Cara Membuat Jamu Kunyit Asam yang Mudah dan Sederhana

Kamu tahu yang namanya jamu? Itu lho, minuman tradisional Indonesia yang dipercaya memiliki banyak khasiat. Jika kamu minum jamu, kamu akan mendapatkan manfaat, selain badan jadi segar tubuh juga lebih bugar.

Nah, salah satu jamu yang terkenal adalah jamu kunyit asam. Selain rasanya yang cukup enak dan segar, ternyata membuat jamu kunyit asam tidaklah sulit lho. Bahkan bisa dibilang mudah, bahan yang di butuhkan hampir semuanya bisa kamu temui di sekeliling rumah.

Kamu penasaran bagaimana cara membuat jamu kunyit asam atau bisa juga disebut jamu kunir asem ini? Langsung saja kita lihat resepnya di bawah ini.

Bahan Jamu Kunyit Asam

  • 1/2 kg kunyit yang sudah tua
  • 1/2 kg asam jawa
  • 1/4 kg gula jawa atau gula aren
  • 2 liter air yang sudah matang
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

  1. Cuci dan bersihkan kunyit dari kotoran yang menempel. Kemudian tumbuk atau parut sampai halus, peras dan ambil sarinya.
  2. Rebus sari kunyit, air, asam jawa dan gula aren sampai cukup panas tapi belum mendidih. Masukkan garam dan aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Setelah mendidih, matikan api dan saring jamu agar ampasnya tidak ikut.
  4. Jamu kunyit asam siap disajikan.

Nah, itu tadi cara membuat jamu kunyit asam. Kamu bisa menikmatinya dengan menambahkan es batu agar lebih segar. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply