Berguru Pada Pohon Pisang

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini? Ya, namanya adalah pisang. Pisang merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis. Memiliki warna kuning, ada juga beberapa jenis pisang yang warnanya ungu. Produksinya tanpa mengenal musim. Hampir setiap tahun kita dapat menjumpai buah yang satu ini.

Pisang sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda. Mulai dari pisang ambon yang buahnya besar, sampai pisang mas yang kecil bentuknya.

Di masyarakat kita, pisang banyak dikonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu. Kandungan nutrisi dalam buah pisang sendiri sangat banyak.

Beberapa Kandungan Nutrisi Dalam Buah Pisang

Kalium

Pisang mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi, yaitu lebih dari 400 mg kalium dalam satu buah pisang ukuran sedang. Kalium bermanfaat untuk menjaga kinerja saraf dan otot, serta untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Vitamin C

Vitamin C dalam buah pisang cukup tinggi. Dalam satu buah pisang ukuran sedang, terkandung sekitar 10 mg vitamin C, atau sekitar 15% dari kebutuhan harian kita. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan sel, dan untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

Vitamin B6

Dalam buah pisang dapat memasok sekitar 35% kebutuhan harian dari vitamin B6. Vitamin B6 diperlukan untuk pertumbuhan sel-sel baru.

Beberapa kandungan nutrisi dari pisang diatas hanya sebagian kecil dari berbagai macam manfaat pisang.

Selain manfaat pisang dari segi nutrisi, kita dapat mengambil pelajaran dari pohon pisang itu.

Ilmu Pisang

Di Indonesia, kita sudah sering mendengar tentang ilmu padi (semakin berisi semakin merunduk). Tapi sedikit sekali yang tau ilmu pisang ini.

Semua bagian dari pohon pisang sejatinya bisa dimanfaatkan. Mulai dari buah, batang, hingga bonggolnya pun dapat kita manfaatkan.

Pohon pisang berbuah

Pohon yang meninggalkan generasi penerus

Buah Pisang

Buah pisang biasa dikonsumsi untuk pencuci mulut. Bisa juga diolah menjadi panganan lain, seperti keripik pisang, pisang goreng, cake pisang, dan masih banyak lagi

Batang Pisang

Pohon pisang memiliki batang yang biasanya hanya dibuang saja, tetapi batang pisang dapat dimanfaatkan menjadi pupuk kompos. Batang pisang bisa juga dimanfaatkan menjadi benang untuk dibuat menjadi kain.

Bonggol Pisang

Bonggol pisang dapat dibuat menjadi keripik bonggol pisang yang rasanya tidak kalah dengan keripik-keripik yang lain.

Dari manfaat yang ada pada pohon pisang tersebut, kita sugguh dapat mengambil sebuah pelajaran. Pohon pisang mengajarkan kita untuk selalu memberi kebermanfaatan dimanapun kita berada.

Menjadi pribadi yang bermanfaat, itu juga yang diajarkan oleh Nabi Muhammad. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi sesamanya. Sepatutnya kita mengambil pelajaran dari pohon pisang tersebut.

Selain itu, setelah pohon pisang berbuah, maka dia tidak akan berbuah lagi, dan harus ditebang. Tetapi, pohon tersebut meninggalkan beberapa tunas pohon pisang yang baru untuk menggantikannya.

Sepatutnya, kitapun mencontoh pohon pisang itu. Sebelum meninggalkan dunia ini, kita seharusnya juga meninggalkan generasi penerus yang juga memberikan manfaat yang sama atau bahkan lebih banyak lagi dari pada kita. Ketika kita sudah tidak ada, maka perjuangan kita akan dapat diteruskan oleh anak-anak yang solih dan solihah.

Dimulai dari membentuk keluarga yang baik, kemudian mengajarkan pendidikan agama, memberikan kasih sayang kepada anak, memantau perkembangan anak. Karena anak yang solih merupakan investasi kita di akhirat kelak. Doa anak yang solih akan terus mengalir amalnya kepada kita.

Semoga ilmu pisang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi pribadi yang bermanfaat untuk sesama.

Leave a Reply