Jelly Art, Seni Menghias Pudding yang Cantik

Ada yang udah tau apa itu jelly art? Itu lho semacam puding yang ada bunga-bunga di dalamnya. Jelly art itu asalnya dari bahasa inggris bisa diartikan seni agar-agar atau agar-agar bergambar. Jelly art ini merupakan penemuan yang terbilang masih baru di dunia kuliner. Sekarang ini lagi negtren nih, mulai ramai diperbincangkan dikalangan jelly and pudding lovers sejak beberapa tahun terakhir. Kira-kira tahun 2013, jelly art mulai booming di Indonesia.

Jelly art asalnya dari Amerika Latin, di sana bahan yang digunakan untuk membuat makanan kenyal ini adalah gelatin, sehingga dinamakan gelatin art. Terus gelatin itu sebenernya apa dong? Gelatin adalah protein yang didapat dari hidrolisis kolagen. Nah, kolagen ini secara alami ada pada tulang atau kulit binatang, seperti sapi, ikan dan babi. Dipasaran, gelatin yang banyak dijual itu kalau nggak sapi ya babi.

Sebagai gambaran aja nih ya, gelatin yang didapat dari babi adalah gelatin yang paling banyak dipakai dalam industri pangan dan obat-obatan. Kok bisa gitu? Gelatin yang didapat dari hewan ini paling murah kalau dibandingin sama hewan lainnya. Di Amerika, gelatin sering digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan permen lunak, es krim, jeli, roti, susu formula, daging olahan serta minuman yang dicampur susu dan sup. Kalau di industri obat-obatan, gelatin ini dipakai sebagai salah satu bahan baku untuk membuat cangkang kapsul, vaksin, pil, pasta gigi, krim, sabun dan obat gosok.

Nah, karena di Indonesia itu mayoritas masyarakatnya beragama Islam, jadi perlu diperhitungkan tuh pemilihan gelatin yang halal. Kalau kamu mau beli gelatin, lihat dulu bahannya, dibuat dari sapi atau babi. Kalau mau aman, mending pakai jelly dari rumput laut, lebih aman tuh. Selain itu, jelly dari rumput laut ini kaya akan serat nabati yang baik buat kesehatan kamu.

Nah, jelly art sendiri terbilang makanan yang unik. Letak uniknya itu pada proses pembuatan hiasan di dalam jelly, caranya dengan menggunakan beberapa alat, salah satunya adalah suntikan. Ada juga yang cuma pakai jarum atau kalau mau lebih modal ya pakai alat khusus. Jadi, jelly-nya nanti ditusuk-tusuk gitu pakai alatnya.

Proses menghiasnya kalau dilihat memang cukup rumit. Kita harus menyuntikkan satu-persatu jelly dengan warna yang berbeda-beda. Nah, warna yang digunakan untuk membentuk hiasan yang indah merupakan campuran dari jelly, agar-agar dan susu UHT, ditambah dengan pewarna makanan. Pewarna makanan yang biasa digunakan seperti Cap K*pu-k*pu atau kalau mau yang mahal bisa pakai merk W*lton. Bentuk hiasan yang sering dibuat oleh para pencinta jelly art adalah aneka bunga, seperti mawar, krisan, lili. Ada juga bentuk lain seperti kupu-kupu, ikan koi, burung dan sebangsanya.

Kalau kamu pengen bikin jelly art, sebenernya nggak perlu ikut kursus pun bisa. Rajin-rajin aja cari di youtube tentang cara membuat jelly art, kalau nggak, cari di internet artikel-artikel yang membahas tentang cara membuat jelly art. Selain itu, yang paling penting adalah latihan, kalau kamu nggak pernah mencoba ya sama aja bohong tuh.

Selain tampilannya yang cantik, jelly art juga punya rasa yang unik. Bisa dijadikan sebagai hantaran lamaran atau nikahan, hidangan spesial di hari besar , kado istimewa, dan masih banyak lagi. Kalau kamu pengen ngasih hadiah untuk orang tercinta bisa coba buat jelly art ini. Tapi kalau masih belum bisa, sekarang udah banyak yang jual kok.

Kreasi Jelly Art yang Cantik

Kita lihat yuk beberapa kreasi jelly art yang cantik dan indah, bikin nggak tega kalau mau dimakan.

demediapustaka.com

demediapustaka.com

paulinscakescookies.wordpress.com

paulinscakescookies.wordpress.com

kuepekanbaru.com

kuepekanbaru.com

gitamicakes.blogspot.com

gitamicakes.blogspot.com

Leave a Reply