Cara Membuat Ketupat yang Legit, Enak, Mudah, dan Tahan Lama

Resep membuat ketupat yang biasa mungkin kita sudah tahu dan sering mempraktikkannya. Tapi, kadang ketupat yang dibuat itu tidak tahan lama, kurang padat, bahkan bisa tidak jadi. Padahal kita sudah mengikuti semua langkah yang ada di dalam buku atau menurut apa yang dikatakan orang tua dulu.

Yah, membuat ketupat itu memang perlu ketelitian dan kebiasaan sih, agar menghasilkan ketupat yang legit dan dapat tahan lama tidak cepat basi. Apalagi kan ketupat biasanya digunakan sehari setelah kita memasak, saat atau minimal setengah hari.

Kenapa begitu? Digunakannya setengah hari atau sehari setelah dimasak?

Ketika kita memasak ketupat, biasanya kan digunakan saat lebaran, ketika kita telah melaksanakan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Nah, ketika sore hari atau malam sebelum lebaran, tentu kita mempersiapkan hari esok. Nggak mungkin kan nyiapin ketupatnya setelah shalat Ied? Keburu laper dong keluarga kita nantinya.

Dengan penyimpanan yang cukup lama, minimal 12 jam, tentu membutuhkan ketupat yang bisa tahan paling tidak 2 hari. Biar kita nggak kecewa karena ketupatnya basi ketika mau dimakan.

Selain ketupat yang diinginkan adalah ketahanannya, bentuk ketupat yang padat juga menjadi hasil yang diharapkan. Kenapa ketupat yang padat? Karena, ketika kita makan ketupat, tentu menggunakan opor ayam dan teman-temannya. Makan opor ayam itu, enaknya pakai ketupat padat, bukan yang lembek.

Ketupat lembek, bisa jadi karena pengisian selongsong ketupat yang tidak pas takarannya. Selain itu, ternyata kualitas beras, janur yang digunakan sebagai selongsong, dan juga perebusan ketupat juga menjadi faktor hasil dari memasak ketupat. Untuk membuat ketupat yang enak dan baik, pilihlah jenis beras yang pulen dan berkualitas tinggi.

Selain beras, pilihlah selongsong atau kulit ketupat yang kualitasnya baik juga. Jika kamu membeli selongsong ketupat, pilihlah yang rapat dan memiliki bentuk bagus. Jangan membeli selongsong yang sudah mulai kering, belilah yang janurnya masih baru. Atau, kamu bisa membeli janur dan membuat selongsongnya sendiri, nanti kita coba buat bersama ya. 🙂

Resep Membuat Ketupat Legit dan Tahan Lama

Mengisi Selongsong Ketupat

masakanpraktisrumahan.com

Bahan Ketupat

  • Selongsong atau anyaman ketupat secukupnya
  • Beras yang menghasilkan nasi pulen secukupnya

Cara Membuat

  1. Pertama, rendam terlebih dahulu selongsong ketupat selama kurang lebih 1 jam, agar janur atau daun kelapanya tidak mudah patah.
  2. Sambil menunggu, kita bisa mencuci beras sampai bersih kemudian tiriskan. Kamu dapat menambahkan air kapur sirih ketika mencuci beras agar mendapatkan hasil yang lebih baik.
  3. Jika kamu menggunakan 1 liter beras, kira-kira membutuhkan sekitar 10 selongsong ketupat.
  4. Setelah itu, isi beras ke dalam selongsong ketupat sebanyak 3/4 tinggi selongsongnya.
  5. Setelah semua terisi, rebus selama 4-5 jam.
  6. Jika sudah matang, angkat ketupat dan gantung agar air tiris.
  7. Ketupat siap disantap bersama opor ayam yang lezat.

Sebelum memasak ketupat, pastikan kita menggunakan kompor gas yg gas-nya masih banyak. Karena, memasak ketupat membutuhkan waktu yang cukup lama. Jaga-jaga kalau di tengah memasak, gas malah habis, kan repot juga nantinya.

Setelah tahu cara membuat ketupat, sekarang kita akan belajar bagaimana membuat selongsong atau bungkus ketupatnya.

Cara Membuat Selongsong atau Bungkus Ketupat

Membuat Selongsong Ketupat

desnantara.blogspot.co.id

Bahan Selongsong Ketupat

  • Daun Kelapa yang masih mudah berwarna hijau muda atau biasa disebut janur
  • Pisau tajam

Cara Membuat

  1. Ambil janur yang masih segar, kemudian hilangkan bagian keras atau tulang daunnya.
  2. Ambil satu helai janur, posisikan pangkal janur di bagian atas, lalu lilitkan di tangan kiri sebanyak 3 kali dengan posisi janur bagian bawah menghadap ke atas.
  3. Lalu ambil satu helai lagi, posisikan pangkal daun di bagian bawah, lalu lilitkan pada tangan kanan sebanyak 3 kali juga.
  4. Kemudian, janur yang ada di tangan kanan, masukkan ke janur di tangan kiri secara berselingan seperti membuat anyaman.
  5. Pertama, masukkan janur di tangan kanan ke atas janur di tangan kiri, lalu ke bawah, dan atas kembali.
  6. Lakukan terus sampai lilitan ketiga membentuk anyaman dan ujung janur bertemu di atas.
  7. Tarik dan rapikan secara perlahan sampai janur terbentuk seperti ketupat.

Pastinya kamu bingung kan membaca langkah pembuatan di atas? Lebih baik langsung saja lihat video di bawah ini untuk jelasnya. Jangan lupa, siapkan dulu janurnya, jadi bisa sekalian praktik deh.

Selamat mencoba membuat ketupat yang enak 🙂

Leave a Reply