17 Tempat Makan dan Wisata Kuliner Enak di Bandung

Bandung, selain memiliki makanan khas ada juga lho tempat makan yang cukup terkenal di sana. Kamu bisa tuh berwisata kuliner keliling Bandung buat menikmati makanan enak sambil menikmati keindahan kota yang disebut Paris van Java ini.

Nah, buat kamu yang masih belum tau mana aja tempat makan di Bandung yang terkenal, mending baca artikel ini sampai selesai deh. Terus, datengin tuh satu-satu tempatnya, cobain makanan di sana dan pilih mana tempat makanan yang paling kamu suka. Kalau udah, komen deh di bawah, atau kalau mau nambahin rekomendasi tempat wisata kuliner juga boleh lho.

1. Rumah Sosis

Tempat Makan Rumah Sosis Bandung

blog.eriknerum.com

Dari namanya aja kamu pasti udah bisa nebak kalau menu utama di tempat makan yang satu ini adalah sosis. Dan memang benar, sosislah yang paling mendominasi di sini. Ada sosis sapi, ikan, dan ayam, ukurannya pun ada yang besar atau kecil. Ya, disesuaikan dengan selera kamu, suka yang kecil apa besar.

Tapi, buat kamu yang nggak suka sosis jangan khawatir, ada menu lain yang bisa kamu cicipi kok. Mulai dari, nasi goreng, chicken katsu, nasi liwet, dan berbagai makanan lain yang rasanya nggak kalah lezat.

Konsep dari Rumah Sosis adalah “eat, swim, play“. Dari konsep tersebuat, bukan berarti kamu bakalan bisa berenang, sambil makan dan bermain di kolam renang lho ya. Kalau “eat“, tadi udah jelas menu-menunya, “swim” juga pasti ada kolam renangnya. Nah, kalau “play” itu ada berbagai wahana permainan yang bisa kamu mainkan. Ada perahu sosis, mini golf, lorong sesat, dan wahana permainan lain. Tapi tiap wahana itu nggak gratis lho ya, ada harga untuk setiap kesenangannya, hho.

2. Kampung Daun

Kampung Daun, tempat wisata kuliner di Bandung

kuliner.panduanwisata.id

Tempat makan enak di Bandung selanjutnya adalah Kampung Daun. Di tempat ini, kamu bakal disuguhi berbagai macam keunikan, mulai dari suasana pedesaannya, kesan tradisional, dan tidak ketinggalan makanan yang disajikan.

Di Kampung Daun, kamu akan dibingungkan dengan berbagai menu khas Indonesia. Mulai dari makanan utama yang bikin kenyang, atau snack untuk pengganjal perut lapar.

Nah, kamu bisa memilih menu seperti nasi timbel, nasi liwet, nasi bakar, nasi goreng, batagor, surabi, sop buntut, gurame bakar, dan sajian menu lainnya yang menggoda.

3. Paskal Food Market

Paskal Food Market Bandung

katalogwisata.com

Paskal Food Market ini cocok banget buat kamu yang suka makan dengan banyak jenis makanan. Karena, di tempat ini ada lebih dari 100 pedagang yang menjajakan makanannya. Ada yang menjual makanan khas Bandung, ada juga yang menjajakan makanan dari berbagai penjuru dunia.

Kamu bisa mendatangi Paskal Food Market ini yang ada di area Pasir Kaliki, dekat dengan Stasiun Bandung. Setelah sampai tempat ini, kamu akan disuguhi dengan suasana yang nyaman. Ruangan tempat makan ini terbuka, jadi kamu pasti akan merasakan udara sejuk Bandung.

Untuk menikmati makanan di tempat ini, kamu nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Makanan yang ditawarkan di sini cukup murah kok. Cocok banget buat kamu pelajar, mahasiswa, atau anak muda dengan isi dompet yang pas-pasan.

4. Nasi Kalong

Nasi Kalong Bandung

zetakuliner.blogspot.com

Namanya Nasi Kalong, tapi dalam menunya, makanan ini nggak memakai daging kalong sama sekali ya. Tempat makan yang ada di Jalan RE Martadinata ini dinamai Nasi Kalong karena jam bukanya. Nasi Kalong buka mulai dari jam 7 malam sampai dini hari. Cocok banget deh buat kamu yang sering kelaparan kalau malam sudah mejelang.

Tapi ada yang harus kamu ketahui nih, kalau perut emang udah laper banget, siap-siap buat menahannya. Karena, di tempat ini kamu bakal antri untuk bisa menikmati menu yang ditawarkan.

Menu yang ada di tempat ini pun beragam, yang paling laris adalah nasi berwarna hitam. Menu ini sebenarnya adalah nasi merah yang dimasak menggunakan kluwek, bumbu yang sama yang digunakan untuk memasak rawon. Selain kluwek ada bumbu lain untuk menambah rasa masakan ini, seperti kelapa parut goreng, bawang merah, cabe, daun salam, dan juga bumbu dapur lainnya.

Selain itu, ada juga berbagai jenis lauk yang bisa kamu cicipi. Ada ayam goreng madu, tahu goreng, dan lauk menggoda lainnya.

5. Warung Nasi Ibu Imas

Warung Nasi Ibu Imas

hafiankamal.blogspot.com

Buat kamu yang baru pertama ke Bandung dan pengen menikmati makanan khas Sunda, coba deh ke Warung Nasi Ibu Imas. Kalau kamu penasaran, datang aja ke Jalan Pungkur No. 81, Warung Nasi Ibu Imas.

Nggak perlu khawatir bakal kehabisan, karena warung ini selalu buka, istilahnya warung 24 non-stop kalo kata orang mah.

Menu yang disajikan pun beragam, ada ayam bakar, karedok leunca, dan menu khas Sunda lainnya. Jadi, datanglah ke warung ini, dan nikmati citarasa makanan khas Sunda.

6. Sate Anggrek

Sate Anggerk Bandung

perutgendut.com

Nama yang melekat pada tempat makan yang satu ini karena terletak di Jalan Anggrek. Ketika melewati jalan ini, kamu sudah disuguhi dengan sedapnya bau asap sate yang sedang dibakar. Gimana nggak mampir coba kalau bau asapnya aja begitu menggoda.

Menu yang ada di Sate Anggrek ini beragam lho, walaupun masih sate semua sih, Ada sate ayam, sate kambing, dan sate telur.

Sate-sate di tempat ini memiliki ciri khas yang bakal jarang kamu dapet di tempat lain. Ukuran satenya itu lho, potongannya besar-besar dan teksturnya empuk. Bikin ngiler deh walau cuma lihat gambar dan nyium bau asepnya aja.

7. Sate Pak Gino

Sate Pak Gino Bandung

joiceyusriani.wordpress.com

Selain Sate Anggrek, ternyata ada lagi warung sate yang cukup terkenal di Bandung, namanya Sate Pak Gino. Di tempat ini ada berbagai macam olahan kambing yang menggoda. Kamu bisa coba menunya dengan datang ke Jalan Sunda No. 70, Bandung.

Walaupun namanya Sate Pak Gino yang diambil dari nama pemiliknya, tapi menu yang ada di tempat ini bukan cuma sate lho. Ada menu lain dengan bahan dasar daging kambing, seperti gule kambing, tongseng kambing, sop kambing, sate buntel, nasi goreng kambing, dan menu olahan kambing lainnya.

Nah, kalau tempat kamu terlalu jauh dari Jalan Sunda, ternyata Sate Pak Gino ini juga membuka cabang di Jalan Supratman 104 dan juga Jalan Ahmad Yani lho.

8. Batagor Hanjuang

Batagor Hanjuang Bandung

indexwisata.com

Salah satu makanan khas Badung yang sudah banyak tersebar di berbagai daerah adalah batagor. Warung batagor yang cukup terkenal di Bandung adalah Batagor Hanjuang. Mungkin bagi kamu yang doyan banget sama makanan ini udah tau sama tempat ini.

Untuk dapat menikmati kelezatan rasa dari Batagor Hanjuang, langsung aja menuju ke Jalan Astina, Bandung. Kalau kamu nggak tau dimana Jalan Astina, tepatnya ada di belakang Istana Plaza Bandung.

Kelezatan batagor ini terletak pada rasanya yang tenggiri banget, bumbu kacangnya yang khas, dan juga batagornya itu nggak banyak minyaknya. Pokoknya kamu harus cobain batagor yang satu ini kalau mampir sedang ada di Bandung.

