7 Makanan Ringan Unik yang Perlu Kamu Cobain

Pernah nggak makan makanan yang bentuknya atau mungkin rasanya nggak umum? Makanan yang biasanya gini terus sama yang buat dijadiin gitu. Bingung nggak? Kalau bingung berarti kita sama deh.

Makanan unik itu biasanya merupakan pengembangan atau inovasi dari produk yang sudah ada. Kadang bahannya sama tapi rasanya diganti, atau mungkin bahan bakunya yang diganti. Yaa, seiring berkembangnya jaman, berkembang juga teknologi dan ilmu pengetahuan.

Semua itu bisa bikin orang makin kreatif dan inovatif, sehingga memunculkan produk-produk baru, terutama makanan.

Sekarang kita lihat aja deh beberapa makanan yang sebenernya udah ada pendahulunya, tapi sama si empunya produk, diubah menjadi hal yang baru.

1. Kentang Ulir

Kentang spiral

teropongbisnis.com

Kentang goreng biasanya berbentuk memanjang kayak kelingking gitu. Nah, yang ini kok malah mlungker-mlungker gitu ya? Kentang goreng yang satu ini biasanya disebut kentang ulir. Bentuk ulirnya didapat dengan cara memasukkan kentang utuh kedalam sebuah alat. Kita tinggal muter aja tuh alatnya, ntar kentangnya otomatis jadi ulir sendiri.

Kentang ulir ini penyajiannya pakai tusuk panjang gitu. Terus atasnya dikasih bumbu, bisa pedes, sapi panggangjagung bakar dan lainnya deh. Tergantung penjualnya punya rasa apa juga sih sebenernya.

 2. Es Krim Goreng

Es Krim Goreng Enak

teropongbisnis.com

Es krim kok digoreng? Es krim yang lembut teksturnya ternyata bisa digoreng. Tapi perlu metode khusus biar hal itu bisa terwujud. Kita harus membungkus es krim denga selembar roti tawar. Nah, setelah itu simpan es krim yang terbungkus tadi ke dalam freezer selama satu malam.

Kalau udah, baru siapin adonan terigu yang agak encer sama tepung panir. Masukkan es krimnya kedalam adonan terigu, terus gulingkan ke tepung panirnya. Baru deh siap digoreng.

Menggorengnya pun nggak boleh lama-lama, harus dengan api yang besar juga, biar es krimnya nggak leleh. Rasakan sensasinya deh, renyah di luar dan lembut di dalam.

3. Es Goreng

Es Goreng Pak Gatot Jogja

forum.indowebster.com

Kalau yang tadi es krim goreng, yang ini namanya es goreng. Bedanya terletak pada es-nya dan cara menggoreng. Es goreng ini memakai es potong, kalau nggak tau es potong bisa baca di jajanan terlaris waktu SD. Es-nya dicelupin ke dalam coklat cair gitu.

Es Goreng Pak Gatot Jogja

swaragamafm.com

Salah satu penjual yang terkenal di Jogja namanya pak Gatot nih. Sering mangkal di daerah alun-alun selatan Jogja. Kalau nggak ya di sunmor UGM waktu hari minggu.

4. Rujak Es Krim

Rujak Es Krim Enak Seger

flickr.com

Es krim lagi nih, tapi yang ini beda ya. Rujak campur es krim, perpaduan antara makanan pedas dengan dinginnya es krim yang manis. Rujak es krim ini cocok banget dimakan siang-siang waktu panas banget tuh. Bikin seger dan buat ganjel perut juga bisa

Es krim yang digunakan di dalam rujak es krim adalah es puter. Tau kan es puter? Itu lho, es krim yang bahan utamanya santan dan cara buatnya diputer-puter.

5. Sandwich Tempe

Sandwich Tempe

ensiklopediaindonesia.com

Ini sandwich asli Indonesia, pakai tempe di tengahnya. Sebenernya bukan sandwich, tapi jadah tempe. Karena bentuknya yang ditumpuk ya saya sebut aja sandwich.

6. Belalang Goreng

Belalang goreng

detakkehidupan.wordpress.com

Walang goreng atau belalang goreng ini khusus buat kamu yang nyalinya besar. Kalau kamu orangnya takut sama serangga atau suka eneg kalau lihat makanan aneh, saya sarankan jangan cobain makanan yang satu ini.

Belalang goreng ini cukup mudah bikinnya, cukup siapkan belalang, buang kakinya, lalu bersihkan sayapnya, goreng deh sampai matang. Buat yang penasaran bisa deh cobain makan.

7. Lidah Kucing Rainbow

Lidah kucing pelangi

benashaari.com

Ini bukan lidah kucing beneran lho, cuma kue kering yang namanya seperti bagian dari seekor hewan. Lidah kucing biasanya berwarna putih agak krem gitu. Tapi karena ini ngomongin tentang makanan yang unik, jadi lidah kucingnya berwarna warni.

Awalnya warna pelangi kan dari makanan bernama rainbow cake. Terus makanan yang lain pada ikut-ikutan deh. Sampai akhirnya lidah kucing pun terjangkiti wabah ini.

Leave a Reply