10 Manfaat Kunyit Hitam yang Berkhasiat Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Hitam – Indonesia merupakan surganya rempah dan tanaman herbal. Kamu akan menemukan banyak sekali jenis tanaman yang mungkin sebelumnya belum pernah didengar ternyata ada. Dan, tanaman tersebut ternyata memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh kita.

Salah satu tanaman yang jarang diketahui adalah kunyit hitam. Apakah kamu pernah mendengarnya?

Biasanya, kunyit itu memiliki warna oranye cerah dan digunakan sebagai salah satu bumbu dapur. Ternyata, ada satu jenis lain kunyit selain kunyit putih, yaitu kunyit hitam.

Kunyit hitam ini merupakan tanaman asli dari daerah India. Di negara asalnya, kunyit hitam ini sangat populer, sehingga banyak diburu. Saking banyaknya yang mencari, jenis kunyit yang satu ini pun menjadi terancam keberadaannya.

Nama Kunyit Hitam

Kunyit hitam ini tidak hanya dikenal di India, negara-negara lain pun mengenalnya. Di Turki, kunyit hitam ini dikenal dengan cadvar, kalau di Inggris black turmeric, dan di negara lainnya bernama black curcuma, black hardy, nama lain.

Anatomi Tanaman Kunyit Hitam

Tanaman Kunyit Hitam

tokopedia.com

Tanaman kunyit hitam memiliki anatomi sebagai berikut.

Batang

Tanaman dari kunyit hitam sebenarnya tidak berbeda dengan kunyit pada umumnya. Tanaman kunyit hitam memiliki batang semua yang berupa kumpulan dari helaian daun dan daun-daun tersebut bias dikelupas sampai habis. Panjang batang dari tanaman kunyit hitam antara 33-35 cm.

Daun

Daun dari tanaman kunyit hitam bentuknya lonjong dan memanjang. Sebagian besar warna daunnya adalah hijau cerah dan pada bagian belakangnya hijau pucat, sedangkan pinggiran daunnya memiliki warna kemerahan. Tangkai dari daun tanaman herbal ini memiliki warna putih gading.

Bunga

Bunga dari tanaman herbal ini berwarna putih dengan mahkota yang memiliki warna ungu. Bunga kunyit sulit untuk ditemukan karena memang tanaman ini jarang berbunga.

Rimpang Kunyit

Rimpang merupakan tempat tanaman kunyit menyimpan cadangan makanan. Ukuran dari rimpang kunyit ini berbeda-beda antara satu tanaman dengan tanaman yang lain. Semuanya tergantung pada faktor yang menentukan rimpang terbentuk.

Nah, penjelasan di atas adalah anatomi dari tanaman kunyit hitam yang mungkin bisa menambah wawasan kamu. Kalau memang tidak bisa menemukan tanaman kunyit hitam, coba saja lihat tanaman kunyit kuning, anatominya tidak jauh berbeda kok.

Manfaat Kunyit Hitam

Umumnya, kita menggunakan kunyit berwarna kuning yang memiliki banyak sekali manfaat. Tapi, kunyit hitam juga nggak kalah banyak manfaatnya lho.

Salah satu jenis kunyit ini sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional di negara asalnya, India. Kunyit hitam digunakan sebagai obat untuk mengatasi pilek, batuk, demam, penyakit asma, dan pneumonia.

Selain itu, kunyit hitam juga biasanya digunakan untuk meredakan migren. Caranya adalah dengan menumbuk rempah ini, lalu ditempelkan ke dahi penderita migren. Atau, bisa juga digunakan untuk mengatasi gigitan serangga mematikan seperti kelabang dan kalajengkin, serta gigitan ular.

Walaupun tidak seterkenal kunyit putih dan kunyit kuning, ternyata di Indonesia, kunyit hitam ini juga banyak yang menggunakan. Kunyit jenis ini biasanya digunakan untuk mengatasi sakit batuk, nyeri perut, menambah stamina dan nafsu makan, untuk pembersih darah, mengobati ruam, kudis, serta kadas.

Berikut manfaat lain dari Kunyit hitam yang dipercaya oleh masyarakat luas.

1. Mengatasi Gatal pada Kulit

Biasanya, kulit yang gatal dipicu oleh bakteri, atau bisa juga karena keadaan cuaca yang kurang bersahabat. Kalau kamu mengalami gatal-gatal pada kulit, coba obati dengan kunyit hitam. Di dalam kunyit hitam terdapat zat yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Zat tersebut akan dapat meredakan gatal pada kulit.

2. Tampak Awet Muda

Di dalam kunyit hitam terkandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menghambat penuaan. Jika kamu mengonsumsi kunyit hitam secara rutin, maka kesehatan kulit dapat terjaga. Kulit menjadi tampak lebih kencang dan lembab, sehingga kamu akan terlihat lebih muda. Atau, bisa juga menggunakan kunyit hitam dengan menjadikannya sebagai lulur atau masker.

3. Merawat Kulit Wajah dan Tubuh

Khasiat lainnya dari kuyit hitam adalah menjadikan kulit menjadi lebih halus. Berbagai macam zat yang terkandung di dalam kunyit hitam mampu membuat kulit mejadi halus. Selain itu, dapat mengurangi bintik-bintik merah pada kulit yang sekarang ini banyak orang mengalaminya.

Kamu bisa menghilangkan berbagai bintik pada kulit dengan kunyit hitam. Mulai dari radang kulit, ruam, dan berbagai jenis bercak kulit. Bahkan, pada sebagian produk obat-obatan yang digunakan untuk mengobati ruam, bahan utama yang digunakan adalah ekstrak kunyit.

Bisa juga herbal yang satu ini digunakan sebagai alternatif untuk kosmetik yang alami. Sehingga, kamu akan merasakan banyak manfaat dan mencegah ketergantungan menggunakan produk kosmetik kimia yang harganya lumayan mahal.

4. Melancarkan Menstruasi

Tentu kamu tau kan salah satu produk minuman yang biasanya jadi laternatif untuk melancarkan menstruasi? Nah, salah satu bahan yang digunakan dalam produk tersebut adalah kunyit. Jadi, penggunaan kunyit, baik yang kuning ataupun hitam bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk melancarkan menstruasi.

5. Meminimalisir Rasa Sakit Akibat Osteoarthritis

Apakah kamu tahu apa itu osteoarthritis? Osteoarthritis adalah suatu penyakit yang mengakibatkan nyeri pada tulang dan sendi sehingga dapat membuat tulang jadi kaku dan tidak fleksibel. Untuk meredakan masalah tersebut, kita bisa minum kunyit hitam secara rutin.

Dalam kunyit hitam, terdapat zat bernama ibuprofen. Fungsi dari zat tersebut adalah untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan ketika terserang osteoarthritis.

6. Digunakan Sebagai Tabir Surya

Menurut sebuah jurnal yang ditulis oleh Fush Shilat Jibalathuull dan kedua temannya, didapatkan bahwa rimpang kunyit hitam dapat digunakan sebagai tabir surya.

7. Meredakan Sakit Kepala Sebelah atau Migren

Ketika mengalami sakit kepala, tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari kita. Biasanya, kalau sudah sakit kepala, terus minum obat sakit kepala, dan ujung-ujungnya ngantuk.

Nah, ada solusi nih buat mengatasi sakit kepala kamu, gunakan saja kunyit hitam. Caranya, cukup haluskan kunyit hitam, lalu oleskan pada dahu yang terasa sakit. Efek hangat yang dihasilkan kunyit hitam akan meredakan sakit kepala. Tapi, kalau sakit masih berlanjut, segera hubungi dokter ya.

8. Mengobati Cacingan

Salah satu masalah yang biasa terjadi pada anak-anak adalah cacingan. Saat anak terkena cacingan, nafsu makannya akan berkurang, dan ini tentu dapat memengaruhi pertumbuhannya. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat jamu dengan campuran kunyit hitam. Konsumsinya rutin ya, sampai masalah cacingan dapat teratasi.

9. Mengatasi Sakit Maag

Maag dapat muncul pada siapa saja, biasanya, gangguan ini muncul akibat masalah gaya hidup kita. Contohnya adalah makan yang terlalu cepat, terlalu banyak makan, stres, sering cemas, merokok, berlebihan konsumsi makanan pedas, berminyak, berlemak, minum minuman tinggi kafein, soda, alkohol, telat makan, dan masih banyak lagi penyebabnya.

Kalau ada yang terkena gangguan maag, coba disarankan untuk mengonsumsi kunyit hitam. Di dalam kunyit hitam terdapat zat yang mampu menetralisir asam lambung sehingga gangguan maag dapat diatasi.

10. Melancarkan ASI

Buat para ibu yang sedang menyusui, tentu sangat mengharapkan produksi ASI dapat lancar. Apalagi yang sedang menjalankan program ASI eksklusif untuk anaknya selama 2 tahun.

Agar produksi ASI dapat lancar dan berkualitas, kebutuhan tubuh ibu juga harus diperhatikan. Selain makan, makanan bergizi, ibu menyusui dapat menambahkan suplemen, salah satunya adalah kunyit hitam, agar produksi ASI lancar.

Leave a Reply