5 Wisata Kuliner di Cirebon, Tempat Makan Enak Tanpa Perlu Nge-bon

Buat kamu yang sering berwisata kuliner, pasti akan mencari tempat makan yang ramai dan banyak direkomendasikan orang. Bahkan kalau tempatnya itu jauh dan terpencil, dibela-belain deh biar ketemu dan bisa mencicipi cita rasa dari masakan yang ada di sana.

Kalau kamu gimana? Suka nggak berkeliling dan mencoba berbagai makanan di suatu daerah? Ada lho temen saya yang mencari makanan terkenal di Solo, padahal dia tinggalnya di Jogja. Ya ke Solo cuma cari makanan aja, habis dapet pulang lagi deh ke Jogja.

Mungkin seperti itu gambaran orang yang memang pecinta wisata kuliner. Dimanapun tempat makan enak berada, akan dikejar untuk mengetahui rasanya.

Kalau ngomongin soal tempat makan, pernahkah kamu mencoba berbagai kuliner yang ada di Cirebon? Ada banyak makanan khas Cirebon yang enak dan menggoda lho. Sayang banget kalau kamu sedang berada di kota ini dan nggak mencoba makanan enak yang ada di sana.

Buat kamu yang sudah di Cirebon dan belum tahu mau makan di apa dan dimana, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat kuliner yang bisa kamu datangin.

1. Tahu Gejrot

Tahu gejrot

wisnuwidiarta.wordpress.com

Kamu tentu sudah tahu bahwa tahu gejrot adalah makanan khas yang berasal dari Cirebon. Bahkan makanan ini sudah banyak ada di berbagai kota yang ada di Indonesia lho, mungkin di kota kamu juga ada tuh.

Tahu gejrot merupakan makanan yang terbuat dari potongan tahu goreng. Kemudian diberi bumbu berupa kuah yang terbuat dari campuran bawang putih, cabe, bawang merah, dan air gula. Tasanya? Mantab deh, perpaduan antara manis, asam, dan juga pedas, jadi terasa segar dan menggoyang lidah.

Nah, kalau kamu ke Cirebon, cobain deh tahu gejrot ini langsung dari tempat asalnya. Kamu akan mudah menemukan makanan olahan tahu ini dengan harga yang bersahabat tentunya. Tahu gejrot ini cocok kok buat mengganjal perut yang sedang lapar dan nggak pengen makan berat. Tapi ingat, kalau perut masih kosong, jangan pakai cabe yang banyak ya, nanti kamu bisa sakit perut tuh.

2. Nasi Jamblang Ibu Nur

Nasi Jamblang

rumahukm.com

Nasi jamblang juga merupakan salah satu makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Jamblang ternyata merupakan nama daerah yang ada di barat Cirebon, tempat asal makanan ini.

Di zaman dahulu, nasi jamblang adalah makanan yang pembungkusnya menggunakan daun jati, dengan bahan utama nasi dan kamu bisa menambahkan berbagai macam lauk yang dipilih sesukamu. Saat ini, penjual nasi jamblang sudah jarang menggunakan daun jati sebagai pembungkus, tetapi masih digunakan untuk mengalasi piring.

Pemilihan daun jati untuk pembungkus nasi jamblang ternyata bukan tanpa sebab lho. Daun jati dipilih karena memiliki pori-pori yang dapat menjaga kualitas nasi walaupun disimpan dalam waktu yang sedikit lebih lama dari biasanya. Nasi akan terasa tetap enak dan pulen.

Sedangkan lauk yang bisa kamu pilih ada banyak, mulai dari ikan asin, tempe goreng, aneka pepes, tumis cumi hitam, ayam goreng, aneka sate, tumis udang, gulai lidah, semur telur, paru goreng, limpa sapi, dan masih ada lagi lauk-lauk lainnya.

Kalau kamu datang dan ingin menikmati nasi jamblang, tinggal pilih aja tuh lauk yang mau dimakan. Harga yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari 3-ribuan sampai belasan ribu. Jika kamu memilih lauk yang banyak, tentu akan ada harga yang harus kamu bayar, hho.