9. Iga Bakar Si Jangkung

indexwisata.com

indexwisata.com

Iga Bakar Si Jangkung, dinamai demikian karena pemilik dari warung makan yang satu ini memiliki tubuh yang jangkung. Menyajikan iga bakar yang tulang iga-nya nggak ada lagi. Ya, memang begitulah ciri khas di warung makan yang beralamat di Jalan Cipaganti ini, iga yang nggak pakai iga.

Iga Bakar Si Jangkung paling enak dimakan menggunakan nasi putih hangat yang pulen dan juga taburan bawang merah, cabe rawit, atau tomat.

Rasa dari iga bakar di warung sangat lezat lho, perpaduan antara manis dan gurih, begitu menggoda deh pokoknya. Kelezatan rasa dagingnya tercipta karena cara memasak iga-nya yang direbus selama 3 jam, setelah itu dipanggang, lalu dipanaskan menggunakan wajan tanah liat.

10. Sapu Lidi

Sapu Lidi Bandung

indexwisata.com

Sapu Lidi merupakan sebuah penginapan yang ada di daerah Lembang. Dengan suasana pedesaan yang sejuk dan nyaman, menjadikan tempat ini sangat enak buat menginap. Selain itu, tempat makan yang ada di sini juga nyaman lho. Berada di dekat sawah dan berbentuk saung, pasti udaranya sejuk dan asri.

Di tempat ini kamu akan diberi pilihan menu khas Sunda, dan juga masakan Indonesia atau makanan Eropa.

11. Yoghurt Cisangkuy

Yoghurt Cisangkuy Bandung

salah-nama.blogspot.com

Tempat yang satu ini cukup unik dan berbeda dari tempat makan lainnya. Terletak di Jalan Cisangkuy No. 85, tempat ini menawarkan menu sehat berupa susu yang sudah difermentasi, atau kita lebih mengenalnya dengan nama yoghurt.

Nggak kayak yoghurt pada umumnya, yoghurt di tempat ini memiliki rasa yang tidak begitu asam dan ada berbagai macam pilihan rasa. Kamu bisa memesan yoghurt dengan potongan buah segarm atau bisa juga memesan yoghurt yang rasanya adalah rasa buah.

Selain yoghurt rasa buah, ada juga rasa lain seperti coklat dan moka. Bahkan, kamu juga bakal menemukan beberapa makanan untuk mendampingi menikmati santap yoghurt mu lho. ada kentang goreng, sosis goreng, batagor, siomay, sate, dan makanan lezat lainnya.

12. Nasi Goreng Mafia

Nasi Goreng Mafia Bandung

jajalable.com

Orang Indonesia itu belum makan kalau nggak menyantap nasi, dan salah satu olahan nasi yang paling mudah ditemui adalah nasi goreng. Salah satu nasi goreng terkenal di Bandung adalah Nasi Goreng Mafia, terletak di Jalan Jalaprang 24, Jalan Dipati Ukur 51, Jalan Purwakarta 28, Jalan Tjikoetra 198, dan cabang lainnya.

Di Nasi Goreng Mafia terdapat berbagai macam menu nasi goreng yang bisa kamu cicipi. Namanya pun unik-unik, ada nasi goreng god father, nasi goreng triad, nasi goreng gangster, dan nasi goreng yang unik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sendiri tingkat kepedasan dari nasi goreng yang kamu pesan.

13. Raja Rasa

Gurame Bakar Raja Rasa Bandung

foodstime.wordpress.com

Buat kamu pecinta seafood, coba deh dateng ke warung makan yang satu ini, Raja Rasa, beralamat di Jalan Sentra Ria, Bandung. Menyajikan berbagai macam olahan seafood dan makanan khas sunda.

Kalau mau menikmati menu yang ada di tempat ini, Raja Rasa buka dari jam 10 pagi sampai 10 malam ya. Menunya ada banyak, ada udang saus keraton, kangkung hotplate, cumi goreng, gurame bakar jimbaran, sup kepiting, krapu saus kecap, sop iga, kerang hijau pedas, dan menu lezat lainnya.

Selain menu untuk perorangan, kamu juga bisa memesan paket makanan yang bisa dimakan sampai 4 orang. Gimana? Kelihatannya lebih irit tuh kalau ada paket-paketnya gitu.

