11 Jajanan Sekolah Terlaris Waktu Kamu Masih SD

Kamu masih ingat jajanan SD yang dulu pernah ada dalam hidupmu, hha bahasanya. Jajanan anak sekolah ini cuma buat yang SD-nya tahun 90-an yaaa. Jajanan yang dulu pernah menghiasi kehidupan kita sehari-hari nih. Waktu belum banyak berita yang ngasih tau kalau ternyata dalam jajanan yang kita makan ada bahan kimia yang sebenernya bukan buat makanan.

Walaupun beberapa jajanan masih tetap ada sampai sekarang. Tapi mungkin nggak seramai dulu penggemarnya. Sekarang pada lebih suka makanan yang berkelas, apalagi anak orang berduit tuh.

Resep Jajanan Anak Sekolah

1. Gulali

Permen Gulali

yudasmoro.net

Gulali gulali gulali, gulalinya deeek!

Masih inget rasanya nggak? Manis-manis gimana gitu. Kadang malah sampai ada yang berasa agak pahit kalau saya dulu. Mungkin ada campuran apanya gitu ya.

Nah, gulali ini ada yang lembek sama ada yang dibentuk-bentuk jadi bermacam karakter. Yang lembek biasanya dikasih taburan coklat meses atau susu cair. Kalau yang dibentuk itu ya dibentuk jadi kuda misalnya. Tapi kok ya dulu nggak pernah tanya sama abang yang jualan ya, tangannya bersih apa nggak. Kok kayaknya nggak pernah dicuci itu tangannya, hiii.

2. Es Potong

Es yang dipotong-potong

blognyagoem.blogspot.com

Es potong ini enak banget deh, nggak kalah sama es tembok (wall), hahaha. Rasanya pun macam-macam, ada rasa coklat, melon, nangka, alpukat, stroberi, vanila dan yang lainnya.

Padahal es potong ini kalau di dalem gerobagnya masih panjang-panjang lho. Mungkin abangnya tau kalau kita itu masih kecil, jadi esnya dipotong biar gampang makannya.

Selain enak, es yang satu ini juga murah dan bikin seger. Makan satu pasti kurang, makan dua duitnya yang kurang (itu dulu sih).

3. Anak Mas

Anak mas

blog.lakupon.com

Makanan yang rasanya gurih ini dulu jadi primadona sebelum banyak saingan yang lainnya. Tinggal diremet bungkusnya, buka wadahnya, tuang bummbunya, lalu kocok-kocok, makan deh. Dan hal terakhir yang dilakukan adalah membersihkan bungkus anak mas ini dari segala macam bumbu yang masih menempel.

Sekarang masih ada atau nggak ya makanan ringan yang satu ini? Kalau saya sih jarang banget nemuin jajanan ini di beberapa warung dekat rumah. Mungkin kamu masih tau dimana yang jual? Boleh dong kasih tau tempatnya, hehe.

4. Ager-ager

Ager ager jaman SD

mobypicture.com

Kalau ager-ager ini sebenernya bisa minta tolong ibu buatin di rumah. Tapi entah kenapa rasanya beda ya kalau beli di sekolah itu. Biasanya diatas ager-agernya ditambahin sama susu coklat. Makannya langsung dari wadahnya, tapi jangan dibuang wadahnya, soalnya buat bikin lagi besok.

Selain yang pakai wadah kayak gitu, ada juga yang bentuknya bulet-bulet ager-agernya. Terus ditambahin susu coklat, makannya pakai tusuk gigi, sedaaap.

5. Lidi

Lidi-lidian

twitter.com

Nah, yang ini sekarang juga masih tren, bahakan di kampus saya juga masih ada nih. Lidi-lidian, kalau saya nyebutnya biting, ya artinya lidi juga sih. Bisa milih mau yang pedes atau yang asin. Kalau udah habis dan sisa bumbunya masih ada, biasanya bungkusnya langsung disedot, pernah kayak gitu nggak?

Ada juga lidi-lidian versi prasmanan lho, jadi kamu yang nentuin sendiri seberapa asin atau pedasnya lidi yang kamu mau.

6. Telor Dadar Bulet

Telur dadar dari telur burung puyuh

eka-putri-a.blog.ugm.ac.id

Kenapa dulu nggak kepikiran bawa telur sendiri dari rumah terus minta digorengin sama abang yang jualan ya? Kalau mau goreng sendiri dirumah, cetakannya nggak ada, rasanya pun beda juga.

Kalau kamu pengen cobain lagi telur bulet ini, bisa cobain dateng ke warung yang jual takoyaki tuh. Ntar bilang aja, bang mau numpang goreng telur bentar, buat nostalgia.

7. Rambut Nenek

Gulali rambut nenek

affanfarisi.blogspot.com

Dinamain rambut nenek mungkin karena warnanya yang putih dan bentuknya kayak rambut kali ya. Sebenernya bahannya juga dari gula nih, tapi nggak tau juga bikinnya gimana. Kalau ditempat saya ada yang kikin dari gulali, pertama ambil gulalinya, lalu ditarik, terus celupin ke tepung, satuin antara ujungnya, celupin ke tepung lagi, gitu terus sampai jadi tipis kayak rambut gitu.

8. Es Mambo

Es lilin

nyunyu.com

Es mambo, es yang nggak kalau sama es es lain yang dari pabrik besar. Terutama dikalangan anak sekolahan yang uang jajannya pas-pasan kayak saya dulu.

Kalau di tempat saya nyebutnya bukan es mambo, sebutannya es lilin mungkin karena bentuknya seperti lilin tuh ada kayak sumbu di atasnya. Rasanya macem-macem, buatnya pun gampang, cuma sirup terus dibungkus plastik, masukin ke kulkas, tunggu sampai keras, jadi deh.

9. Permen Rokok

Perme Rokok

jakartasaurus.wordpress.com

Kalau kamu cuma bisa bakar rokok, saya bisa makan rokok (red- permen rokok), hhe. Kalau sekarang permen ini masih ada apa nggak ya? udah jarang banget nemuin sih. Mungkin masih ada tapi peredarannya underground nih. Masak anak SD makan rokok, kan nggak boleh tuh, udah ada slogan rokok membunuhmu.

10. Leker

Kue Leker

jalansambilmakan.wordpress.com

Kamu pasti nggak lupa sama jajanan enak yang satu ini kan? Namanya masih sama kok, kue leker, dengan bentuk lingkaran yang dilipat terus kelihatannya jadi setengah lingkaran. Dengan isian gula sama meses yang seupil, dikit banget biasanya kalau di SD mah. Atau, kamu juga bisa pilih yang dikasih pisang di dalamnya.

Tapi, yang jelas, kue ini sesuai sama namanya, leker alias enak. Walaupun ini jajanan jadul, sekarang ini juga banyak yang jual lho. Masih dengan bentuk seperti dulu, tekstur renyah, adonan dibikin tipis, tapi sekarang dengan rasa yang berbeda. Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu pilih, ada coklat, stroberi, dan rasa selai buah yang lain.

11. Sate Telur Gulung

Sate Telur Gulung

ngunyahbareng.blogspot.com

Nah, kalau yang ini kamu masih ingat nggak? Telur goreng yang kemudian dibikin jadi sate, terus dicelupin ke dalam saus. Ini jajanan sebenernya banyak banget lho minyaknya, tapi karena enak, ya mau gimana lagi.

Nah, gimana? Mau bernostalgia dengan berburu makanan yang pernah menemani hari-hari kamu semasa sekolah dulu?

Leave a Reply