Wisata Kuliner di Semarang, Tempat Makan Enak dan Bikin Kenyang

Pernahkah kamu jalan-jalan di Kota Semarang, Jawa Tengah? Ngapain aja di sana? Berwisata ke tempat bersejarah atau mengunjungi wisata alam di Semarang? Atau mungkin, kamu berburu kuliner enak yang ada di Kota Lumpia ini?

Apapun alasan berkunjung ke Semarang, tentu akan terasa kurang jika kamu nggak mencicipi cita rasa makanan khas di kota ini. Apalagi, di Semarang banyak sekali tempat makan yang bisa memuaskan hasrat dan rasa penasaran akan kekayaan rasa Indonesia.

Kamu bakal nemuin banyak tempat makan yang mungkin tidak akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke kota lain. Walapun makanan yang kamu makan itu sama lho, tapi pasti ada rasa yang berbeda, tentu rasa Semarang dengan kenangan yang ada di sana. Bukan kenangan mantan ataupun adek-adekan lho ya, tapi kenangan masakan yang membuat kamu pengen merasakannya lagi.

Kalau kamu lagi bingung mencari tempat makan yang ada di Semarang, berikut ini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi. Tentu rekomendasi tempat ini merupakan kuliner yang sudah teruji cita rasanya lho ya. Jadi nggak perlu ragu buat dateng dan buktikan sendiri kelezatan masakannya.

1. Soto Bangkong

Soto Bangkong, tempat makan enak di Semarang

janusantara1989.blogspot.co.id

Soto Bangkong merupakan salah satu tempat makan yang perlu kamu coba ketika berkunjung ke Semarang. Warung soto ini sudah ada sejak tahun 1950-an lho, jadi rasa dari masakannya tidak perlu kamu ragukan lagi.

Dalam Soto Bangkong, kamu akan menemukan kuah gurih, bihun, suwiran ayam, irisan bawang, dan bawang goreng. Rasanya tentu akan menggoyang lidah kamu dengan kelezatannya. Penasaran rasanya? Langsung saja datang ke Jalan Bangkong, atau sekarang namanya Jalan Brigjen Katamso.

2. Mangut Welut Bu Nasimah

Mangut Belut Bu Nasimah Semarang

qubicle.id

Kalau biasanya mangut itu terbuat dari lele, di Semarang ada mangut yang bahan dasarnya adalah belut lho. Warung yang terkenal menjual mangut belut di Semarang adalah Mangut Welut Bu Nasima. Nama welut merupakan bahasa Jawa dari belut.

Warung Mangut Welut Bu Nasimah ini ada di Jalan Menoreh No. 10, Sampangan. Buat kamu yang suka pedes, coba deh kunjungi tempat ini, karena ada dua jenis mangut yang bisa kamu coba. Mangut yang pedesnya biasa aja sama mangut super pedas, yang tentu akan membuat kamu berkeringat ketika memakannya.

3. Bebek Goreng Pak Thori

Suka makan bebek? Coba deh kalau ke Semarang mampir ke Bebek Goreng Pak Thori. Seperti warung bebek pada umumnya, kamu tentu akan menemukan menu berupa bebek goreng lengkap dengan sambelnya. Walaupun penyajian dan menunya sama, tapi rasa tentu nggak kalah dari tempat lainnya.

Dari pada cuma ngebayangin aja, coba deh kamu datang langsung ke warungnya, letaknya ada di Jalan Raya Gunung Pati KM 15. Di sana kamu bisa mencicipi Bebek Goreng Pak Thori yang rasanya tentu saja enak dan lezat.

4. Nasi Ayam Pojok Matahari Bu Sami

Nasi Ayam Pojok Matahari Bu Sami Semarang

vibizmedia.com

Hampir di setiap kota kamu bisa dengan mudah menemukan nasi ayam. Mau ayam goreng, ayam bakar, atau ayam tepung, pasti di kota kamu ada yang menjualnya tuh. Begitu juga di Semarang, kamu juga akan menemukan banyak warung yang menyajikan nasi ayam.

Tapi, ada satu warung yang layak untuk kamu coba kelezatannya lho, Nasi Ayam Pojok Matahari Bu Sami. Warung ini biasanya buka saat waktu sudah mau mendekati tengah malam. Dan jangan kaget, walaupun bukanya malam, tapi warung ini selalu ramai oleh konsumen.

Menu yang disajikan di sini adalah nasi dengan suwiran ayam, telur yang dipotong menjadi dua, tahu bacem, bumbu kuning, kuah bening yang rasanya gurih, krecek, dan sayur labu. Rasa dari masakannya nggak usah ditanya lagi deh, pastinya enak, dan nggak terlalu manis.

Penasaran? Langsung aja dateng ke Pojok Matahari yang ada di Simpang Lima Semarang. Jangan dateng siang hari ya, pasti warungnya belum buka tuh.

5. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

Gule Kambing Pak Sabar Bustaman tempat makan enak di Semarang

jaghorentacar.wordpress.com

Salah satu olahan kambing yang cukup populer di Indonesia adalah gulai kambing. Kalau kamu salah satu penggemarnya, di Semarang juga ada lho warung yang menyajikan gulai kambing enak, namanya Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar. Tempat makan ini menyajikan gulai kambing yang lezat dan rasanya nendang.

