5 Resep Puding dan Cara Membuat Agar-agar Busa Enak

Agar-agar busa atau bisa juga disebut puding busa merupakan makanan yang teksturnya seperti busa. Jadi kayak makan angin gitu karena isinya angin.

Nah, resep puding busa ini gampang kok. Hampir sama seperti bikin agar-agar atau puding biasanya, cuma ada bahan tambahan istimewa aja. Bahan istimewanya rahasia ya, tapi saya kasih tau deh, pakai putih telur. Kan kalau putih telur dikocok cepat dan lama jadinya mengembang kayak busa gitu.

Kita lihat aja deh beberapa resep agar-agar busa yang bisa kamu coba buat di rumah.

Resep #1 – Puding Busa Berlapis

naismacreation.wordpress.com

naismacreation.wordpress.com

Resep pertama kita adalah puding busa berlapis. Sajian lezat ini bisa kamu jadikan sebagai dessert atau camilan mungkin. Kita lihat aja yuk bahan apa saja yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan Puding Berlapis

Bahan untuk membuat puding ini dibagi jadi dua, yang satu untuk agar-agar busanya yang satu untuk yang biasa.

Bahan I
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 400 ml susu cair
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 35 gram gula pasir #1
  • 3 buah putih telur
  • 1/8 sdt garam
  • 60 gram gula pasir #2
Bahan II
  • 800 ml susu cair
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 125 gram gula pasir
  • 1 buah kuning telur
  • 1/4 sdt pasta vanila

Cara Membuat Puding Berlapis

  1. Pertama kita mengolah bahan I terlebih dahulu. Rebus susu cair, gula pasir #1, agar-agar bubuk dan cokelat bubuk. Aduk terus agar tercampur rata, rebusnya sampai mendidih ya. Sisihkan dulu sambil menyiapkan yang lainnya.
  2. Kocok putih telur bersama dengan garam, kocok sampai setengah mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
  3. Rebusan bahan I tadi dimasukkan sedikit demi sedikit kedalam kocokan putih telur sambil terus dikocok secara perlahan.
  4. Setelah itu tuang ke dalam loyang yang sudah dibasahi air, biarkan sampai puding setengah beku.
  5. Kemudian kita olah bahan II. Rebus susu cair bersama dengan agar-agar bubuk dan gula pasir sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan masukkan rebusan susu ke dalam kuning telur, cuma dikit aja ya, lalu aduk hingga rata.
  6. Campuran susu dan kuning telur tadi kemudian dimasukkan lagi ke dalam rebusan susu. Tambahkan pasta vanila, lalu masak lagi sampai mendidih.
  7. Saat masih panas, tuangkan rebusan bahan II diatas puding bahan I, kemudian bekukan kembali.
  8. Puding busa berlapis sudah siap disajikan.

Nah, itu tadi resep puding busa berlapis, sekarang kita lihat resep kedua.

Resep #2 – Puding Busa Pandan

Puding busa pandan

untaian-tasbih.blogspot.com

Bahan Puding Busa Pandan

Bahan untuk membuat puding busa pandan ini terbagi menjadi dua, yaitu puding yang berwarna putih dan berwarna hijau.

Bahan Puding Busa Putih
  •  1 bungkus agar-agar bubuk
  • 250 ml susu cair
  • 150 ml santan
  • 175 gram gula pasir
  • 3 buah putih telur
  • 1/4 sdt garam
Bahan Puding Hijau
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 750 ml susu cair
  • 75 gram gula pasir
  • 1 buah kuning telur
  • 1/4 sdt pasta pandan

Cara Membuat Puding Busa Pandan

  1. Kita mulai dari membuat puding busa putih terlebih dahulu. Campur susu cair, santan, agar-agar bubuk dan 125 gram gula pasir. Aduk hingga rata lalu rebus sampai mendidih, setelah itu matikan apinya.
  2. Siapkan putih telur, lalu kocok bersama dengan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan 50 gram gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
  3. Masukkan rebusan puding kedalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan-lahan sampai merata.
  4. Tuangkan puding yang masih panas ke dalam cetakan, sebelumnya dibasahi dulu loyang dengan sedikit air. Sisihkan dan biarkan sampai puding setengah beku.
  5. Sekarang untuk puding hijaunya. Rebus susu cair, agar-agar bubuk dan gula pasir sambil diaduk terus sampai mendidih.
  6. Ambil sedikit adonan lalu campur dengan kuning telur. Kocok lepas samapi tercampur rata.
  7. Masukkan kocokan kuning telur dan pasta pandan ke dalam rebusan agar-agar. Aduk sampai tercampur rata dan masak lagi sampai mendidih.
  8. Tuang adonan saat masih panas di atas puding busa putih yang sudah setengah beku.
  9. Setelah puding beku dengan sempurna, potong-potong sesuai selera dan puding siap untuk disajikan.

