Cara Membuat Es Krim Sendiri di Rumah

Kamu penggemar es krim? Pengen bikin es krim tapi nggak tau resepnya?

Jangan khawatir, bikin es krim itu gampang kok, tinggal kita mau atau enggak, hehe. Kalau kamu udah sering bikin es krim instan, kamu harus cobain bikin es krim dengan resep sendiri. Jangan pakai yang udah tinggal mixer langsung masukin freezer aja. Sekali-kali bikin es krim yang harus meracik sendiri dan rasakan bedanya.

Kalau es krim bikin sendiri itu ada rasa gimana gitu. Ada rasa selain enak, bangga, senang, kasih dan cinta, hehe. Nah, berikut ini ada beberapa resep es krim yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Es krim Vanila

vanilla es krim

notacook.com

 

Bahan Es krim Vanila

  • 1 kaleng susu kental manis full cream
  • 1 butir telur ayam, pakai putihnya saja
  • 600 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdt vanili bubuk
  • Pewarna makanan jika diperlukan

Cara Membuat Es Krim Vanila

  1. Kocok gula pasir, vanili bubuk dan putih telur dengan menggunakan mixer sampai berwarna putih. Tambahkan susu kental manis dan susu cair, kocok lagi sampai semua tercampur rata.
  2. Masak adonan dengan menggunakan api kecil sampai mendidih, jangan lupa untuk selalu diaduk.
  3. Masukkan tepung maizena, aduk sampai semua tercampur rata dan mendidih, kemudian angkat.
  4. Aduk terus sampai adonan dingin, kemudian masukkan ke dalam freezer sampai membeku.
  5. Keluarkan adonan kemudian mixer sampai halus dan masukkan kembali ke dalam mixer, lakukan selama tiga kali selama tiga jam. Setelah yang ketiga, masukkan dalam freezer dan tunggu sampai es krim benar-benar jadi.
  6. Es krim vanila siap disajikan.

Es Krim Rumahan

 vanilla ice cream

oishi.com.sg

Bahan Es Krim Rumahan

  • 4 kuning telur ayam
  • 100 gram gula halus
  • 1 sdt maizena
  • 300 ml krim kental
  • 300 ml susu full cream
  • 1 buah vanilla utuh atau 1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat Es Krim Rumahan

  1. Campur kuning telur dan gula halus, aduk dengan menggunakan mixer sampai semua tercampur rata dan berwarna pucat, sisihkan.
  2. Campur maizena, krim kental dan susu, aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Kalau kamu memakai vanilla yang masih utuh (bukan vanili bubuk), ambil isinya dan campurkan ke dalam campuran krim dan susu.
  4. Panaskan campuran krim dan susu sampai mendidih, setelah itu tuangkan ke dalam adonan telur dan gula. Aduk adonan sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Panaskan adonan campuran menggunakan api kecil. Aduk terus menggunakan sendok kayu sampai adonan sedikit mendidih dan mengental.
  6. Dinginkan adonan, setelah itu masukkan ke dalam freezer selama satu malam.
  7. Setelah itu keluarkan adonan es krim dan mixer kemudian masukkan ke dalam freezer kembali. Lakukan sebanyak tiga kali selama tiga jam. Setelah di-mixer yang terakhir kali, masukkan adonan es krim sampai benar-benar keras.
  8. Es krim rumahan siap disajikan.

Es Krim 1 Kali Mixer

Vanilla Ice Cream

fanpop.com

Bahan Es Krim 1 Kali Mixer

  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 butir telur ayam
  • 3 sdm maizena
  • 1 sdm SP / Ovalet / TBM
  • 750 ml air

Cara Membuat Es Krim 1 Kali Mixer

  1. Campur air dan maizena, masak sampai mendidih sambil terus diaduk agar maizena larut semua.
  2. Tambahkan telur ayam dan aduk kembali sampai semua tercampur rata. Masak terus sambil terus diaduk sampai adonan meletup-letup, kemudian matikan api. Biarkan adonan ini sampai dingin.
  3. Setelah adonan dingin, mixer dengan kecepatan tinggi selama lima menit. Tambahkan SP, kemudian mixer lagi selama lima menit.
  4. Tambahkan susu kental manis, mixer kembali selama 15 menit.
  5. Masukkan adonan ke dalam freezer sampai benar-benar beku.
  6. Es krim 1 kali mixer siap disajikan.

Nah, itu tadi beberapa resep cara membuat ek krim sendiri di rumah. Dari cara di atas, tadi ada resep yang adonannya di-mixer sampai tiga kali, itu fungsinya agar kristal es yang terbentuk tidak besar-besar, jadi es krim yang dihasilkan jadi lebih lembut.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk membuat kreasi es krim sendiri? Semoga berhasil, selamat mencoba 🙂

2 Comments

  1. Astin Astanti October 28, 2015
  2. Ristin October 29, 2015

Leave a Reply