Cara Membuat Donat Kentang Empuk, Enak dan Lembut

CARA MEMBUAT DONAT KENTANG – Pernah denger lirik lagu “Bulet-bulet bolong tengahe” nggak? Kalau kamu kecil ditahun  90an mungkin tau sama lagu donat ini.

Ngomong-ngomong tentang donat nih. Donat adalah makanan yang digoreng terbuat dari tepung terigu, gula, telur dan mentega atau margarin. Umumnya bentuk donat itu keyak cincin gitu, ada bolongan di tengahnya.

Sejarah Donat

Ternyata, sampai saat ini banyak yang masih memperdepatkan siapa pencipta kue berbentuk bulat dan ada lubang ditengahnya ini. Menurut National Dunking of America, donat ini ditemukan sama orang yang namanya Hanson Crocket Gregory.

Tapi, suku Indian juga mengklaim kalau mereka juga yang menciptakan donat. Nah, terus siapa dong yang sebenernya bikin donat?

Walaupun banyak yang berdebat, tapi tetep yang terkenal itu kisahnya Hanson Gregory. Ada dua cerita tentang bagaimana Hanson Gregory membuat donat.

1. Cerita Pertama

Hanson Gregory itu seorang kapten kapal yang berasal dari Denmark. Seringkali kapalnya menghadapi badai, mau nggak mau dia yang mengambil alih nahkoda kapalnya itu. Roti goreng yang mau dimakan ditusukan ke roda kemudi kapal, jadi bolong deh tengah kuenya.

2. Cerita Kedua

Hanson Gregory berasal dari Maine, Amerika Serikat. Saat masih berumur 15 tahun, ibunya sering bikinin kue buat dia. Tapi, waktu dia lihat bagian tengah kue yang belum matang, Hanson kecil mencungkil bagian tengah kue dengan pisau sehingga terciptalah sebuah lubang di tengahnya.

Lubang di tengah kue itu ternyata bermanfaat, sisi yang dilubangi jadi matang juga. Kebiasaan itu keterusan sampai dia jadi nahkoda kapal.

Nah, nggak tau juga cerita yang bener yang mana, yang penting donatnya enak, udah gitu aja. Sekarang, donat nggak cuma bolong tengahnya lho, udah ada donat nggak pakai bolongan.

Bahkan, semakin bervariasi aja macamnya, ada donat croissant, donat telo, dan donat kentang. Ini nih yang mau kita intip resepnya. Resep donat kentang yang empuk, enak, dan lembut.

Bahan

  • 500 gram tepung terigu yang proteinnya tinggi
  • 200 gram kentang kukus yang udah ditmbuk sampai halus dan udah dingin
  • 75 gram mentega atau margarin
  • 11 gram ragi instan
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram gula kastor kalau nggak ada gula halus juga boleh
  • 1/4 sdt garam
  • 4 kuning telur
  • 100 ml air

Cara Membuat

  1. Campurkan dulu tepung terigu, gula halus, susu bubuk, garam dan ragi. Harus sampai rata ya, biar kecampur semua.
  2. Kalau campuran bahan bubuk sudah rata, masukkan kuning telur dan kentang yang sudah ditumbuk sampai halus. Tambahkan air sedikit demi sedikit, jangan lupa sambil diuleni ya, sampai adonannya jadi kalis.
  3. Tambahkan mentega atau margarin sambil diuleni lagi sampai adonan jadi elastis dan kalis.
  4. Diamkan adonan donat selama kurang lebih 20-30 menit (atau bisa juga lebih lama lagi), ingat jangan lama-lama, ntar adonannya ngambek. Waktu mendiamkan adonan, tutup atasnya pakai serbet basah, tapi jangan sampai ada air yang menetes ke adonan Fungsinya tuh biar adonan donat nggak jadi kering.
  5. Kalau udah didiemin, adonan dikempeskan dan bentuk adonan menjadi bentuk donat, bisa juga pakai cetakan donat biar gampang.
  6. Setelah dibentuk, diamkan lagi selama kurang lebih 20-30 menit, yang ini jangan lama-lama juga ya.
  7. Kemudian goreng donat kentang dengan menggunakan api kecil sampai warnanya berubah jadi kecoklatan. Kalau istilah kerennya sampai warnanya golden brown.
  8. Setelah itu angkat biar nggak gosong, lalu dinginkan. Biar lebih menarik, kamu bisa hiasi donat dengan topping sesuai seleramu.

