Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Kertas Koran Bekas yang Mudah

Kerajinan tangan dari barang bekas memang banyak jenisnya, mulai dari yang menggunakan botol sampai ada juga yang pakai sedotan. Tergantung kreativitas masing-masing pembuatnya untuk mengreasikannya menjadi berbagai barang atau kerajinan yang memiliki nilai yang lebih dibandingkan dengan sebelum dibuat produk karya seni.

Kalai ngomongin soal kerajinan tangan dari barang bekas, tentu kamu semua sudah tahu bahwa di Indonesia ini masih banyak barang bekas yang tidak termanfaatkan, salah satu contohnya adalah kertas koran.

Mungkin di rumahmu langganan koran setiap hari, tapi setelah dibaca sampai habis hari itu, koran hanya akan ditumpuk dan nantinya dijual kiloan saja. Padahal kalau kamu mau berkreasi, kertas koran bisa diubah menjadi berbagai macam kerajinan tangan yang unik lho.

Berikut ini kita akan membuat tempat pensil dari kertas koran bekas. Kamu sebaiknya menyiapkan alat tulis dan catat alat dan bahannya. Kalau nggak, ya besok tinggal berkunjung lagi ke sini buat melihat bagaimana proses pembuatan tempat pensilnya.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan untuk membuat kerajinan tangan dari koran bekas

youtube.com

Sebelum memulai membuat tempat pensil, kamu harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan.

  • Koran bekas
  • Lem kertas
  • Lem tembak
  • Kardus bekas
  • Lidi
  • Gunting

Cara Membuat Tempat Pensil

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, sekarang tinggal ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Memotong Kertas Koran

Memotong kertas koran atau majalah

youtube.com

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memotong kertas koran dengan lebar sekitar 10-15 cm. Kamu juga dapat menggunakan kertas majalah bekas atau kartas HVS yang sudah tidak terpakai.

Menggunting kerdus untuk membuat tempat pensil dari koran bekas

youtube.com

Selain memotong koran bekas, potong juga kardus bekas yang sudah disiapkan. Kamu bisa memotongnya dengan ukuran bebas, tergantung tempat pensil yang akan dibuat. Misalnya saja kamu bisa memotong kardus bekas dengan ukuran 10×10 cm. Kardus ini nantinya akan dijadikan sebagai alas dari tempat pensil yang akan kita buat.

2. Menyambung Kertas Koran

Tahap menyatukan kertas untuk membuat tempat pensil dari koran bekas

youtube.com

Setelah memotong kertas koran, langkah selanjutnya menyambung koran tersebut. Kalau misalnya koran yang kamu gunakan sudah cukup panjang, maka tidak usah disambung lagi. Karena ini contohnya menggunakan kertas majalah bekas, maka perlu kita sambung agar hasilnya cukup panjang.

3. Menggulung Kertas Koran

Membuat tempat pensil tahapan menggulung kertas

youtube.com

Langkah selanjutnya adalah menggulung kertas koran dengan bantuan lidi. Setelah kamu selesai menggunting kertas koran dengan lebar yang sama, sekarang gulunglah kertas tersebut. Gulung dari bagian pojok serong sampai ujung kertas koran.

Setelah digulung sampai ujung, jangan lupa lem menggunakan lem kertas agar gulungannya tidak lepas. Setelah merekat dengan sempurna, ambil lidi dari tengah gulungan. Lakukan tahapan ini sampai kertas koran yang sudah kamu potong habis dan menjadi gulungan semua.

4. Membuat Alas Tempat Pensil

Membuat alat untuk tempat pensil

youtube.com

Setelah kamu membuat gulungan kertas yang banyak, langkah selanjutnya adalah membuat alas untuk tempat pensilnya. Siapkan kardus yang sudah dipotong tadi, kemudian lapisi dengan koran agar tempat pensil nantinya terlihat seragam.

Setelah dilapisi, tempelkan satu gulungan kertas koran di pojokan kardus, tempelkan ujungnya saja ya. Kamu bisa menggunakan lem tembak atau lem yang bisa merekatkan gulungan koran tersebut dengan kuat.

5. Menganyam Gulungan Koran

Menganyam bentuk tempat pensil

youtube.com

Setelah setiap pojokan dari kardus sudah kamu tempelkan gulungan, saatnya untuk menganyam agar bentuknya menjadi tempat pensil.

Pertama kamu ambil salah satu gulungan yang menempel, kemudian lipat ke arah pojokan kardus lainnya. Setelah itu lakukan hal yang sama pada gulungan yang ditempel pada kardus. Lakukan terus sampai gulungan menjadi anyaman.

Menganyam gulungan koran untuk jadi tempat pensil

youtube.com

Jika gulungan tidak cukup panjang, kamu tinggal menyambungkan gulungan lainnya dengan cara memasukkannya pada gulungan yang sedang dianyam.

6. Tempat Pensil dari Koran Bekas

Tempat pensil jadi

youtube.com

Setelah anyamannya selesai kamu buat, terakhir tinggal kamu kunci saja anyaman tersebut. Kamu bisa merekatkannya menggunakan lem tembak atau dengan menyelipkan gulungan korannya.

Nah, biar kamu nggak bingung bagaimana membuat kerajinan tempat pensil ini, coba lihat video berikut ini.

Bagaimana? Mudah bukan membuatnya? Kamu bisa mencoba berbagai macam bentuk kerajinan tangan dari koran bekas lho. Tentu bukan hanya tempat pensil saja, masih banyak karya yang bisa kamu buat dengan hanya menggunakan koran bekas.

One Response

  1. rizal fatahillah December 6, 2017

Leave a Reply