Di Cirebon ada banyka warung makan yang menyajikan nasi jamblang ini. Walaupun ada banyak, tentu saja ada warung yang ramai pembeli dan namanya sudah terkenal dong. Bahkan kamu harus antri untuk bisa menikmati sepiring nasi dengan beberapa lauknya.

Langsung aja deh datang ke Nasi Jamblang Ibu Nur, alamatnya ada di Jalan Cangkring II No. 34. Kalau kamu ke warung ini, jangan sampai datang kemaleman ya, bisa-bisa nanti kehabisan tuh. Sayang kan udah jauh-jauh datang tapi nggak kebagian?

Mending kamu datang ke Nasi Jamblang Ibu Nur ini pagi-pagi aja, saat semua orang sedang nggak terlalu nafsu makan. Dijamin deh, antriannya nggak begitu panjang, sehingga kamu cepat dapat makanan. Terus, kalau lagi laper, ambil nasinya dua porsi sekalian aja, soalnya porsinya mungkin kurang buat orang yang kelaparan, hehe.

3. Kepiting Saos Padang – Seafood H. Moel

Seafood H Moel

jadagram.com

Buat kamu pecinta kuliner, ada lho salah satu tempat di Cirebon yang rekomended banget buat kamu. Namanya Seafood H. Moel, dan salah satu makanan favofit di sini adalah kepiting saos padang. Salah satu cabang Seafood H. Moel ada di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo No. 71, Cirebon.

Mendingan kamu langsung dateng aja deh ke tempat ini, dan tentu saja pesan kepiting saus padang. Dengan rasa yang tidak terlalu pedas, masakan kepitingnya lebih berasa mantab lho.

4. Docang

Docang khas Cirebon

indonesiawisata.info

Penggemar sayur tentu tidak akan melewatkan docang ketika berkunjung ke Cirebon. Docang merupakan makanan kaya serat yang penuh dengan sayur. Terbuat dari lontong, dengan daun singkong, kacang hijau, dan toge. Kemudian disiram dengan kuah yang terbuat dari campurang kelapa dan oncom yang warnanya kemerahan.

Jika kamu melihatnya sekilas, seolah seperti lontong sayur, tetapi begitu makanan ini masuk ke dalam mulut, akan terasa gurih dan lezat. Bisa-bisa kamu ketagihan dengan rasa kuahnya yang menyegarkan tuh.

Kalau penasaran, langsung aja dateng ke Jalan Siliwangi, pusat Kota Cirebon, atau bisa juga ke Pasar Perumnas. Di sana kamu bisa menemukan penjual docang di pagi hari.

5. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong H Apud

lesatkuliner.blogspot.co.id

Salah satu olahan daging sapi yang cukup terkenal di Pulau Jawa adalah empal gentong. Masakan khas yang terbuat dari potongan daging sapi atau jeroan sapi dengan kuah santan. Sekilas, tampilan empal gentong mirip seperti gulai, tetapi rasanya lebih manis dan gurih.

Nama masakan ini diambil dari cara memasaknya, yaitu menggunakan gentong. Masaknya pun masih dengan cara tradisional, menggunakan kayu bakar dan dimasak di dalam gentong tanah liat. Selain menggunakan daging dan juga jeroan sapi, empal gentong juga ada yang pakai usus, paru, limpa, dan babat.

Soal rasa, jangan diragukan lagi deh, apalagi di warung Empal Gentong H. Apud. Rasanya gurih, berasal dari campuran rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan kayu manis. Dagingnya pun empuk, nggak susah untuk memakannya. Terus, kalau kamu suka sambel, bisa juga ditambah sambel sesuai dengan selera kamu.

Buat kamu yang pengen merakan cita rasa khas empal gentong, langsung aja menuju ke sepanjang Desa Battembat, di sana ada Empal Gentong H. Apud yang sudah sangat terkenal. Seporsinya pun nggak terlalu mahal kok, jadi kantong kamu bisa aman dan nggak bolong.

Biasanya, empal gentong akan disajikan bersama dengan nasi atau lontong, bersama kuah yang kental panas, lalu ditaburi dengan daun kucai. Kamu bisa menambahkan dengan jeruk nipis dan cabe bubuk untuk menambah kemantaban rasanya. Tertarik mencoba?

Leave a Reply