Bincang Asik Bareng Mas Gugus

Waktu itu hari Sabtu, sekitar pukul 14:30. Saat-saat mendebarkan, menanti kedatangan seseorang yang belum pernah bersua sebelumnya. Hanya tau lewat informasi dari kawan saja.

“Assalamualaikum”, terdengar suara yang renyah di telinga. Ternyata seorang pria dengan perawakan tinggi besar.

Pasti tadi ada yang menerka-nerka, siapa nih yang dinanti? Kok sampai bikin berdebar kayak gitu. Hehe, sebenarnya menanti pembicara yang mau berbagi pengalaman tentang bisnisnya. Bukan menanti jodoh, kalo jodoh itu ya didatangi, masak laki-laki nungguin jodohnya dateng tuh.

Pemateri yang akan berbagi ilmunya bernama Mas Gugus. Sebetulnya pengen dikasih materi langsung gitu, tapi karena baru pertama bertemu jadi diisi dengan sharing tentang pengalaman awal kenal dunia ghoib (baca:internet). Berkenalan dengan internet pun masih sangat muda untuk masa itu, yaitu ketika dia masih berstatus siswa di salah satu SMP yang ada di Indonesia (karena gak tau SMPnya mana nih). Ternyata Mas Gugus belajar internet marketing secara otodidak. Dimulai dari membuat blog yang kemudian dimanfaatkan untuk jualan produk-produk affiliate.

bersama Mas Gugus dan kawan-kawan

Mas Gugus bersama teman-teman Pesantren Sintesa

Setelah bercerita tentang pengalamanyya, kemudian Mas Gugus meberikan sesi tanya jawab. Barulah teman-teman melontarkan pertanyaan-pertanyaannya. Karena pertanyaan lumayan banyak, jadi dirangkum aja ya, tentu dengan jawabannya dong.

Bagaimana Cara Mengelola Blog?

Sebenarnya pertanyaannya bukan bagaimana cara mengelola blog, tapi kepanjangan kalau dituliskan di sini, jadi disingkat aja. Nah, dari pertanyaan tersebut, Mas Gugus menyampaikan bahwa blog yang kita kelola itu bisa dibagi menjadi dua, yaitu blog pribadi dan blog untuk bisnis. Kalau blog pribadi kita paling tidak harus membuat minimal satu artikel dalam satu minggu. Sedangkan untuk blog yang digunakan untuk bisnis, minimal satu artikel dalam satu hari.

Affiliate Apa yang Pernah Diikuti?

Ternyata Mas Gugus pertama kali jualan adalah dengan menjual produk dari salah satu Multi Level Marketing (MLM). Sebenarnya dalam berjualan itu hanya perlu memperhatikan dua hal. Ada uangnya dan yang penting menghasilkan.

Ada Uangnya

Di sini maksudnya adalah produk yang kita jual itu mempunyai untung yang lumayan. Misalkan produk yang kita jual itu untungnya sebesar 30%.

Yang Penting Menghasilkan

Berjualan produk itu tidak mesti ada pembeli, kalau bisa cari produk yang banyak peminatnya. Apa lagi kalau yang kita jual itu merupakan hobi kita, pasti akan tambah semangat tuh usahanya. Syukur-syukur lagi mudah dikerjakan, jadi kita makin semangat lagi tentunya.

Gimana Kalau Lagi Down?

Saat-saat seperti ini nih yang paling gak enak. Udah berjuang sekuat tenaga, tapi hasilnya gak seberapa, atau malah gak menghasilkan apa-apa. Tips dari Mas Gugus kalo lagi down tuh kita jalan-jalan aja. Bisa muter-muter komplek di sekitar rumah, atau mungkin cari udara segar ke tempat wisata. Bahkan Mas Gugus bela-belain pergi ke Magelang atau Solo, cuma buat sekedar menikmati kuliner yang ada di tempat itu, kemudian pulang. Ya, hanya itu aja, menempuh perjalanan yang cukup jauh demi menghilangkan pikiran negatif.

Selain dari pertanyaan teman-teman, Mas Gugus sempat menyampaikan beberapa ilmu yang dia punya.

Managemen Waktu

Salah satunya tentang managemen waktu untuk menulis konten. Mas Gugus menjelaskan, lebih baik kita mengalokasikan waktu kita dalam satu hari itu hanya untuk mecari kata kunci untuk artikel yang akan kita tulis. Biasanya Mas Gugus riset kata kunci saat weekend, kata kunci yang dicari digunakan untuk artikel dalam lima hari kedepan. Jadi kita tidak perlu tiap hari mencari kata kunci untuk artikel kita, cara ini lebih efektif, dan akan menghemat lebih banyak waktu kita.

Kalau kita fokus hanya untuk riset kata kunci maka waktunya akan lebih cepat dari pada saat kita harus riset kata kunci dan menulis artikel.

Fokus

Kita itu dalam menjalankan suatu bisnis harus fokus. Fokus sama model bisnis yang akan kita jalankan. Mas Gugus memberikan gambaran, kalau kita bisnis itu tirulah landak. Landak itu kalau ingin bisa bertahan hidup maka dia harus menajamkan durinya. Begitu juga dengan kita, kalau kita ingin bertahan dalam suatu bisnis, ya kita wajib dong menambah ilmu dalam bidang yang kita geluti itu.

Semoga sharingnya bermanfaat ya, kalau mau tau target masFikr baca Seberapa Bermanfaatkah Kita?

Leave a Reply