Macam-macam Sayuran Berwarna Hijau Kaya Manfaat

Kamu sering nggak makan sayur? Kalau sayur yang warnanya hijau? Hmm, kita kan sering makan sayuran hijau ya, tapi kadang kita nggak tau tuh sebenernya apa sih kandungan dalam sayuran tersebut. Nah sekarang kita baca bareng-bareng yuk beberapa macam sayuran yang sangat bermanfaat ini.

1. Bayam

Bayam Hijau

manfaatkhasiat.com

Siapa yang nggak kenal bayam? Waktu kecil kita sering tuh dibuatin sayur sop yang bayamnya banyak. Nah tapi apa aja sih sebenernya kandungan dari bayam ini?

Bayam memiliki serat yang tinggi, selain itu bayam marupakan sumber zat besi yang baik untuk darah. Bayam juga mengandung lutein yang berfungsi menjaga kesehatan mata kita. Vitamin dalam bayam juga bermacam, ada vitamin A, C, K, dan juga folat.

2. Sawi

Sawi hijau

pasarinduk.id

Kalau makan mie ayam biasanya ada sayur yang satu ini, namanya sawi. Kandungan mineral dan vitamin dalam sawi cukup tinggi. Kandungan vitamin C dan E, serta karoten dan glukosinolat dalam sawi berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh kita.

Dalam sawi juga ada kalsium, magnesium dan asam folat yang sangat baik untuk tulang. Kandungan serat sawi juga tinggi, sehingga sangat baik untuk pencernaan.

 3. Kangkung

Kangkung hijau

id.wikipedia.org

Makan kangkung katanya bisa bikin ngantuk, tapi mungkin itu hanya mitos saja. Padahal kandungan di dalam kangkung sangat banyak seperti vitamin A, vitamin C yang cukup tinggi walaupun nggak sebanyak pada bayam dan singkong.

Vitamin B kompleks yang ada pada kangkung dapat meningkatkan hormon yang dapat menciptakan suasana nyaman, mungkin ini yang bikin kita jadi ngantuk. Mineral juga ditemukan dalam kangkung, meliputi kalium, fosfor dan kalsium.

Selain itu, ternyata ekstrak dari sayuran hijau yang satu ini dapat membantu menghambat penyerapan gula, sehingga cocok bagi penderita diabetes.

4. Timun

Timun hijau

exeterengineering.com

Timun sering kita gunakan untuk lalapan. Dalam timun, vitamin C nya cukup banyak, folat yang berfungsi mengurangi resiko penyakit jantung dan depresi pun juga lumayan banyak.

Selain itu, ada juga mangan, serat, magnesium, klorofil dan lutein. Selain timun dapat menjaga kesehatan penceernaan, dia juga dapat menyegarkan tubuh karena kandungan airnya yang banyak.

5. Seledri

Seledri hijau

kirei-pictures.blogspot.com

Seledri adalah sumber mineral, yaitu kalsium, zat besi, kalium. Selain mineral, seledri juga mengandung vitamin A dan C. Komponen aktif bernama phthalides dalam seledri berguna untuk menurunkan tekanan darah. Seledri juga memiliki komponen aktif lain yaitu coumarin dan acetylenics yang bisa mencegah perkembangan sel kanker.

6. Daun Singkong

Daun singkong hijau

puteriwidyasari.blogspot.com

Masakan padang pasti nggak lepas sama sayuran hijau yang satu ini, daun singkong. Daun singkong ini kalau dimasakan padang cuma direbus aja, yang bikin enak itu kuah dari masakannya, hmmm. Kandungan protein dan zat besi pada daun singkong muda cukup tinggi.

Selain itu terdapat juga vitamin A dan C. Jika dibandingkan dengan bayam, daun singkong memiliki kandungan zat besi yang setara. Bahkan, kandungan protein daun singkong empat kali lipat dan vitamin A dua kali lipat dari bayam.

7. Pare

Pare hijau

flickr.com

Pare ini merupakan sayuran yang rasanya pahit, tapi penggemarnya juga lumayan banyak. Pare mengandung serat yang tinggi, selain itu juga ada kalsium, kalium, zat besi, vitamin C dan vitamin A.

Manfaat dari pare ini sangat banyak, bisa menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah. Komponen aktif dalam pare dapat meningkatkan imunitas tubuh.

8. Brokoli

Brokoli hijau

pelangiflora.com

Brokoli ternyata berasal dari Italia, kandungan vitamin C di dalamnya sangat baik untuk tubuh kita. Nggak cuma kaya serat, vitamin, dan mineral saja, tapi brokoli juga mengandung antioksidan yaitu sulforaphane dan lutein yang baik untuk menurunkan risiko kanker. Brokoli juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

 9. Pak Choy

Bok Choy - Pak choy

magictower.com

Pak choy atau bok choy sering disebut sendok sup, mungkin karena bentuk daunnya yang mirip seperti sendok sup. Sayuran ini termasuk jenis kubis-kubisan yang kaya vitamin A, C, D dan folat.

Nggak cuma itu, pak coy ternyata juga banyak mengandung kalium yang baik untuk keseimbangan cairan di dalam tubuh dan untuk kesehatan jantung. Kandungan glucosinolates dalam pak choy berfungsi sebagai antioksidan  yang mampu mencegah kanker prostat dan payudara.

10. Buncis

Buncis hijau

dokterkamu.com

Kalau brokoli dari Itali, buncis berasal dari Peru. Buncis merupakan sayuran banyak mengandung vitamin A, C, dan K, serta mengandung folat, zat besi, kalium, mangan, dan serat.

Buncis juga baik untuk kesehatan jantung karena mengandung senyawa antioksidan. Serat yang terdapat pada buncis diperkirakan dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan reaksi inflamasi yang lain.

One Response

  1. ancus sinaga July 6, 2016

Leave a Reply