Cara Merangkai Bunga yang Mudah, Murah, dan Indah

CARA MERANGKAI BUNGA – Merangkai bunga tentu saja dapat menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Selain dapat menghasilkan sebuah karya yang indah, merangkai bunga di dalam vas juga dapat dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu yang luang.

Tentu kamu pernah kan merasa, kok waktu selalu kosong nggak ada kerjaan. Apalagi pas liburan tuh, mau jalan-jalan males, giliran udah jalan malah kena macet. Nah, mending cari kegiatan yang asik tapi nggak usah keluar rumah tuh. Ya, salah satu kegiatannya adalah merangkai bunga.

Nah, buat kamu yang masih belum tau apa-apa tentang rangkai-merangkai bunga, berikut ini ada cara merangkai bunga yang bisa kamu coba.

1. Memilih dan Menyiapkan Bunga

Rangkaian Bunga yang indah

newflowerwallpaper.com

Sebelum kita mulai merangkai bunga, tentunya kita membutuhkan bunga yang akan dirangkai. Pilih bunga apa yang akan kamu rangkai, bisa bunga apa saja, menurut kesukaan kamu saja.

Setelah ada bunganya, potong bunga pada bagian daunnya. Hal ini dimaksudkan agar daun tidak mengotori air sehingga bunga bisa tetap segar. Selain itu, potong batang bagian bawah dengan cara memotongnya miring. Hal ini dimaksudkan agar bunga mendapatkan nutrisi yang cukup.

2. Menyiapkan Vas Bunga

macam-macam vas bunga

indiangiftsportals.wordpress.com

Vas bunga yang dipilih ini menyesuaikan dengan bunga yang dipilih lho. Kalau kamu memilih bunga yang ukurannya kecil, maka vas yang cocok adalah cas pendek dan agak besar. Tapi, kalau bunga yang kamu pilih berukuran besar, akan terlihat lebih indah menggunakan vas tinggi.

Tapi, kamu masih bisa mengatur bunganya kok, dengan memotong bunga yang batangnya panjang. Sesuaikan dengan kemauan kamu, agar nantinya rangkaian bunganya terlihat indah.

3. Bersihkan Vas Bunga

Cara merangkai bunga di dalam vas

thesimpleproof.com

Sebelum kamu merangkai bunga ke dalam vas bunga, pastikan vas yang kamu gunakan sudah bersih. Kamu dapat mencuci vasnya !menggunakan air saja, tapi pastikan benar-benar bersih ya.

Untuk mempercantik tampilan vas bunga, kamu yang menggunakan vas bunga kaca, bisa tambahkan pasir atau kerikil ke dalam vas. Selain untuk menguatkan bagian bawah bunga, cara ini dapat membuat tampilan rangkaian bunga kamu menjadi lebih menarik.

4. Mengisi Vas dengan Air

Segelas air putih

thousandechoes.com

Saat kamu mengisi air pada vas bunga, usahakan menggunakan air yang hangat atau paling tidak yang bersuhu kamar. Hal ini dilakukan agar bunga yang masih kuncup cepat mekarnya. Selain itu, agar bunganya terjaga kesegarannya dan juga tahan lama.

5. Merangkai Bunga

merangkai bunga dalam vas

anaturalnester.blogspot.com

Saat kamu merangkai bunga, usahakan bunga yang ukurannya lebih besar dan dominan kamu rangkai lebih dulu. Cobalah rangkai bunga dengan menatanya dari berbagai sudut yang berbeda. Atur tempat peletakan bungannya agar semua bunga terlihat indah dan rangkaiannya tampak seimbang.

Setelah bunga-bunga besar sudah kamu rangkai terlebih dahulu baru kemudian tambahkan bunga-bunga kecil. Setelah semua bunga kamu rangkai dengan rapi, barulah tambahkan dedaunan untuk mengisi ruang antar bunga. Dedaunan ini dapat mengisi ruang kosong sekaligus memberikan perpaduan warna yang indah.

Nah, itu tadi cara merangkai bugna yang bisa kamu coba. Jangan takut-takut untuk menuangkan kreativitasmu saat merangkai bunga. Coba saja semua jenis rangkaian bunga, sesuaikan juga dengan ruangan yang akan kamu letakkan rangkaian bunga tersebut. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply