Cara Membuat Kimchi Sederhana di Rumah

RESEP KIMCHI – Apakah kamu penyuka yang berbau Korea Korea gitu? Suka sama boy band Korea? Atau mungkin gaya berpakaiannya? Kalau kamu suka sama yang berbau Korea, kurang lengkap deh kalau nggak nyobain makanan khas Korea.

Sebenernya ada banyak makanan khas Korea, misalnya kayak bulgogi, teokbokki, kimchi dan kawan-kawannya. Kalau kamu emang suka sama Korea, harusnya cobain juga tuh makanan dari sana. Nyari menu Korea juga nggak sulit kok, sekarang udah banyak restoran yang menyajikan menu khusus Korea.

Tapi, buat kamu yang berkantong tipis mending coba bikin aja sendiri di rumah. Nah, karena yang paling umum dari makanan Korea itu kimchi, mending kamu bikin makanan yang satu ini aja.

Kimchi ini merupakan salah satu makanan khas Korea yang membuatnya dengan cara difermentasi. Rasanya agak asam karena hasil fermentasi, tapi enak kok, asam-asam sedap gitu. Kimchi juga terbuat dari sayuran, jadi pastilah gizinya baik buat tubuh kamu.

Kalau di negara asalnya, biasanya kimchi disantap saat musim dingin. Orang Korea kadang membeli di pasar untuk persediaan kimchi saat musim dingin. Tapi ada juga yang membuat sendiri dirumah, selain lebih murah, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit kok.

Mending kamu juga siap-siap buat beli bahan karena kita sekarang mau bikin kimchi. Tapi siapin dulu catatan kalau nggak ya bawa smartphone dan tetep stay di sini.

Bahan

  • 1 buah sawi putih ukuran besar
  • 1/2 batang lobak putih yang sudah diiris memanjang
  • 4 batang daun bawang yang sudah diiris
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 ruas jahe yang sudah dihaluskan
  • 6 sdm bubuk cabe, kalau ada ya pakai bubuk cabe Korea
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 gelas garam kasar
  • 2 sdm saus ikan, kalau ada ya saus ikan dari Korea
  • Air secukupnya
Bumbu kimchi

koreanbapsang.com

Cara Membuat Kimchi

  1. Cuci sawi hingga bersih sampai ke dalam-dalamnya, sisihkan.
  2. Tuang 1/2 gelas garam kasar kedalam wadah yang berisi air.
  3. Masukkan sawi ke dalam wadah tersebut, rendam dan biarkan selama kurang lebih 6 jam.
  4. Setelah 6 jam, cuci kembali sawi sampai ke dalam-dalamnya. Kalau mau dipotong jadi dua bagian juga boleh, sisihkan.
  5. Siapkan bumbu, campurkan bawang putih, jahe, daun bawang, lobak, saus ikan, gula, bubuk cabe dan sedikit garam.
  6. Balurkan bumbu secara merata ke sawi, usahakan sampai ke dalam-dalamnya, semua permukaan sawi terkena bumbunya. Saat membaluri sawi agak sedikit diremas-remas agar bumbunya meresap.
  7. Taruh sawi yang sudah dibumbui kedalam wadah yang tertutup rapat, kalau ada toples kaca lebih bagus.
  8. Diamkan selama dua hari untuk proses fermentasinya.
  9. Setelah dua hari, kimchi siap untuk disajikan.

Nah, itu tadi cara membuat kimchi sendiri. Kamu bisa mencobanya di rumah atau mungkin di tentangga, selamat mencoba.

Leave a Reply