5 Menu Makanan Sehat yang Mungkin Ada Di Kantin Kampus Kamu

Kalau kamu mahasiswa dan nggak pernah masak di kos-kosan

Kadang jajan atau mungkin malah cari gratisan

Perhatikan apa yang kamu makan

Kan penyakit itu datengnya dari apa yang kita makan

Jangan tiap hari makannya gorengan atau bahkan malah cuma mie instan

Apa lagi cuma ditambahin kerupuk tapi nggak pakek sayuran

Duuuh, bisa-bisa menyesal kita kemudian

Kamu pasti pernah tau istilah empat sehat lima sempurna kan? Itu lho yang pola makan kita harus ada makanan pokok, lauk, sayuran, buah, dan kalau mampu dilengkapi dengan susu. Nah, ternyata konsep pola makan itu sekarang udah nggak relevan lagi. Sekarang diganti dengan makanan bergizi, beragam dan berimbang.

Nah, makanan yang beragam bergizi dan berimbang ini maksudnya tuh ya makanan yang kita makan harus memenuhi gizi yang dibutuhkan, nggak makan makanan yang sama terus, jangan cuma makan satu jenis makanan itu aja. Jadi dalam satu kali makan, kita harus perhatikan keberagaman makanan yang kita makan. Misalnya makan itu jangan cuma nasi sama ayam doang, perlu ditambahi sayuran juga.

Nah, kalau gitu ini nih contoh makanan yang dalam satu menu itu sudah campur-campur isinya. Cocok buat kamu yang mahasiswa atau mungkin karyawan kantoran.

1. Gado-Gado

 

Gado gado yang nampak lezat dimakan

travelblog.ticktab.com

Makanan yang satu ini mungkin banyak peminatnya. Rasanya yang enak dan kalau mahasiswa itu yang penting harganya, hahaha. Kalau makan yang namanya gado-gado ini, kamu sudah makan sayuran, lauk dan karbohidrat. Gado-gado itu biasanya terdiri dari ketupat, kentang, tahu, telur, tauge kacang panjang, dan kol atau bisa juga selada. Lalu disiram sama saus kacang yang maknyus rasanya. Nah, menu yang satu ini udah lengkap sebenernya, ada kerupuk lagi biasanya, yang bikin makan jadi makin asik. Tapi tiap daerah biasanya beda sih isi dari gado-gadonya, ada yang nggak pakek ketupat, ada yang ditambahin sayur yang lain lagi, ya tapi tetep lengkap kok menu yang satu ini.

2. Lotek

Lotek enak

ratnawatiutami.blogspot.com

Makanan yang satu ini hampir mirip sama gado-gado, dari mulai sayuran sampai ada kerupuknya segala. Lotek ini bahannya penyusunnya lumayan banyak ada bayam, tauge, kacang panjang, timun, ketupat, bakwan dan kerupuk. Kalau gado-gado bumbu atau saus kacangnya itu ditungin diatas makanannya. Nah, kalau lotek ini dicampur diatas coek kalau bahasa Indonesianya mungkin ulekan ya. Jadi bumbu kacang itu dihaluskan dulu tuh diatas ulekan, baru bahan-bahan yang udah disiapin dimasukkan lalu dicampur jadi satu.

Kalau saya itu yang paling enak waktu dapet irisan bakwannya. Itu rasanya enak banget, apa lagi udah kecampur sama bumbu kacang yang agak pedes, bikin ngiler jadinya.

3. Capcay

Capcay goreng

dearryk.com

Capcay ini dari namanya aja kayaknya bukan berasal dari Indonesia. Makanan yang satu ini biasanya ada di rumah makan yang menyediakan Chinese food. Nah, capcay ini isi di dalamnya juga lengkap ada sayuran, karbohidrat sama protein.

4. Nasi Rames

Nasi rames aka nasi campur

efek-samping.com

Nasi rames ini kalau di kantin pasti ada deh. Menu nasi yang dicampur dengan makanan pendampingnya, lauk dan sayuran. Nah, kalau udah makan sama nasi biasanya porsinya jumbo, jadi nasinya banyak tapi sayur cuma dikit, itu sebenernya kurang baik. Kalau mau agak sehat, ketika kamu makan menu nasi rames ini coba ambil nasinya dikit aja, terus banyakin sayurannya. Makan sayuran itu baik buat kesehatan lho, jadi kalau kamu makan nasi jangan lupa selalu ada sayuran sebagai pendampingnya, ciieee.

5. Sop

Sop sayuran

bwcf.net

Kalau menu yang terakhir ini merupakan sayuran yang berkuah. Kok dimasukin dalam menu sehat nih sayur? Sebenernya sayuran itu masuk dalam menu sehat, nah saya ambil contonya sop. Dalam sop itu isinya bermacam-macam, tergantung yang buat aja sih. Ada sop ayam yang isinya cuma ayam, ada juga sop sayuran. Nah, yang saya maksud disini itu yang sop sayuran. Biasanya ada wortel, kol, brokoli, kentang, daging ayam, daging sapi, pokoknya macem-macem deh.

Komponen di dalemnya kan udah banyak tuh, dan lengkap juga. Vitamin mineral bisa dari sayuran, karbohidrat ada kentang, proteinnya dari daging. Kalau emang kurang mengenyangkan makan sop aja, ya bisa  ditambah sama nasi, tapi ingat nasinya jangan banyak-banyak.

Leave a Reply