. Kalau kamu tertarik, bisa coba mencari cara budidaya tanaman nilam terlebih dahulu. Atau kalau mencari minyak nilam, bisa hubungi 08994563381 🙂

Leave a Reply