Cara Menumbuhkan Brewok dan Jenggot Secara Alami

Ternyata ada cara menumbuhkan brewok dan jenggot secara alami. Menggunakan bahan alami seperti minyak kemiri, urang-aring dan lainnya.

Terus, kenapa mesti punya brewok atau jenggot?

Nah, punya brewok atau jenggot panjang itu idaman sebagian kaum lelaki. Nggak sedikit yang pengen punya brewok, jenggot ataupun jambang, tapi ternyata nggak tumbuh-tumbuh.

Laki-laki punya brewok itu kelihatan lebih keren, jadi wajar ada yang pengen numbuhin brewok. Tapi kalau dari bapak atau simbahnya ada keturunan ber-brewok atau berjonggot ya gampang aja. Nggak diapa-apain juga tumbuh sendiri tuh brewoknya.

Lha kalau yang nggak ada keturunan gimana dong?

Tenang-tenang, ternyata ada cara biar harapan kaum adam untuk punya brewok itu bisa terkabul. Ada resep yang sudah dari zaman dulu kala ada. Katanya sih bisa menumbuhkan brewok, jenggot maupun jambang. Dari pada makin penasaran, mending langsung disimak aja deh beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan brewok dan kawan-kawannya ini.

Minyak Kemiri

Minyak kemiri

caca.co.id

Menggunakan minyak kemiri unutk menyuburkan rambut ini sudah ada sejak zaman dulu lho. Minyak kemiri menjadi salah satu bahan tradisional yang dipercaya bisa menumbuhkan brewok atau jenggot. Selain itu, kamu juga nggak perlu sulit-sulit nyari minyak ini, di pasaran udah banyak yang jual.

Nah, cara pakai minyak kemiri gini nih. Pertama oleskan minyak ke daerah dagu, pipi dan juga leher, lalu diamkan kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Kamu harus rutin melakukan hal ini dua kali sehari, setelah dua minggu semoga sudah tampak hasilnya tuh.

Telur Udang

Telur udang

amplangudang.com

Kalau yang ini agak sedikit aneh nih caranya, pakai telur udang. Waktu kecil dulu juga pernak dikasih tau kalau pakai telur udang bisa numbuhin jambang.

Caranya alau kamu mau numbuhin brewok pakai telur udang, oleskan aja lendir dari telur udang ke daerah jenggot kamu setiap hari. Kalau bisa, telurnya yang masih ada di dalam ibu udang, biar masih fresh gitu telurnya. Lakukan rutin selama kurang lebih dua minggu, lalu lihat sendiri hasilnya.

Minyak urang-aring

Minyak urang aring

madisyak.blogspot.com

Dari zaman dulu, minyak urang-aring ini udah digunakan leluhur kita untuk mempercantik rambut. Nah, ternyata, selain baik buat rambut, minyak ini juga bisa membantu proses pertumbuhan brewok. Kalau mau cari minyak yang satu ini, kamu bisa cari di toko atau kalau nggak ke pasar tradisional.

Cara memakai minyak urang-aring gampang banget kok, cukup dioleskan aja secara merata ke tempat mau ditumbuhkan jenggot atau brewoknya. Kamu bisa mengoleskan minyak urang-aring ini sesering mungkin. Tapi, kalau kulit kamu sensitif, biasanya timbul gatal-gatal ketika kamu menggunakannya. Kalau gatal begitu, nggak usah digaruk, biasanya cuma bentar aja kok terasa gatalnya.

Mentega

Mentega

kellytoups.com

Sejak zaman dahulu, mentega ternyata sudah dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut-rambut halus, salah satunya adalah brewok. Mentega terbuat dari susu yang tentu memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Salah satu nutrisinya dapat membantu pertumbuhan brewok.

Kamu cukup mengoleskan mentega pada bagian yang akan ditumbuhkan brewoknya. Diamkan selama beberapa menit agar nutrisi dari mentega dapat diserap oleh rambut-rambut halus di janggut kamu. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari, usahakan dicoba setelah mandi ya. Jangan lupa bilas janggut kamu agar tidak dikerubuti semut.

Lidah Buaya

gel lidah buaya

1000macammanfaat.com

Lidah buaya sudah dipercaya dari dulu untuk merawat kesehatan rambut. Selain itu, ternyata aloevera atau lidah buaya ini juga dapat dijadikan bahan untuk menumbuhkan brewok kamu lho. Di dalam lidah buaya terdapat banyak jenis vitamin, yang tidak ada adalah vitamin D.

Untuk menggunakan lidah buaya ini, caranya gampang banget lho. Pertama ambil lidah buaya, lalu kupas dan cuci sampai bersih. Gosokkan lidah buaya yang sudah kamu kupas tadi ke daerah dimana brewok ingin kamu tumbuhkan.

Diamkan sampai mengering, kurang lebih satu jam, kemudian bilas menggunakan air bersih. Nah, kalau kamu ingin hasil yang maksimal, ulangi cara tersebut setiap hari ya.

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, ada juga lho cara menumbuhkan brewok yang bisa kamu coba.

Banyak Beraktivitas

perlombaan lari estafet anak

tkk2.bpkpenaburjakarta.or.id

Ada yang bilang, kalau brewok itu bisa tumbuh dengan cepat pada laki-laki yang tingkat hormon testosteronnya tinggi. Nah, meningkatkan hormon testosteron ini ternyata nggak sulit lho.

