Cara Membuat Grontol Jagung Gurih dan Manis

Grontol jagung adalah makanan tradisional yang terbuat dari jagung dengan campuran kelapa parut. Makanan ini mungkin buat anak-anak di zaman sekarang sudah asing atau bahkan tidak pernah merasakannya. Padahal rasanya enak, gurih, dan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Tapi, saat ini ada makanan lain yang lebih populer dari pada grontol jagung, biasanya dijual di moll gitu. Bahannya sama, jagung manis yang dipipil, kemudian ditambahkan topping di atasnya. Ada keju, margarin, susu kental manis, atau saus sambal kalau ada yang suka pedas.

Nah, anak-anak sekarang justru lebih mengenal makanan yang dijual di moll-moll tersebut dari pada grontol jagung. Padahal grontol ini merupakan makanan khas tradisional Indonesia lho. Yah, hal itu terjadi mungkin karena kita sulit menemukan grontol.

Biasanya, kalau mau menikmati makanan yang terbuat dari jagung ini, kita harus mencarinya di pasar tradisional. Nah, padahal anak-anak muda sekarang jarang yang pergi ke pasar. Kebanyakan jalan-jalannya ke moll sambil nongkrong.

Buat kamu yang penasaran dengan yang namanya grontol jagung, bagaimana kalau bikin sendiri saja? Selain kita bisa melestarikan makanan tradisional, kita juga bisa mengenalkan grontol pada anak kecil yang ada di sekitar kita.

1. Resep Grontol Jagung Manis Gurih

Siapkan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan.

Bahan untuk Membuat Grontol Jagung Gurih

  • 1 kg jagung manis yang sudah dipipil terlebih dahulu
  • 1/2 sendok makan kapur sirih
  • 1/2 butir kelapa sedang yang sudah tambahkan sedikit garam dan dikukus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Grontol Jagung Gurih

  1. Cuci jagung sampai bersih, kemudian rebus bersama dengan kapur sirih sampai jagung sedikit merekah. Angkat jagung lalu buang air rebusan dan cuci sampai bersih.
  2. Tambahkan air dan rebus kembali sampai jagung merekah dengan sempurna. Setelah merekah sempurna, matikan kompor dan diamkan dalam panci.
  3. Siapkan wadah, ambil beberapa sendok jagung, tambahkan kelapa parut, lalu campur sampai rata.
  4. Grontol jagung siap disajikan.

2. Resep Grontol Jagung Manis

Grontol Jagung Manis

instagram.com

Bahan untuk Membuat Grontol Jaung Daun Pandan

  • 200 gram jagung kering yang sudah dipipil
  • 1/2 buah kelapa muda yang sudah diparut
  • 1 liter air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Grontol Jagung Manis

  1. Cuci terlebih dahulu jagung sampai bersih, lalu rendam sampai terendam semua selama satu malam.
  2. Siapkan panci presto, masak jagung bersama dengan air dan garam. Masak selama 30 menit dan biarkan di dalam presto sampai hilang tekanannya. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Campur kelapa parut, garam, dan daun pandan, kemudian kukus selama 15 menit. Setelah itu angkat dan sisihkan.
  4. Campurkan jagung bersama dengan kelapa parut dan gula pasir.
  5. Grontol jagung manis siap disajikan.

Nah, itu dia resepnya, kamu bisa menambahkan topping di atas grontol yang sudah dibuat seperti yang ada di moll-moll itu. Tapi, mending nggak usah ditambahin topping gitu sih, biar rasa tradisionalnya itu masih ada. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply