5 Tempat Makan untuk Kamu yang Berwisata Kuliner di Solo

Solo, salah satu kota di Jawa tengah yang letaknya nggak jauh dai Kota Jogja. Mempunyai banyak tempat asik yang bisa kamu kunjungi dan tentu saja, akan ada banyak cerita di sana. Mulai dari wisata alamnya, sampai wisata budaya ada semua di Kota Solo.

Atau, kalau kamu pecinta kuliner, di Solo ini juga banyak lho tempat makan yang tentu akan memuaskan perut kamu. Dan, tempatnya pun nggak cuma satu aja, ada banyak tempat terkenal yang bisa kamu cicipin makanannya. Ya, walaupun selera orang itu berbeda-beda, tapi nggak ada salahnya untuk dicoba. Dari pada penasaran, berikut ini beberapa tempat makan di Solo yang harus kamu cobain kelezatannya.

1. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman Solo

befira.blogspot.com

Mungkin kamu tahu salah satu makanan khas Bandung yang bernama surabi. Ternyata, di Solo juga ada lho makanan yang mirip banget sama surabi, namanya serabi. Tempat yang menjual serabi paling terkenal di Solo ada di Jalan Moh. Yamin No. 28 yang sebelumnya, jalan ini bernama Jalan Notosuman.

Serabi ini terkenal dengan nama Serabi Notosuman. Sedikit berbeda dengan surabi, makanan khas Jawa Barat itu, Serabi Notosuman nggak pakek kuah ketika dihidangkan.

Serabi yang terkenal dengan cita rasa khasnya ini sudah ada sejak tahun 1923 lho. Jadi, kamu nggak perlu meragukan soal rasa dan kelezatan jajanan yang satu ini. Bahkan, cara memasaknya pun masih mempertahankan gaya tradisional dengan menggunakan tungku-tungku kecil sebagai pemanasnya.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan rasa serabi ini, langsung aja dateng ke tempatnya. Oia, kalau mau variasi rasa, di Serabi Notosuman, kamu bisa memilih, mau rasa original atau polos, atau kamu mau memilih rasa coklat.

2. Timlo Sastro

Timlo Sastro Solo

tummyteaser.blogspot.com

Salah satu makanan khas Solo yang terkenal adalah timlo, dan ini bukan nama band lucu itu lho. Timlo ini makanan yang udah jadi ciri khas Solo, sama kayak gudeg kalo di Jogja. Tapi, saking banyaknya yang jualan timlo di Solo, kamu mesti cobain timlo terkenal, yaitu Timlo Sastro.

Sebenernya, timlo ini makanan berkuah mirip sop gitu, isinya ada macem-macem. Ada kentang, ati ampela, sosis, wortel, dan daging ayam. Nggak lupa kuah dari kaldu ayam yang rasanya gurih, atau kamu juga bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan tambahan kriuk dari kerupuk.

Seperti yang tadi sudah disebutin, warung timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro. Dan tau nggak, ternyata warung ini sudah ada sejak tahun 1952 lho, bisa bayangin kan gimana resep turun temurun dari timlo yang satu ini?

Kalau kamu penasaran, langsung aja dateng ke belakang Pasar Gede, di sana kamu akan ketemu sama warung timlo ini. Tapi jangan dateng malem-malem ya, karena Timlo Sastro cuma buka dari jam 6 pagi sampai jam 3 sore. Nah, kalau kamu dateng ke sini, kamu juga akan disuguhi pertunjukan musik keroncong yang tentu bisa membuat kamu bernostalgia.

3. Tengkleng Bu Edi

Tengkleng Bu Edi Solo

tengklengsolo.blogspot.com

Kalau kamu berkunjung ke Solo dan mampir di Pasar Klewer, nggak ada salahnya lho mampir ke Tengkleng Bu Edi. Kamu pasti laper kan habis muter-muter pasar dan membawa banyak belanjaan?

Tengkleng Bu Edi ini salah satu warung yang terkenal lho di Solo. Tengkleng terbuat dari tulang kambing yang masih ada sedikit daging. Walaupun tulang, tapi rasa nggak bisa bohong lho, maknyus pokoknya. Di Tengkleng Bu Edi kamu bisa pilih, apakah mau menggunakan kuah santan atau tidak.

Nah, tengkleng ini bisa dibilang fenomenal, walaupun tempatnya nggak kayak restoran besar, tapi penggemarnya banyak. Bayangin aja nih ya, dalam hitungan jam, Tengkleng Bu Edi sudah habis lho. Gimana tuh? Fenomenal nggak?

Buruan dateng ke tempat ini, kalau bisa kamu dateng sebelum warungnya buka ya, paling nggak antri dari jam 1 siang, biar nggak kehabisan.

4. Selat Solo Mbak Lies

Selat Solo Mbak Lies

emiliamahatsih.blogspot.com

Satu lagi makanan khas dari Solo selain timlo, namanya selat Solo. Salah satu warung sekat Solo yang terkenal adalah Selat Solo Mbak Lies. Warung ini berada di Gang Yudistira II No. 42, Cerengan, RT/RW 03/02, Surakarta, Jawa Tengah.

Kalau kamu belum tau selat Solo, makanan ini tuh terdiri dari potongan daging sapi yang dimasak semur, telur rebus, kentang goreng, galantin, wortel, buncis, acar timun, daun selada, dan irisan bawang merah. Nggak lupa pelengkapnya yaitu mustard yang terbuat dari cuka sama kuning telur.

Kalau dilihat-lihat, makanan ini mirip sama makanan orang luar negeri ya. Udah pakai daging sapi, pakai kentang lagi. Tapi, buat kamu yang lidahnya nggak cocok sama masakan luar, mesti cobain nih selat Solo. Rasanya itu udah Indonesia banget, apalagi Selat Solo Mbak Lies, maknyus deh.

5. Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi Solo

efekgila.com

Selain sate ayam dan kambing, ternyata ada jenis lain dari sate yang ada di Indonesia lho, namanya sate kere. Sate kere ini terbuat dari tempe gembus, tapi ada juga yang terbuat dari jeroan sapi. Jadi, nama sare kere ini diambil mungkin karena bahan yang digunakan untuk membuatnya ya.

Nah, salah satu warung sate kere yang terkenal di Solo adalah Sate Kere Yu Rebi. Lokasinya ada di belakang Stadion Sriwedari Solo dan juga Galabo.

Buruan dateng ke sini kalau kamu penasaran. Warung Sate Kere Yu Rebi ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam kok, jadi nggak perlu takut kehabisan ya.

Leave a Reply