Cara Membuat Es Krim Enak, Lembut dan Dingin

Siapa sih yang nggak suka sama es krim? Hampir semua orang suka, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Kamu tentu juga suka kan?

Nah, ternyata bikin es krim sendiri itu nggak sulit, resepnya mudah dicari dan bahannya gampang banget dibeli. Kamu bisa bereksperimen sendiri di rumah untuk membuat es krim yang lembut, padat dan tentu saja enak.

Nggak perlu bikin es krim yang sulit-sulit dulu deh, cukup yang sederhana dan simple aja. Buat percobaan dulu, kan nggak rugi juga tuh. Kalau hasilnya enak ya alhamdulillah, tinggal ditingkatkan aja tuh.

Tapi kalau hasilnya kurang bagus, ya setidaknya bahan yang dipakai masih yang simple dan kita juga belajar apa saja kesalahan yang bikin es krimnya jadi gagal.

Nah, berikut ini ada resep es krim sederhana yang bisa kamu cobain di rumah. Seperti biasa, siapkan catetan dan segera bergegas cari bahannya ya.

1. Es Krim Vanila Enak

es krim vanila

annaskyline.wordpress.com

Resep pertama yang akan kita buat adalah es krim rasa vanila. Es krim yang satu ini banyak banget yang bikin, bahkan sudah mainstream. Kamu juga bisa lho mencobanya sendiri di rumah, berikut ini bahan-bahan dan cara membuatnya.

Bahan Es Krim Vanila Enak

  • 2 kaleng susu kental manis putih
  • 4 gelas susu cair
  • 2 putih telur
  • 2 sdt maizena
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 2 sdm gula pasir

Bahan Tambahan Es Krim Vanila Enak

  • Buah-buahan
  • Cokelat
  • Kismis
  • Kacang

Cara Membuat Es Krim Vanila Enak

  1. Campurkan gula, putih telur dan vanili bubuk. Kocok dengan menggunakan mixer sampai berwarna putih dan mengembang.
  2. Panaskan susu kental manis, susu cair dan air sambil terus diaduk. Tambahkan cairkan maizena ke dalam campuran susu sambil terus diaduk.
  3. Sambil terus diaduk, angkat campuran tadi dari atas api. Masukkan campuran gula, putih telur dan vanili bubuk.
  4. Rebus kembali campuran tersebut sambil terus diaduk sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih, angkat larutan campuran dan aduk terus sampai agak dingin agar susu tidak menggumpal.
  6. Setelah dingin, tambahkan bahan tambahan dan aduk sampai semua tercampur rata.
  7. Masukan ke dalam freezer dan tunggu sampai es krim benar-benar jadi.
  8. Es krim vanila enak siap disajikan.

2. Es Krim Vanila Simple

vanilla es krim

notacook.com

Buat kamu yang nggak mau ribet, buat aja nih es krim vanila yang mudah dibuat. Nggak perlu beli es krim siap buat, tapi kreasikan sendiri bahan-bahan yang kamu butuhkan.

Bahan Es Krim Vanila Simple

  • 1 kaleng susu kental manis rasa vanila
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sdm maizena
  • 1 sdm SP
  • 1/2 sdt essen vanila
  • 2 kaleng air, gunakan kaleng bekas susu cair untuk mengukurnya
  • Pasta makanan, bisa gunakan pasta coklat atau pasta strowberi

Cara Membuat Es Krim Vanila Simple

  1. Campur susu kental manis, air, maizena dan telur, aduk menggunakan mixer sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Masak campuran tersebut sampai keluar gelembung, setelah itu matikan kompor, dinginkan dan masukkan kedalam freezer selama 6 jam.
  3. Setelah 6 jam, keluarkan es krim dan mixer kembali selama 10 menit. Tambahkan masukkan SP yang sudah diencerkan dan essen vanila. Aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata, kemudian masukkan kembali ke dalam freezer selama 6 jam.
  4. Setelah 6 jam, mixer kembali ke krim dan tambahkan pasta makanan sesuai selera. Setelah itu masukkan kembali ke dalam freezer dan tunggu sampai benar-benar menjadi es krim.
  5. Kalau ingin hasilnya lebih lembut, bisa di-mixer satu kali lagi.
  6. Es krim vanila simple siap dihidangkan.