Sekarang kita lanjut ke resep yang ketiga aja ya.

Resep #3 – Puding Busa Coklat

Puding busa rasa coklat

octavianinurhasanah.net

Resep puding busa yang satu ini salah satu yang paling digemari nih. Dengan rasa coklat yang sedikit pahit dan tentu ada manis dari gula. Menjadikan varian puding busa coklat menjadi kegemaran anak-anak bahkan orang dewasa pun juga senang memakannya.

Kita lihat aja yuk bahan untuk membuatnya dan cara masaknya itu gimana.

Bahan Puding Busa Coklat

Seperti dua resep sebelumnya, puding busa coklat ini juga dibagi jadi dua bahannya.

Bahan I
  • 400 ml susu cair
  • 1 bungkus agar-agar bubuk rasa coklat
  • 15 gram cokelat bubuk
  • 35 gram gula pasir #1
  • 3 buah putih telur
  • 1/8 sdt garam
  • 60 gr gula pasir #2
Bahan II
  • 1 bks agar-agar bubuk rasa coklat
  • 400 ml susu cair
  • 125 gr gula pasir
  • 1 buah kuning telur
  • 1/4 sdt pasta coklat

Cara Membuat Puding Busa Coklat

  1. Pertama kita camur terlebih dahulu bahan I, susu cair, agar-agar bubuk, gula pasir #1 dan cokelat bubuk, sambil direbus sampai mendidih. Setelha mendidih, matikan apinya dan sisihkan dulu.
  2. Kocok putih telur bersama dengan garam sampai setengah mengembang. Gula pasir #2 dimasukkan kedalam campuran putih telur dan garam sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai mengembang.
  3. Masukkan rebusan puding kedalam kocokan putih telur sedikit demi sedikit sambil terus dikocok perlahan sampai semua tercampur rata.
  4. Setelah itu tuangkan ke dalam loyang yang sudah dibasahi dengan air. Sisihkan terlebih dahulu sampai setengah beku.
  5. Kemudian kita olah bahan II, rebus susu cair, agar-agar bubuk dan gula pasir sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan masukkan sedikit rebusan susu ke dalam kuning telur. Aduk hingga semua tercampur dengan rata.
  6. Lalu masukkan campuran kuning telur ke dalam rebusan susu. Masak kembali sampai mendidih, jangan lupa tambahkan pasta coklat. Kemudian aduk semua sampai rata.
  7. Saat masih panas, tuangkan campuran bahan II di atas bahan I, lalu bekukan.
  8. Potong-potong puding sesuai selera, dan puding siap disajikan.

Lanjut ke resep yang terakhir atau yang keempat yuk.

Resep #4 – Puding Busa Sederhana

wishbeukhti.wordpress.com

wishbeukhti.wordpress.com

Sekarang giliran bikin puding busa yang sederhana aja ya. Karena yang sederhana belum tentu biasa-biasa aja. Kita buat pudingnya dengan campuran buah naga, biar yang sederhana kelihatan berwibawa, hho.

Bahan Puding Busa Sederhana

  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 750 ml susu cair putih
  • 1/2 buah, buah naga putih
  • 150 gram gula pasir
  • 2 buah putih telur
  • 1/4 sdt garam

Cara Membuat Puding Busa Sederhana

  1. Blender dulu buah naga putih-nya dengan air putih sebanyak 50 ml.
  2. Untuk membuat adonan pertama, campur buah naga putih yang sudah diblender, susu cair 350 ml, agar-agar bubuk 1/2 bungkus dan gula pasir 125 gram. Masak campuran bahan tadi dengan api kecil. Sebelum mendidih, masukkan 1/8 sdt garam dan aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Setelah mendidih, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air.
  4. Sekarang giliran adonan kedua, campur 1/2 bungkus agar-agar bubuk  dan 400 ml susu cair. Kemudian masak, sebelum mendidih masukkan 1/4 sdt garam, aduk sampai semua tercampur.
  5. Nah, ini adonan ketiga atau adonan busa, campur putih telur dengan 25 gram gula pasir. Kocok dengan menggunakan mixer sampai mengembang. Masukkan adonan kedua (setelah uapnya sudah hilang) sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai rata.
  6. Tuangkan campuran adonan dua dan tiga tersebut di atas adonan pertama. Ratakan busa dengan menggunakan spatula, lalu dinginkan.
  7. Puding busa sederhana siap disajikan.

