Jangan Menikah Kalau Kamu Masih Sibuk Mikirin 5 Hal Ini

Menikah itu sebenarnya bukan perkara yang sulit, tapi bukan juga perkara yang bisa dianggap sepele. Bukan perkara sulit karena kalau kamu mau menikah, cukup bawa syarat dan rukun nikah, langsung ke KUA, beres. Tapi nggak semudah itu juga.

Nikah juga jangan dianggap sepele karena ada banyak hal yang harus kamu persiapkan jika ingin menikah. Mulai dari kesiapan mental, finansial, sampai ilmu tentang keluarga dan parenting juga harus kamu kuasai.

Nah, zaman sekarang ini, ada banyak orang yang masih muda tapi sudah menggebu-gebu ingin segera menikah. Kalau dia mampu dan bisa menjalaninya sih fine-fine saja. Tapi kalau ternyata itu hanya nafsu belaka, celakalah kehidupan dia setelahnya.

Bisa jadi, setelah seseorang yang tanpa ada persiapan langsung menikah, dia akan kaget. Kaget dengan kehidupan setelah pernikahan, tidak tahu apa yang harus dilakukan, kurangnya rasa kepemiminan, dan masih banyak lagi hal yang di dalam dirinya nggak ada. Tentu, itu akan berakibat fatal dalam kehidupan rumah tangganya.

Ya, walaupun Allah sudah menjamin bahwa seseorang yang menikah itu akan dijamin setiap rizkinya, tapi apa iya kamu nggak melakukan persiapan dulu untuk menerima rizki itu?

Nah, buat kamu yang sudah ada keinginan menikah. Tunda dulu untuk menikah jika di dalam diri kamu masih memikirkan beberapa hal berikut.

1. Masih Egois dan Mementingkan Diri Sendiri

Kebebasan

recoverybytes.com

Menikah itu sudah bukan lagi tentang kamu, tapi itu tentang kamu dan pasangan kamu. Kamu nggak bisa selamanya egois dan hanya memikirkan kepentinganmu tanpa melihat sudah ada seorang pendamping dalam hidupmu.

Kamu perlu mempersiapkan hati untuk menerima seseorang yang akan menjadi pendampingmu kelak. Kesampingkan ego-mu dan mulailah berbagi, berbagi dalam segala hal. Sampai kamu tidak ada lagi rasa ingin menang sendiri karena semua yang kamu lakukan adalah untuk kepentingan bersama.

2. Desakan dari Orangtua

Netero Hunter x hunter

zerochan.net

Sebenarnya kamu masih belum ingin menikah atau masih ada hal lain yang membuatmu menunda untuk menikah. Tapi karena terlalu lama, akhirnya keluarlah pertanyaan “Kapan nikah?”.

Nah, kalau sudah begitu, kamu pasti tidak ingin membuat orangtua menjadi sedih karena kamu tidak kunjung menikah juga. Akhirnya, dengan terpaksa, kamu terima desakan orang tua dan menikah.

Kalau kamu menikah karena desakan dan keterpaksaan seperti itu, lebih baik jangan. Bisa jadi kamu akan sulit menerima pasangan yang tiba-tiba saja hadir di dalam hari-harimu karena kamu masih belum siap.

3. Hanya Melihat dari Penampilan

celana sobek

smartdetoxpusat.com

Jangan hanya memerhatikan penampilan saja saat kamu menentukan siapa yang akan mendampingi kamu. Penampilan itu bisa menipu kamu. Mungkin saja si dia mencoba mambaik-baikkan yang tampak, padahal yang tidak tampak itu juga harus kamu perhatikan.

Kalau kamu memerhatikan orang hanya dari kecantikannya saja, pastilah kecantikan itu akan luntur. Kalau dari kekayaan, bisa jadi suatu saat hartanya akan habis. Kalau melihat dari nasabnya, mungkin orang tua nya tidak akan ikhlas menikahkan anaknya denganmu.

Jadi, kalau kamu mau menentukan pasangan, jangan cuma lihat dari luarnya aja. Kamu bisa cari tahu tentang seperti apa dia dengan bertanya pada kerabat, atau mungkin teman terdekatnya.

4. Belum Menerima Kekurangan Si Dia

Kucing yang waspada

pixabay.com

Setiap orang pastilah nggak sempurna, pasti ada kurangnya lah, ya termasuk saya dan kamu. Ada hal di dalam diri ini yang kurang, dan itu ada pada setiap diri manusia.

Menjalin sebuah hubungan itu bukan perkara yang mudah, apalagi kalau kamu baru lihat calon pasangan kamu sekali dua kali saja. Dari pertemuan yang singkat pasti ada terbersit di dalam pikiran kita tentang kekurangan yang dimiliki calon pasangan.

Padahal, menjalin sebuah hubungan itu bukan perkara kita mencari orang yang sempurna. Tetapi, bagaimana kita dapat mencintai dia dengan sempurna sepenuh hati kita.

5. Penghasilan Masih Kurang

Uang segepok

bareksa.com

Hidup memang butuh uang, tapi bukan berarti kalau kamu nggak punya uang lantas nggak menikah. Janji Allah itu jelas, jika kita menikah maka akan dicukupkan rizki untuk kita. Jadi, masih mau mikir apalagi?

Kalau kamu udah punya penghasilan sendiri yang kira-kira cukup untuk hidup berdua. Menikahlah! Siapa tahu dengan kamu menikah, akan banyak rizki dari arah yang tidak terduga berdatangan kepada kamu.

Nah, mungkin itu beberapa pemikiran yang harus kamu hilangkan jika akan menikah. Persiapkan baik-baik sebelum kamu menikah, agar setelah menikah, kamu dikaruniai keluarga yang penuh barokah. Aamiin 🙂

Leave a Reply