3. Es Krim Coklat Sederhana

coklat es krim

haney-moon.blogspot.com

Siapa sih yang nggak suka coklat? Kamu pasti juga suka kan? Nah, kali ini kita akan menikmati coklat dalam bentuk es krim yang enak. Tapi, pertama-tama, kita harus buat dulu es krim-nya. Gampang kok bikinnya, nggak susah cari bahannya dan nggak ribet bikinnya.

Bahan Es Krim Coklat Sederhana

  • 500 ml susu putih cair
  • 250 gram gula pasir
  • 3 sendok makan coklat bubuk
  • 3 butir telur ayam
  • Vanili bubuk dan garam secukupnya

Cara Membuat Es Krim Coklat Sederhana

  1. Pertama, pisahkan antara kuning telur dan putih telur. Ambil kuning telur dan campur bersama dengan gula. Aduk kedua bahan tersebut menggunakan mixer sampai mengembang.
  2. Lalu, campurkan putih telur vanili dan juga garam. Aduk sampai semua bahan tercampur dan mengembang.
  3. Campurkan kedua adonan yang sudah dibuat tadi dan aduk menjadi satu.
  4. Campur susu dengan coklat, kemudian masak sampai agak mendidih.
  5. Masukkan adonan ke dalam susu yang sudah hampir mendidih dan terus aduk sampai semua tercampur dan adonan mendidih.
  6. Setelah itu, dinginkan dan hilangkan uap panasnya, baru bisa kamu masukkan ke dalam freezer.
  7. Diamkan sampai es krim benar-benar mengeras dan dingin sempurna.
  8. Es krim coklat sederhana siap disajikan.

4. Es Krim Coklat Spesial

es krim coklat

fashionthegoodandtheugly.blogspot.com

Buat kamu yang suka sama coklat, harus bikin nih es krim coklat yang satu ini. Soalnya, kamu bakal ngerasain coklat yang kaya dan tentu manis dan dinginnya menggoda.

Bahan Es Krim Coklat Spesial

  • 300 ml susu full cream yang cair ya
  • 1/2 sdt essen vanila
  • 30 gram coklat bubuk
  • 6 kuning telur
  • 175 gram gula pasir
  • 600 ml krim kental
  • 250 gram dark cooking chocolate yang sudah dicincang kasar

Cara Membuat Es Krim Coklat Spesial

  1. Masak susu cair dan essen vanila di dalam panci menggunakan api kecil. Ambil sekitar 50 ml susu yang sudah dimasak dan campur dengan coklat bubuk. Aduk sampai coklat bubuk larut dan tercampur rata.
  2. Tuang larutan susu coklat ke dalam panci yang masih berisi susu tadi. Masak kembali sambil terus diaduk sampai mendidih, angkat.
  3. Kocok kuning telur dengan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 3 menit sampai mengental dan berwarna pucat.
  4. Tuang larutan susu coklat ke dalam kocokan kuning telur yang sudah mengental. Kemudian aduk dengan sampai semua tercampur rata.
  5. Masukkan kembali campuran kuning telur dan susu ke dalam panci dan masak diatas api kecil selama kurang lebih 3-4 menit sampai adonan mengental. Usahakan jangan sampai mendidih.
  6. Masak krim kental di atas api kecil. Setelah muncul gelembung kecil, tambahkan dark cooking chocolate. Angkat panci dari atas kompor, aduk sampai semua coklat meleleh dan adonan tampak lebih licin.
  7. Masukkan adonan susu dan telur ke dalam adonan krim coklat, aduk sampai semua bahan tercampur rata. Diamkan sampai adonan menjadi dingin.
  8. Setelah adonan dingin, segera masukkan ke ice cream maker dan tunggu sampai menjadi es krim.
  9. Kalau belum punya ice cream maker, masukkan adonan ke dalam freezer selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu keluarkan dan kocok menggunakan mixer sampai lembut, kira-kira 5 menit.
  10. Ulangi langkah tersebut 3-4 kali sampai didapatkan es krim yang benar-benar lembut.
  11. Es krim coklat spesial siap dihidangkan.

Nah, itu tadi beberapa resep membuat es krim yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Kamu bisa mengkreasikan dengan berbagai bahan yang ada di rumah dan membuat es krim yang tidak hanya lezat dan enak, tapi juga sehat. Selamat mencoba 🙂

2 Comments

  1. Ayunovanti October 25, 2015
  2. Pande Cakra Made December 3, 2016

Leave a Reply