Aneka jenis kliping

Contoh Kliping Lengkap dengan Pengertian dan Cara Membuatnya

Kamu mencari contoh kliping yang baik dan benar? Atau yang menarik dan lucu? Ada banyak kok, tenang aja, kita akan bahas semuanya di artikel ini ya.

Apa aja yang dibahas?

Lengkap pokoknya, mulai dari pengertian, susunan, cara membuat, dan contoh kliping yang baik.

Simak baik-baik ya setiap bahasannya, biar langsung ngerti dan bisa praktek.

Apa itu Kliping?

Pengertian kliping atau arti kliping itu apa sih?

Kliping adalah kegiatan menggunting bagian tertentu dari sebuah majalah, koran, atau media cetak lain untuk kemudian ditempelkan di kertas lain atau buku.

Bagian yang dari media cetak yang sudah digunting harus bertema ya, pembahasannya harus sama. Misalnya nih, kliping yang akan kamu buat bertemakan kerusakan lingkungan, maka gambar dan artikel yang dipotong dari majalah haruslah dengan tema yang sedang kamu bahas.

Jadi, ketika ada orang lain yang melihat kliping kamu, mereka tidak akan bingung. Informasi yang mereka serap bisa jauh lebih mendalam karena banyak informasi yang kamu kumpulkan ke dalam kliping milikmu.

Tujuan Kliping

Tentu saja mengkliping sesuatu itu ada tujuannya. Apa itu?

Tujuan dari kliping adalah menggabungkan atau mengumpulkan informasi dari sebuah tema yang awalnya berasal dari berbagai sumber untuk suatu kepentingan. Kepentingan disini beragam ya, bisa karena tugas sekolah, kepentingan pribadi, ada merangkum informasi untuk dilaporkan kembali.

Susunan Kliping

Sebelum membuat kliping, kamu harus tahu dulu penyusunan dari kliping itu sendiri. Unsur dalam kliping juga harus pas, biar orang lain nggak bingung ketika melihat kliping kamu.

Susunan kliping yang benar juga harus kamu perhatikan ya, agar lebih terstruktur. Lalu bagaimana susunan kliping yang benar itu?

1. Sampul Kliping

Sampul atau cover ini harus ada dalam kliping ya. Biar kliping yang kamu buat jadi lebih menarik dan ketika orang akan membaca, mereka tahu tema dari kliping kamu.

Jadi, buatlah cover yang menarik dan bagus ya, biar orang tertarik saat pertama melihat sampulnya. Bikin cover yang menggambarkan isi dari kliping kamu.

2. Kata Pengantar Kliping

Bukan cuma laporan atau skripsi aja yang pakai kata pengantar, di dalam kliping juga ada, hehehe.

Tapi, penggunaan kata pengantar dalam kliping ini memang jarang sih. Tapi, nggak ada salahnya kok buat menambahkan unsur kliping yang satu ini.

Kamu bisa membuat kata pengantar yang baik seperti layaknya karya ilmiah atau skripsi ya.

3. Daftar Isi Kliping

Untuk navigasi dan mempermudah orang mencari, maka dibuatlah daftar isi, termasuk di dalam kliping. Daftar isi ini berisi informasi tentang halaman dan tema yang dibahas. Jadi, orang tidak perlu bingung jika ingin mendapatkan informasi tertentu.

4. Isi Kliping

Bagian isi ini adalah unsur kliping yang utama. Isi atau pembahasan harus sesuai dengan judul, tema, dan sampul yang sudah kamu buat ya. Biar orang nggak bingung ketika membuka kliping milikmu.

Masak cover-nya tentang teknologi terbaru, setelah dibuka isinya lingkungan hidup, kan nggak nyambung tuh.

Selain memberikan isi yang sesuai dengan cover, berikan juga sumber dari mana gambar dan artikel itu kamu dapat ya. Bisa dengan menggunting nama majalah, koran, dan media lain serta tanggal terbitnya.

5. Kesimpulan dan Saran

Setelah memaparkan banyak informasi dari berbagai sumber, kita memberikan kesimpulan. Tujuannya tentu saja agar pembaca mudah mengerti kesimpulan dari isi kliping.

6. Daftar Pustaka

Walaupun kamu sudah menyertakan sumber pada isi, tapi daftar pustaka ini nggak boleh terlewat ya. Buat daftar pustaka juga nggak boleh asal, harus sesuai dengan aturan baku yang berlaku.

Nah, kamu harus memperhatikan setiap unsur dan susunan di dalam pembuatan kliping ya. Biar kliping menjadi sistematis dan mudah dipahami pembaca.

Cara Membuat Kliping

Setelah mengetahui susunan yang benar dari sebuah kliping, kita akan mempelajari cara membuat kliping yang baik dan benar.

1. Tentukan Tema

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tema sebuah kliping itu penting, dan ini harus ditentukan pertama kali. Tema yang dipilih ada banyak, mulai dari lingkungan, pertanian, teknologi, kesehatan, perternakan, industri, dan tema-tema menarik lainnya.

Kalau saran saya nih, jika kliping merupakan tugas dari guru, lebih baik cari tema yang mudah dicari. Jadi kamu nggak kebingungan untuk mencari materinya.

Tapi, kalau kliping yang dibuat untuk kepentingan pribadi, bisa lah cari tema yang disukai. Tentu kamu akan melakukan pencarian yang ekstra untuk mendapatkan materinya.

2. Kumpulkan Bahan

Setelah tema sudah oke, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan bahan kliping. Biasanya, orang kalau mencari bahan kliping itu di koran, tabloid, atau majalah. Tapi, sekarang ini kamu juga bisa mencarinya di internet lho.

Nah, kalau kamu ambil dari internet, perhatikan dulu sumber yang kamu ambil itu. Pastikan bahwa itu kredibel, bukan dari website abal-abal yang hanya share berita hoax saja ya.

Setelah dapat bahan dari internet, print atau cetak bahan referensi tersebut. Jangan lupa cantumkan sumber dan tanggal aksesnya ya.

Oia, sebaiknya, kalau kamu mencari bahan, usahakan yang masih baru ya. Ya, paling nggak jangan menggunakan bahan yang udah ditulis 10 tahun yang lalu. Gunakan referensi dari tahun lalu atau yang dekat-dekat ini.

3. Siapkan Alat

Sumber kliping sudah lengkap? Sekarang tinggal siapkan bahan untuk membuat kliping. Kamu membutuhkan beberapa alat tulis seperti,

  • Gunting
  • Penggaris
  • Lem
  • Kertas
  • Stapler
  • Pulpen

Kalau kamu ingin menghias kliping seperti layaknya bikin scrapbook, bisa gunakan juga bahan lainnya ya. Misalnya saja pakai spidol warna-warni, hiasan dari kertas, dan hiasan lain.

4. Gunting Bahan Kliping

Bahan yang sudah kamu kumpulkan sebelumnya, guntinglah dengan rapi. Pastikan kamu menggunting semua bagian artikel ya. Jangan sampai ada bagian yang nggak terpotong, hal itu dapat menyebabkan informasi yang ditempel nanti jadi nggak lengkap.

Pisahkan bahan-bahan ini ya, jangan sampai antara satu bahan dengan bahan lainnya tercampur. Ini nanti bikin orang yang membacanya bingung.

5. Tempelkan Bahan Kliping

Setelah semua bahan digunting, tempelkan di kertas HVS atau kertas karton. Tempelkan gambar dan juga artikelnya kalau bisa dalam satu halaman kertas ya. Susun dengan terstruktur dan sistematis.

Pastikan semua informasi penting kamu tempelkan ya, mulai dari judul, gambar, isi artikel, tanggal terbit, dan nama media cetaknya.

Setelah semua ditempel dengan rapi, beri nomor halaman di tiap lembar klipingnya. Biar nanti kamu bisa langsung membuat daftar isi dengan mudah.

Kalau mau dikasih hiasan juga boleh kok. Tambahkan saja hiasan bunga, pernak-pernik, atau hiasan lainnya.

6. Bikin Sampul Kliping

Sampul atau cover kliping ini bisa kamu buat dengan menggunakan komputer. Biasanya, isi cover ini cukup sederhana, yang penting bisa bikin calon pembaca penasaran.

Isi dari cover pun cukup judul, sedikit gambar yang cukup menjelaskan, dan penyusun dari kliping.

7. Membuat Kata Pengantar

Jangan lupa ketinggalan yang kata pengantarnya. Kamu bisa membuatnya dengan mencari contoh kata pengantar makalah atau karya ilmiah.

Tapi, kalau memang dirasa nggak dibutuhkan, kata pengantar ini boleh kamu hilangkan kok.

8. Bikin Kesimpulan dan Saran

Kamu tentu sudah membaca semua bahan yang dikumpulkan dong? Nah, buat aja kesimpulan dari apa yang kamu baca itu. Jangan lupa berikan saran untuk tema yang sedang kamu bahas ya.

9. Buat Daftar Pustaka

Daftar pustaka ini dibuat seperti kamu membuat daftar pustaka saat membuat karya ilmiah atau makalah. Jadi, semua bahan yang kamu jadikan referensi dibuat daftarnya dan dimasukan ke daftar pustaka.

10. Susun Kliping

Kalau semua bahan sudah siap, susun sesuai dengan cara penyusunan yang benar. Kamu bisa lihat kembali ke bagian atas untuk susunan kliping yang benar itu seperti apa.

11. Membuat Daftar Isi

Kalau semua sudah tersusun dengan rapi, saatnya membaut daftar isi. Daftar isi ini biasanya diletakkan setelah halaman kata pengantar.

Dengan susunan kliping yang sudah rapi, kamu bisa dengan mudah membuat daftar isinya. Buat aja pakai komputer menggunakan Word atau program lainnya. Setelah jadi, tinggal di-print dan masukkan di susunan kliping setelah kata pengantar.

12. Jilid Kliping

Cek lagi semua unsur yang ada dalam kliping, kalau sudah terpenuhi semuanya, tinggal jilid aja tuh. Kamu bisa jilid manual menggunakan stepler dan lakban sendiri di rumah. Atau, kalau mau yang rapi dan nggak ribet, bawa aja ke tukang foto copy, hehehe.

Contoh Kliping

Buat yang masih bingung sama gambaran kliping itu seperti apa, berikut ini beberapa contoh kliping yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Contoh Cover Kliping

Cover kliping
4alfa.wordpress.com

Kamu bisa membuat cover yang bagus seperti gambar di atas. Itu buatan anak SD lho, gimana kalau udah SMP atau SMA, pastinya lebih bagus lagi dong.

Contoh Kliping Berita Masyarakat

Kliping berita kemasyarakatan
kotaku.pu.go.id

Mengambil sumber dari koran berupa berita juga bisa dijadikan kliping lho.

Contoh Aneka Kliping

Contoh kliping
lithasari.blogspot.com

Kamu bisa lihat tuh, ada banyak tema kliping yang bisa dibuat, mulai dari IPTEK, lingkungan, kesehatan, ekonomi, hobim dan tema lainnya yang sangat menarik untuk dibahas.

Contoh Kliping Sosial

Contoh kliping sosial kemasyarakatan
infoklipingsyam.wordpress.com

Buat yang anak IPS, bisa cobain bikin kliping dengan tema sosial seperti di atas.

Contoh Kliping Daerah

Berita daerah
payakumbuhkota.go.id

Kalau ini kliping dari berita-berita di daerah. Mungkin digunakan untuk pemerintah daerahnya berbenah agar lebih baik lagi ya.

Contoh Kliping Sosial Kemasyarakatan

Tema sosial
sharekliping.blogspot.com

Masih yang bertema sosial nih, tema tetangga ini juga menarik buat dijadikan kliping.

Contoh Kliping PKN

Buat kamu yang punya tugas pelajaran PKN untuk bikin kliping, ada banyak tema yang bisa kamu bahas disini. Tentu saja yang masih berhubungan dengan PKN ya, misalnya saja pancasila.

Contoh Kliping Sejarah

Untuk tema sejarah, biasnya jarang banget nih informasinya di media cetak. Kalaupun ada, mungkin kamu bisa mencari media cetak yang terbit saat hari tertentu.

Misalnya nih ya, saat hari kemerdekaan, hari pahlawan, hari kesaktian pancasila, dan masih banyak lagi. Biasanya, pada hari-hari tersebut, media cetak akan membahas sejarah.

Contoh Kliping Olahraga

Kalau tema olahraga mah banyak banget nih, di koran aja setiap hari dibahas. Tinggal kamu mau pilih apa olahraganya. Ada voli, badminton, basket, dan yang paling banyak sih sepak bola.

Seluruh pembahasan tentang kliping ini semoga bisa menjadi informasi tambahan untuk belajar kamu ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.