Cara Membuat Kimchi Sederhana di Rumah

RESEP KIMCHI HALAL – Apakah kamu penyuka yang berbau Korea Korea gitu? Suka sama boy band Korea? Atau mungkin gaya berpakaiannya? Kalau kamu suka sama yang berbau Korea, kurang lengkap deh kalau nggak nyobain makanan khas Korea.

Sebenernya ada banyak makanan khas Korea, misalnya kayak bulgogi, teokbokki, kimchi dan kawan-kawannya. Kalau kamu emang suka sama Korea, harusnya cobain juga tuh makanan dari sana. Nyari menu Korea juga nggak sulit kok, sekarang udah banyak restoran yang menyajikan menu khusus Korea.

Tapi, buat kamu yang berkantong tipis mending coba bikin aja sendiri di rumah. Nah, karena yang paling umum dari makanan Korea itu kimchi, mending kamu bikin makanan yang satu ini aja.

Kimchi ini merupakan salah satu makanan khas Korea yang membuatnya dengan cara difermentasi. Rasanya agak asam karena hasil fermentasi, tapi enak kok, asam-asam sedap gitu. Kimchi juga terbuat dari sayuran, jadi pastilah gizinya baik buat tubuh kamu.

Kalau di negara asalnya, biasanya kimchi disantap saat musim dingin. Orang Korea kadang membeli di pasar untuk persediaan kimchi saat musim dingin. Tapi ada juga yang membuat sendiri dirumah, selain lebih murah, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit kok.

Mending kamu juga siap-siap buat beli bahan karena kita sekarang mau bikin kimchi. Tapi siapin dulu catatan kalau nggak ya bawa smartphone dan tetep stay di sini.

Bahan

  • 1 buah sawi putih ukuran besar
  • 1/2 batang lobak putih yang sudah diiris memanjang
  • 4 batang daun bawang yang sudah diiris
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 1 ruas jahe yang sudah dihaluskan
  • 6 sdm bubuk cabe, kalau ada ya pakai bubuk cabe Korea
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 gelas garam kasar
  • 2 sdm saus ikan, kalau ada ya saus ikan dari Korea
  • Air secukupnya
Bumbu kimchi

koreanbapsang.com

Cara Membuat Kimchi

  1. Cuci sawi hingga bersih sampai ke dalam-dalamnya, sisihkan.
  2. Tuang 1/2 gelas garam kasar kedalam wadah yang berisi air.
  3. Masukkan sawi ke dalam wadah tersebut, rendam dan biarkan selama kurang lebih 6 jam.
  4. Setelah 6 jam, cuci kembali sawi sampai ke dalam-dalamnya. Kalau mau dipotong jadi dua bagian juga boleh, sisihkan.
  5. Siapkan bumbu, campurkan bawang putih, jahe, daun bawang, lobak, saus ikan, gula, bubuk cabe dan sedikit garam.
  6. Balurkan bumbu secara merata ke sawi, usahakan sampai ke dalam-dalamnya, semua permukaan sawi terkena bumbunya. Saat membaluri sawi agak sedikit diremas-remas agar bumbunya meresap.
  7. Taruh sawi yang sudah dibumbui kedalam wadah yang tertutup rapat, kalau ada toples kaca lebih bagus.
  8. Diamkan selama dua hari untuk proses fermentasinya.
  9. Setelah dua hari, kimchi siap untuk disajikan.

Nah, itu tadi cara membuat kimchi sendiri. Kamu bisa mencobanya di rumah atau mungkin di tetangga, selamat mencoba.

Resep Olahan Kimchi

Setelah kamu berhasil membuat kimchi, sekarang mending kita buat olahan yang bahannya juga menggunakan kimchi yuk.

1. Nasi Goreng Kimchi

Nasi Goreng Kimchi

recipeshubs.com

Resep yang pertama adalah nasi goreng kimchi,  menu ini kalau di Korea bernama kimchi bokkeumbap. Nasi goreng kimchi merupakan makanan khas Korea sederhana yang biasa disajikan di rumah.

Tapi, kalau kamu ke rumah makan yang menjual berbagai jenis masakan Korea, menu ini biasanya juga akan ada di sana.

Dari pada makanan di restoran yang lumayan nguras kocek kita, gimana kalau bikin sendiri aja? Sekalian eksperimen dan melatih skill kamu memasak, siapa tahu hasilnya memuaskan. Bisa dikasih juga ke si dia biar makin cinta. 🙂

Bahan Nasi Goreng Kimchi

  • 1 cangkir kimchi yang sudah ditiriskan dan dipotong sesuai selera
  • 1/2 buah bawang bombay yang sudah dicincang halus
  • 1 siung bawang putih yang sudah dicincang halus
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan mentega atau margarin
  • Daging sapi atau sosis sapi yang sudah diiris tipis
  • 3 piring nasi putih
  • 3 butir telur ayam yang sudah digoreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Kimchi

  1. Tumis daging sapi atau sosis, setelah itu singkirkan. Tapi, kamu juga bisa nggak pakai daging atau sosis, sesuai selera aja.
  2. Tumis kimchi bersama dengan bawang bombay di atas wajan yang sudah diolesi dengan mentega. Tumisnya pakai api kecil ya, sampai tercium bau wangi.
  3. Setelah tercium bau wangi dan sayuran mulai tampak layu, tambahkan 1/2 sendok makan mentega, bawang putih, dan kecap manis. Tumis lagi selama kurang lebih 3 menit.
  4. Masukkan daging sapi yang sudah ditumis sebelumnya, tumis kembali sampai daging benar-benar matang.
  5. Setelah itu, matikan api, dan biarkan masakannya tetap di atas kompor.
  6. Masukkan nasi dan sisa mentega yang sudah disiapkan ke dalam kimchi yang sudah dimasak dengan bahan lainnya. Aduk sampai semua bahan tercampur dengan rata, jangan lupa tambahkan garam dan aduk lagi.
  7. Nasi goreng kimchi siap disajikan bersama dengan telur goreng.

Nah, itu tadi resep nasi goreng kimchi sederhana yang bisa kamu coba buat sendiri. Kamu bisa menikmati nasi goreng ini dengan kerupuk, maklum orang Indonesia, hehe.

2. Sup Kimchi

Sup Kimchi

maangchi.com

Sup kimchi atau kimchi soup ini, di negara asalnya, Korea Selatan, biasa dikenal dengan nama kimchi guk. Menu ini sangat enak jika disantap saat cuaca dingin karena sup kimchi paling enak dimakan hangat-hangat.

Bahan Sup Kimchi

  • 2 cangkir kimchi yang sudah dipotong kecil-kecil
  • 1,5 cangkir daging sapi yang sudah dipotong kecil-kecil
  • 2 sendok makan pasta cabe atau nama Korea-nya gochujang
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 cangkir air
  • 2 batang daun bawang yang sudah dipotong kasar
  • 200 gram tahu putih yang sudah dipotong dadu

Cara Membuat Sup Kimchi

  1. Setelah semua bahan siap, campurkan kimchi bersama dengan airnya, pasta cabe, daging sapi, dan gula pasir ke dalam panci. Setelah semua tercampur rata,tutup panci dan masak sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih, masukkan tahu putih dan masak kembali sekitar 10 menit di atas api kecil.
  3. Setelah 1- menit, tambahkan daun bawang, diamkan sebentar, lalu matikan api.
  4. Sup kimchi siap dihidangkan.

Itu tadi resep sup kimchi yang bisa kamu coba. Sup kimchi ini paling enak dimakan bersama dengan nasi hangat.

Leave a Reply