Tips Biar Donatnya Jadi Maknyus

Nah, ini dia tips bikin biar donat kentang yang kamu bikin hasilnya lebih oke, mantab dan maknyus.

Menguleni adonan roti

buonapappa.net

1. Mencampur Adonan

Kalau cara yang di atas, yang dilakukan pertama kali kan mencampur bahan berbentuk seperti tepung tuh. Nah, ada tips lain lagi sebenernya, yaitu dengan membuat ragi dengan bahan lain bercampur dengan baik.

Membuat adonan itu sebaiknya dimulai dengan memasukan air hangat dahulu kedalam mangkok lalu taburkan ragi ke dalamnya. Aduk ragi secara perlahan, lalu diamkan selama 5 menit. Kemudian masukan bahan lain kedalam campuran ragi dan air tadi.

Uleni dan campur sampai adonan lentur dan kalau dipegang, tangan masih tetap kering. Cara menguleni yang baik itu kayak kalau kita lagi nyuci baju, sambil ditekan-tekan, biar semua tercampur rata.

2. Suhu Adonan Donat

Suhu adonan ini tergantung dari air yang kita gunakan untuk membuat adonan donat. Paling baik gunakan air hangat dengan suhu 26 – 28 ° C, jangan pakai air panas ya.

Air yang terlalu panas akan menyebabkan berbagai kemungkinan. Pertama, proses fermentasi terjadi terlalu cepat sehingga malah membuat adonan donat punya tekstur yang nggak bagus dan gampang banget gosong kalau digoreng.

Kedua, ragi yang kita gunakan jadi mati dan akhirnya adonan nggak bisa ngembang. Selain itu, donat yang udah matang, ukurannya nggak mengembang baik, nggak bisa tahan lama dan justru bikin donat jadi keras.

Selain pakai air hangat, kamu juga bisa menggunakan susu cair hangat, selain bisa melembutkan juga dapat menambah cita rasa donat jadi lebih enak.

3. Proses Fermentasi

Tahap ini penting untuk membuat adonan jadi lebih lembut dan mengembang. Fermentasi sebaiknya dilakukan pada suhu kamar dan tingkat kelembaban yang cukup.

Sebaiknya gunakan kain untuk menutupi dan menjaga kelembaban adonan. Diamkan adonan selama 1-1,5 jam, dengan begitu seharusnya adonan bisa mengembang 2 sampai 3 kali lipat dari ukuran sebelumnya. Tinggal berdoa aja semoga beneran ngembang ya.

4. Pembuatan Donat

Saat kamu membagi adonan menjadi bagian kecil-kecil, pastikan adonannya jika ditekan tidak kembali ke bentuk awal. Jika kamu tekan adonan terus kembali kebentuk awal, maka adonan itu belum siap untuk dibuat donat dan digoreng. Diamkan dulu biar nanti siperoleh adonan yang bisa bikin donatnya empuk.

5. Penggorengan Donat

Proses ini yang sebenernya paling mempengaruhi. Salah sedikit saja, donat bisa jadi gosong. Sebaiknya menggoreng donat itu memakai minyak yang panas, goreng sampai warnanya coklat keemasan.

Suhu yang tepat saat kamu menggoreng, akan membuat donat coklat keemasan. Ingat, jangan dibolak-balik waktu menggoreng, usahakan satu sisi dulu sampai warnanya berubah, baru dibalik.

Kamu bisa gunakan sumpit untuk membuat bentuk donatnya tetap bulat, putar donat pakai sumpitnya saat menggoreng.

Menggoreng Donat empuk enak bergizi

carpeseason.com

Nah, semoga kamu bisa membuat donat yang enak, empuk dan lembut, selamat mencoba.

6 Comments

  1. resep kue cincin June 9, 2015
  2. aira abdullah August 10, 2015
  3. masFikr August 10, 2015
  4. Melisa September 13, 2015
  5. masFikr September 13, 2015
  6. bagus hendrawan September 14, 2015

Leave a Reply