Ketika kamu datang ke Kota Tua, Semarang, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar sudah siap menyajikan menu yang lezat. Walaupun hanya warung tenda, tapi rasanya nggak kalah sama bintang lima. Banyak orang yang rela jauh-jauh datang untuk menikmati sajian di tempat ini. Jadi tunggu apa lagi? Langsung deh datang dan nikmati masakan gulai lezat di sini.

6. Bakmi Jawa Pak Gareng

Bakmi Jawa Pak Gareng, wisata kuliner Semarang

goodindonesianfood.com

Semarang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah, dan kalau ke Jawa tentu ada makanan khas berupa mie. Salah satu mie yang enak adalah mie Jawa dan kamu akan menemukannya di Semarang, Bakmi Jawa Pak Gareng. Kamu bisa memilih, mau bakmi goreng atau bakmi kuah, yang penting jangan terpecah belah hanya karena beda pilihan menu makanan saja ya.

Bakmi Jawa Pak Gareng terdiri dari mie, telur, ayam suwir, sawi, dan kol. Dengan perpaduan bahan-bahan tersebut, ditambah bumbu yang pas, membuat rasa bakmi Jawa di tempat ini makin mantab.

Buat kamu yang menghindari makan mie dan lebih memilih nasi, ada juga kok menu tersebut, namanya nasi ruwet. Rasanya? Tentu nggak kalah sama bakmi Jawa, tapi tergantung selera juga sih.

7. Angkringan Gaul Ampiran 3

Ternyata, angkringan nggak cuma di Jogja aja yang terkenal, di Semarang juga ada lho, salah satunya adalah Angkringan Gaul Ampiran 3. Kalau kamu anak muda, coba deh berkunjung ke tempat ini karena kebanyakan yang makan di sini adalah anak-anak muda. Hal ini mungkin karena konsep tempatnya yang emang anak muda banget.

Seperti angkringan pada umumnya, menu yang ada di Angkringan Gaul Ampiran 3 yaitu nasi kucing, gorengan, dan sate. Selain itu, ada beraneka macam minuman hangat, panas, atau dingin. Tapi, yang bikin betah nongkrong di tempat ini adalah fasilitas wifi dan juga live musiknya.

Kalau kamu mau cari tempat nongkrong baru, langsung aja menuju Jalan Durian Raya No. 29 C, Banyumanik, Semarang.

8. Tahu Gimbal Semarang

Tahu Gimbal Semarang

kulinernet.blogspot.com

Salah satu makanan khas dari Semarang adalah tahu gimbal, dan kamu bisa menemukannya di jalan Menteri Supeno, tepatnya ada di daerah Taman KB. Tempat ini cocok banget buat kamu yang mencari tahu gimbal yang enak dan tentu ramai.

Kalau kamu belum tau apa itu tahu gimbal, makanan ini merupakan perpaduan dari lontong, telur, kol, tauge, dan tahu. Terus, ada juga udang yang dipadukan dengan tahu, dan juga saus yang menggunakan petis.

9. Nasi Goreng & Gongso Babat Pak Karmin

Kalau kamu cari tempat makan enak yang tempatnya sederhana tapi masakannya luar biasa, dateng aja ke warung Pak Karmin ini. Tempat ini menyajikan olahan nasi berupa nasi goreng yang rasanya enak karena bumbunya pas. Penyajiannya pun terlihat menarik karena menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

Nasi Goreng Pak Karmin, selain menggunakan daun pisang sebagai alasnya, juga dilengkapi dengan potongan telur dan juga acar mentimun. Kamu juga bisa memilih akan menggunakan tambahan babat, ati, limpa, paru, atau jenis jeroan lainnya.

Selain nasi goreng, ada juga babat gongso, masakan yang terbuat dari potongan babat dan jeroan berupa ati, paru, limpa, atau iso yang sudah dimasak sampai empuk. Penyajiannya biasanya bersama dengan bumbu kecap yang manis dan gurih.

10. Rumah Makan Kampung Laut

Kampung Laut Semarang

adeknakemal.blogspot.co.id

Kalau tempat yang satu ini cocok banget buat kamu penikmat ikan laut dan teman-temannya. Tempat makan yang menawarkan masakan enak dan tempat yang nyaman. Terdapat juga kolam pemancingan yang bisa kamu gunakan unuk memancing sembari menunggu makanan datang.

Menunya? Tentu berbagai macam olahan seafood dan non-seafood juga ada. Kalau kamu alergi seafood, ada menu ayam dan iga sapi.

Ada yang unik dari tempat yang satu ini, kamu bisa menikmati makanan yang dipesan di atas saung yang mengapung. Pasti menjadi pengalaman yang baru dan mungkin tak terlupakan.

11. Kue Leker Paimo

Leker Paimo, jajanan enak di Semarang

kecupmanis.com

Kue leker merupakan salah satu jajanan waktu kita masih seumuran anak sekolahan. Nah, kalau kamu sudah sampai di Semarang, ada lho tempat yang jual kue leker, ya itung-itung buat nostalgia lah. Tempatnya ada di Jalan Karanganyar, penjual kaki lima di sekitar SMA Kolose Loyala.

Menu yang disajikan di tempat ini tentu saja adalah kue leker yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Kue Leker Paimo, selain memiliki rasa yang biasanya, ada juga pilihan rasa pedas dan rasa lainnya yang menggugah selera.

Leave a Reply