Menurut sebuah website bernama beard.org, cara untuk meningkatkan hormon testosteron adalah dengan senam kardio, sehingga badanmu akan berkeringan saat bergerak. Tinggal sabar menunggu deh, nanti brewok dan jambang akan tumbuh seiring dengan hormon testosteron yang meningkat.

Kamu juga bisa mengombinasikan cara ini dengan beberapa cara di atas agar hasilnya jadi lebih optimal. Mungkin kamu bisa menggunakan minyak kemiri sambil terus melakukan olahraga, siapa tau brewo kamu akan tumbuh lebih cepat.

Jangan Stres

Stres yang berlebihan tidak baik untuk tubuh

kipmi.or.id

Salah satu yang mendorong tumbuhnya brewok kan meningkatnya hormon testosteron tuh, Tapi, stres ini bisa menurunkan kadar hormon testosteron di dalam tubuhmu lho.

Hal ini bisa terjadi karena, ketika kamu stres, pembuluh darah akan menyempit, sehingga nutrisi untuk rambut pun juga akan berkurang. Tentu akan berakibat brewok atau jenggot akan sulit untuk tumbuh. Nah, ini berarti, ketika kamu stres, maka nutrisi untuk jenggot jadi berkurang. Jadi, kamu jangan terlalu stres ya.

Pijat Wajah

Ternyata, bukan cuma tubuh aja lho yang bisa dipijat, wajah pun juga bisa kamu pijat. Dengan pikatan di wajah laki-laki, akan merangsang pertumbuhan bulu pada wajah. Walaupun kelihatannya aneh, pijatan ringan di wajah ini bisa membantu menumbuhkan brewok lebih cepat.

Pijatan yang dilakukan adalah dengan menekan bagian wajah yang ingin ditumbuhi rambut, lakukan pijatan dengan lembut. Lakukan gerakan memutar pada bagian tadi selama 10-15 menit, sebanyak dua kali dalam satu hari.

Mengonsumsi Makanan Berprotein

Daging sapi segar

balletphilippines.org

Makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, ternyata juga bisa menjadi salah satu sebab jenggot kamu tumbuh dengan lebat lho. Makanan berprotein seperti ikan, daging, telur, atau kacang dapat meningkatkan pertumbuhan brewok dengan lebih cepat.

Tips Saat Menumbuhkan Brewok atau Jenggot

Nah, kalau kamu sudah melakukan cara-cara di atas, ada beberapa tips juga yang bisa kamu lakukan biar brewok atau jenggot kamu, nantinya tumbuh dengan lebat. Berikut ini tips yang bisa kamu ikuti dan tentu saja dipraktekkan.

1. Berhenti Merokok

Merokok itu memang nggak baik untuk tubuh, salah satu akibatnya adalah menyebabkan kerontokan rambut. Nikotin yang ada di dalam rokok, ternyata dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Zat yang berbahaya ini akan menghalangi aliran darah dan bahkan bisa sampai menyumbat pembuluh darah.

2. Managemen Stres

Buat dirimu rileks dan jangan terlalu stres karena brewok kamu nantinya akan tumbuh lebih cepat jika tubuh terasa rileks.

3. Tidur Cukup

Ketika kita tidur, sebenarnya tubuh sedang menjalankan peranannya untuk memperbaiki dirinya sendiri. Tidur dapat membantu tubuh kita memperbaiki sel kulit yang rusak dan juga membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih baik.

4. Mengonsumsi Vitamin dan Mineral

Untuk asupan gizi lainnya, kamu juga membutuhkan vitamin dan mineral. Dengan asupan vitamin dan mineral tertentu, jenggot kamu dapat tumbuh dengan lebih cepat. Contoh vitamin yang bisa kamu konsumsi adalah vitamin A, B, C, dan E. Nah, kamu cukup mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin-vitamin tersebut.

5. Menjaga Kebersihan Kulit

Kulit yang bersih, tentu akan membantu rambut-rambut halus pada wajah, tumbuh dengan baik. Selalu cuci muka saat pagi hari dah malam sebelum tidur.

6. Jaga Kelembaban Kulit

Dengan menjaga kelembaban kulit, maka kamu juga akan memberikan kondisi yang baik bagi rambut agar bisa tumbuh lebih cepat. Gunakan pelembab yang di dalamnya mengandung minyak eucalyptus, yang dikenal juga dapat menyuburkan rambut.

7. Konsumsi Buah dan Sayur

Seperti tubuh, rambut juga nggak akan tumbuh dengan baik jika kekurangan asupan gizi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan gizi berupa vitamin dan mineral, konsumsilah sayuran dan buah.

8. Minum Air Putih yang Cukup

Dengan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh dalam satu hari, maka akan mengoptimalkan metabolisme tubuh termasuk pertumbuhan rambut yang lebih cepat.

11. Angkat sel kulit mati

Sel kulit mati pada wajah ternyata dapat menghalangi pertumbuhan rambut lho. Nah, dengan mengangkat sel kulit mati, maka pertumbuhan brewok atau jenggot kamu akan menjadi lebih cepat.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menumbuhkan brewok maupun jenggot. Tapi ingat ya, brewok kan biasanya ada karena faktor keturunan, jadi setelah melakukan cara-cara di atas, kamu berdoa yang banyak. Semoga Alloh menumbuhkan jenggot kamu, insyaaAlloh dikabulkan, aamiin.

Leave a Reply