4 Makanan Khas Surabaya, Bikin Kamu Jadi Bahagia

MAKANAN KHAS SURABAYA – Kalau main ke Surabaya itu, mbok ya nggak cuma pergi ke tempat wisatanya aja. Cicipin juga dong makanan khas yang ada di sana. Kan ada banyak banget tuh, kamu tinggal milih satu-satu. Atau malah dicicipin semuanya juga nggak papa.

Mau yang rasanya gurih, atau mungkin manis, kalau nggak yang pedes. Tinggal pilih aja selera kamu yang mana. Kalau belum tau makanan khas di Surabaya itu apa aja, ya langsung aja yuk kita lihat bareng-bareng!

1. Tahu Tek

Tahu tek

hprasetyo.wordpress.com

Tahu tek ini makanan khas berbahan dasar tahu yang dipotong menjadi kotak kecil, kemudian digoreng. Kamu bisa menikmati tahu tek dengan saus berwarna gelap yang terbuat dari kacang tanah, petis, cabe, dan bawang putih.

Tahu tek ini lebih enak dimakan pas malem-malem dan cuaca dingin. Jangan lupa, taburi dengan kerupuk sama bawang goreng. Biar rasanya makin mantab dan nikmat.

2. Rujak Cingur

Rujak cingur

gpswisataindonesia.blogspot.com

Walaupun rujak yang terkenal di Indonesia itu terbuat dari buah-buahan, ternyata ada satu rujak yang nyeleneh. Rujak ini nggak pakai buah malahan, pakainya malah sayuran sama bahan lain seperti tahu.

Eh, ada lagi, sama cingur sapi, cingur itu mulutnya sapi. Moncong sapi yang dipakai di rujak cingur terlebih dahulu direbus kemudian diiris tipis.

Bahan lain yang digunakan untuk melengkapi rujak cingur adalah timun, nanas, mangga muda, begkoang, kacang panjang, kangkung, kecambah, dan tahu. Ada juga yang ditambahi tempe, mirip-mirip tempe mendoan gitu.

Rujak cingur disajikan dengan siraman saus kacang yang berpadu dengan petis dan juga pisang kluthuk. Tak lupa, lontong pun dimasukkan untuk menambah karbohidrat dari sajian yang satu ini.

3. Lontong Balap

Kontong Balap Jawa Timur

resepmasakantop.com

Dari namanya aja makanan ini sudah terdengar keren ya, lontong balap. Pasti penjualnya suka kebut-kebutan di jalanan untuk menjajakan masakan jualannya. Tapi, sepertinya bukan kayak gitu deh.

Lontong balap merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang terbuat dari lontong, lentho, dan tahu. Lontong dan tahu diiris tipis, kemudian ditaburi dengan lentho yang menggoda.

Tak lupa, lontong balap diberi tauge dalam jumlah yang cukup banyak, baru kemudian disiram dengan kuah. Kalau mau makan lontong balap, alangkah bijak jika menambahkan sambal, kecap, dan bawang goreng agar makanan ini menjadi lebih sedap.

4. Pecel Semanggi

Pecel semanggi

ivacanza.co

Nama pecel semanggi didapat karena makanan yang satu ini menggunakan daun semanggi sebagai bahan dasarnya. Daun semanggi dikukus dan kemudian ditambahkan sambel yang sangat menggugah selera.

Sambel yang digunakan adalah sambel pecel pada umumnya, terbuat dari kacang, cabe, dan bahan-bahan penambah rasa lainnya. Yang berbeda dari pecel lainnya tentu saja karena pecel ini menggunakan daun semanggi.

Nah, udah pernah nyicipin salah satu makanan khas Surabaya yang udah disebutin belum? Kalau belum pernah, buruan ke Surabaya, cari deh tempat paling terkenal yang menjajakan makanan itu. Selamat makan-makan dan jalan-jalan 🙂

Leave a Reply