14. Iga Bakar Buncit

Iga Bakar Buncit Bandung

jajan-jajan-bandung.blogspot.com

Kalau tadi ada Iga Bakar Si Jangkung yang tanpa tulang iga, yang satu ini adalah Iga Bakar Buncit. Warung igaa bakar ini berani memberi tagline pada tempat makannya sebagai iga bakar paling enak nomor 2 di dunia. Gimana? Kalo udah mengikrarkan diri seperti itu, pastilah rasa iga bakar di tempat ini sangat layak untuk dicoba.

Dengan tagline yang begitu membahana, tentu banyak orang yang penasaran dengan Iga Bakar Buncit ini. Bahkan, orang yang pernah mencicipi iga bakar di tempat ini ada yang berkata kalau kamu nggak bakal kecewa deh makan di sini.

Nah, dari pada penasaran, mending langsung dateng aja ke Jalan RE Martadinata No. 62, Bandung.

15. Waroeng Setiabudhi

Waroeng Setiabudhi Bandung

zarafirsty.wordpress.com

Warung lain yang cukup terkenal di Bandung adalah Waroeng Setiabudhi. Tempat ini cocok banget buat kamu yang suka nongkrong bareng temen. Lokasinya pun nggak sulit kok, warung ini ada di Jalan Setiabudhi No. 175.

Tempat ini selain memanjakan kamu dengan suasananya, tentu saja ada menu yang istimewa. Salah satu menu andalan yang bisa kamu coba adalah surabi, makanan khas Bandung yang tentu saja rasanya nggak usah ditanya. Surabi di Waroeng Setiabudhi masih menggunakan tungku tradisional untuk memasaknya, jadi kamu bisa sekalian lihat proses memasak tradisional nih di sini.

Surabi yang ditawarkan pun nggak cuma satu rasa aja lho, ada banyak pilihan yang bisa kamu cicipi. Contohnya aja surabi ayam mayonaise, atau mungkin surabi coklat keju. Tinggal pilih aja sesuai dengan selera kamu.

16. Cie Rasa Loom Buah Batu

Cie Rasa Loom Bandung

bandung.panduanwisata.id

Cie Rasa Loom Buah Batu ini, kalau kamu pengen dateng, langsung aja ke Jalan Terusan Buah Batu. Tempat ini tentu saja merupakan warung makan, dan menu andalan yang ada di sini adalah mie Aceh. Cocok deh buat kamu yang mungkin orang Aceh dan kangen sama makanan yang ada di sana.

Jangan khawatir kalau kamu dateng ke sana ternyata malah tutup. Karena, warung ini buka 24 jam, jadi kamu bisa dateng ke tempat ini kapan aja.

Kalau soal rasa, kamu nggak usah ragu, karena ternyata warung makan ini yang punya itu orang Aceh lho. Namanya tempat makannya aja “cie rasa loom” yang artinya coba rasakan lagi.

17. Roemah Nenek Resto Cafe

Roemah Nenek Resto Cafe Bandung

bataranews.com

Buat kamu yang ingat nenek, mungkin bisa dateng ke Roemah Nenek Resto Cafe. Walaupun yang disajikan bukan masakan nenek, tapi setidaknya, nama tempat makan ini ada unsur neneknya, hehe.

Roemah Nenek Resto Cafe juga merupakan salah satu tempat berwisata kuliner yang populer di Bandung. Lokasinya nggak begitu sulit ditemukan kok, datang aja ke Jalan Taman Cibeunying Selatan No. 47.

Ada banyak menu yang bisa kamu cobain di sini, makanan andalannya adalah chicken taragon. Selain itu, ada juga menu lain seperti nasi tutug, nasi timbel, dan menu masakan lokal lain.

Kalau kamu suka makanan yang ke-barat-barat-an, di sini ada juga lho menunya. Mulai dari pizza bakar, pasta, sampai salad. Kamu tinggal pilih aja suka menu yang mana dan bisa disesuaikan juga dengan kocek yang ada.

Nah, itu tadi beberapa tempat makan yang bisa kamu jadikan list buat wisata kuliner. Tapi jangan cuma dateng sendirian ya, ajak juga keluarga atau teman untuk menikmati hidangan yang disajikan. Selamat wisata kuliner 🙂

Leave a Reply