Rangka atap dan kanopi baja ringan dengan harga murah di Jogja, hubungi WA: 08994563381 – PIN BB: D147E51E – TELP: 082337838256 (AS)

Baja ringan atau bisa disebut dengan truss merupakan salah satu konstruksi untuk atap rumah yang bisa digunakan sebagai pengganti kayu. Sangat cocok untuk atap atau kanopi toko, rumah, ruko, sekolah dengan berbagai jenis model atap seperti prisma, pelana, joglo, dan lainnya.

Kelebihan Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Baja Ringan

Rangka atap dari baja ringan juga memiliki beberapa kelebihan yang tidak ada jika Anda menggunakan kayu:

  • Kontruksi rangka atap lebih ringan, sehingga tidak memberatkan struktur bangunan.
  • Lebih tahan lama dan biaya perawatannya lebih murah.
  • Bahan mudah diperoleh baik itu di kota-kota besar atau kota kecil.
  • Anti karat, rayap, hama, jamur, dan pengganggu lain yang ada pada rangka atap kayu.
  • Perhitungan yang teliti dan cermat pada penentuan dimensi yang kuat dan efisien dapat menghasilkan biaya yang murah.
  • Pemasangannya mudah karena sudah di fabrikasi olek teknisi atau tukang berpengalaman sebelum atap baja ringan dipasang. Selain itu, bentuk profil atap juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan.
  • Membutuhkan teknisi atau tukang khusus agas struktur dan konstruksi atap yang dihasilkan benar serta memuaskan.

Beberapa kelebihan tersebut tentu akan membuat kebanyakan orang memilih konstruksi baja ringan dari pada menggunakan kayu. Di samping untuk mendapatkan kayu yang semakin lama akan semakin sulit dan kayu juga mudah terserang hama dan rayap.

atap baja ringan

hubungi WA: 08994563381 – PIN BB: D147E51E – TELP: 082337838256 (AS)

Apa Itu Baja Ringan?

Bagi Anda yang masih belum mengetahui, apa sebenarnya baja ringan itu, berikut ini penjelasannya. Baja ringan adalah baja yang memiliki kualitas yang tinggi. Sifatnya ringan dan juga tipis, tetapi memiliki kekuatan yang pastinya tidak kalah dengan baja konvensional.

Baja ringan dibagi berdasarkan nilai tegangan tariknya atau tensile strength. Tegangan tarik inilah yang menjadikan fungsi akhir baja ringan tersebut, atau akan digunakan sebagai apa baja ringan tersebut.

Contohnya adalah produk struktural seperti rangka atap baja ringan. Rangka atap ini menggunakan baja ringan dengan tegangan tarik yang tinggi (G550). Tetapi, ada juga penggunaan baja ringan dengan tegangan tarik rendah (G300, G250) yang digunakan pada berbagai produk home appliances. Baja ringan tersebut digunakan karena lebih lunak dan lentur sehingga akan lebih mudah dibentuk.

Maka, tidak heran jika baja ringan lebih ringan dan juga tipis jika dibandingkan dengan baja konvensional karena tingkat kualitas dan kuat tariknya yang tinggi. Maksud dari baja ringan G550 adalah baja mempunyai kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal).

Walaupun baja ringan lebih tipis dan ringan dari pada baja konvensional, dengan kuat tariknya yang mencapai 550 Mpa, baja ringan dapat dijadikan penopang beban struktur bangunan. Sedangkan baja ringan G300, biasanya akan digunakan untuk fungsi non struktural seperti penutup atap.

hubungi WA: 08994563381 – PIN BB: D147E51E – TELP: 082337838256 (AS)

Ketebalan Baja Ringan

Baja ringan yang beredar di pasaran biasanya memiliki ketebalan antara 0,20 – 2,00 mm. Perbedaan ketebalan tersebut ditentukan oleh kegunaan, sebesar apa beban yang ditopang dan juga ukuran bentang baja ringan tersebut. Tetapi, dengan ketebalan yang lebih kecil, tentu akan mengurangi beban struktur bangunan daripada menggunakan baja konvensional.

Kenapa Harus Memilih Rangka Baja Ringan

baja ringan jogja

Rangka baja ringan memang masih hal yang baru di Indonesia. Teknologi dari rangka ini menggunakan metode yang diadaptasi dari Negara Jepang. Jadi, bagi masyarakat Indonesia mungkin banyak yang belum familiar dengan rangka atap ini.

Jadi, banyak masyarakat Indonesia, khususnya yang belum tahu tentang rangka jenis ini belum menggunakannya. Padahal, penggunaan rangka ini sangat cocok digunakan di daerah rawan gempa seperti di Indonesia.

Jika Anda belum mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki rangka atap baja ringan dari pada rangka kayu, maka Anda harus melanjutkan membaca artikel ini. Berikut ini kelebihan dari menggunakan rangka baja ringan sebagai pilihan untuk pembangunan rumah Anda.

  1. Rangka baja ringan anti rayap – Jika Anda menggunakan kayu, saat ini banyak yang menyediakan kayu dengan kualitas yang kurang baik. Sangat jarang, untuk saat ini yang menyediakan kayu dengan kualitas baik, seperti kayu jati contohnya. Oleh karena itu, menggunakan rangka baja ringan merupakan pilihan yang tepat karena lebih awet dan pemasangannya lebih cepat.
  2. Lebih ringan dari kayu – Seperti yang Anda ketahui dari namanya, rangka baja ringan ini memiliki bobot yang lebih ringan dari pada kayu untuk atap bangunan. Hal ini tentu akan memudahkan dalam proses pemasangannya dan juga pekerja lebih terjamin keamanannya.
  3. Hemat Biaya – Dengan menggunakan baja ringan, Anda akan sangat menghemat biaya karena baja ringan ini tidak mudah lapuk dimakan usia. Hal ini tentu lebih menguntungkan, disamping harganya yang tidak terlalu mahal, rangka baja ringan sangat mudah perawatannya dan awet untuk ke depannya.
  4. Material atau strukturnya disesuaikan dengan keadaan suatu daerah – Anda tak perlu khawatir memilih baja ringan sebagai rangka atap rumah Anda. Karena, pemilihan baja ringannya akan disesuaikan dengan letak geografis rumah Anda. Contohnya jika rumah Anda berada di dekat pantai, maka baja ringan yang digunakan akan terlebih dahulu dilapisi dengan bahan tertentu sehingga rangka atap Anda lebih awet dari kondisi geografis di sekitar pantai.
  5. Menjaga lingkungan – Jika Anda menggunakan rangka atap baja ringan maka penggunaan kayu dapat dikurangi. Hal ini tentu akan berdampak pada kelestarian lingkungan dan hutan yang sudah semakin berkurang.