Resep #5 – Puding Busa Jeruk

Puding Busa Jeruk

chefnote.blogspot.com

Nah, biar puding busa yang kamu buat memiliki kandungan vitamin tambahan, mari sekarang membuat puding busa jeruk.

Bahan Puding Busa Jeruk

  • 2 bungkus agar-agar putih atau plain
  • 2 butir putih telur ayam
  • 150 gram gula pasir
  • 100 ml sari atau air jeruk manis
  • 400 ml air
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • Buah jeruk segar atau bisa juga menggunakan jeruk kalengan secukupnya

Cara Membuat Puding Busa Jeruk

  1. Ambil loyang berbentuk lingkaran, lalu susun jeruk pada loyang tersebut dengan rapi, sisihkan.
  2. Masak sari jeruk yang sudah disiapkan bersama dengan agar-agar dan air. Masak sampai agar-agar larut dan semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan vanili bubuk dan gula pasir, masak lagi sampai mendidih baru kemudian api dikecilkan.
  4. Kocok putih telur menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai warnanya putih susu, mengembang, dan kaku.
  5. Masukkan agar-agar yang sudah dimasak tadi sedikit demi sedikit saat masih panas sambil terus dikocok menggunakan mixer.
  6. Setelah semuanya tercampur rata, tuangkan adonan agar-agar ke dalam loyang atau cetakan yang sudah diberi jeruk sebelumnya.
  7. Diamkan sampai uap panas menghilang kemudian masukkan ke dalam kulkas.
  8. Puding busa jeruk siap dihidangkan.

Itu tadi 4 resep puding busa yang bisa kamu cobain. Selain itu kamu juga bisa bikin pisang goreng crispy keju lho. Ini ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan, biar hasil puding kamu hasilnya lebih mantab.

Tips & Trick

  • Pastikan putih telur yang sudah dikocok benar-benar sudah kaku. Kalau pengen tau putih telurnya udah kaku apa belum, balik aja baskomnya. Tapi siapin baskom lain buat jaga-jaga takut ntar kalau belum kaku malah jatuh ke lantai.
  • Saat mencampur adonan yang dimasak ke dalam kocokan putih telur, jangan mencampur saat adonan masih panas, nanti busanya bisa rusak. Jangan waktu dingin juga mencampurnya, nanti busanya malah menggumpal. Usahakan saat memasukkan adonan, pastikan uapnya tinggal sedikit saja. Masukkan adonan agar-agarnya juga pelan-pelan sambil terus dikocok pakai mixer dengan kecepatan rendah sampai merata.
  • Kalau kita membuat agar-agar busa dengan berbagai rasa, kita bisa ganti susu cairnya dengan susu yang udah ada rasanya. Jadi nanti rasa yang dihasilkan akan semakin kuat tuh, pasti lebih mantab lagi.

Biar makin gampang tau cara bikin agar-agar atau puding busanya, langsung aja yuk kita lihat video proses membuat nya.


Nah, itu dia cara membuat dan tips-nya, selamat mencoba ya. Kalau mau mencoba membuat nastar bisa dicoba bikin selai nanasnya terlebih dahulu. Atau kamu suka makan sushi, ada nih cara membuat sushi.

16 Comments

  1. Mas Edy Masrur June 17, 2015
  2. Masrian June 23, 2015
  3. rus ita July 16, 2015
  4. masFikr July 16, 2015
  5. Azrian TS August 17, 2015
  6. masFikr August 17, 2015
  7. upi December 1, 2015
  8. Nania April 7, 2016
  9. masFikr April 7, 2016
  10. Nania April 8, 2016
  11. masFikr April 8, 2016
  12. Nania April 8, 2016
  13. umi October 24, 2016
  14. Cii ana November 29, 2016
  15. masFikr November 29, 2016
  16. reva andriyani December 4, 2016

Leave a Reply