Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Ibu hamil itu harus memperhatikan makanan yang dimakan karena selain untuk memenuhi gizi dirinya sendiri, juga harus membaginya dengan bayi yang ada dalam kandungannya. Apalagi kalau usia kandungan masih 1-2 bulan, masih rentan tuh kandungannya. Diusia kandungan yang masih muda itu, gizi sang jabang bayi harus selalu terpenuhi agar perkembangannya berjalan dengan baik.

Namun, dijaman yang sudah maju seperti sekarang ini, masih banyak mitos tentang konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Ibu-ibu di Indonesia masih banyak yang percaya kalau sedang hamil itu harus mengonsumsi makanan dua kali lebih banyak dari porsi biasanya. Bener nggak tuh? Ternyata hal itu nggak bener, bukan dua kali lebih banyak, tapi dua kali lebih bergizi.

Kalau ibu hamil makan secara berlebihan, bisa-bisa kalori dalam tubuhnya jadi meningkat. Kalau udah gitu, kegemukan nggak terelakkan lagi deh. Ibu hamil yang gemuk itu belum tentu melahirkan anak gemuk juga lho. Nanti, setelah melahirkan kamu bisa kesulitan menurunkan berat badan.

Terus, sebaiknya gimana dong? Apa yang sebaiknya dilakukan kalau sedang hamil? Gampang kok sebenernya tuh, cukup konsumsi makanan yang bergizi aja, sesuai dengan tahap pertumbuhan janin. Ini dilakukan biar asupan gizi dari makanan yang kita makan tepat sasaran.

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

Nah, daripada penasaran, yuk kita tengok bareng-bareng, makanan yang bergizi buat ibu hamil.

Telur

Telur ayam negeri

parade.com

Telur mempunyai kandungan gizi yang cukup baik untuk ibu hamil. Selain protein, di dalam telur terkandung 12 vitamin dan mineral. Protein ini berperan penting dalam pembentukan sel tubuh bayi di dalam kandungan. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi sekaligus kesehatan otak.

Daging Tak Berlemak

Daging sapi segar

balletphilippines.org

Sudah umum memang kalau daging merupakan sumber protein yang paling baik. Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih daging yang akan dikonsumsi. Sebaiknya pilih daging yang nggak ada lemaknya. Nah, karena dagingnya nggak berlemak, kita jadi nggak usah khawatir lagi tentang konsumsi lemak yang berlebih.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang sangat bermanfaat

dunialari.com

Ibu hamil itu sangat rentan sama yang namanya sembelit dan wasir. Sebenernya bukan cuma ibu hamil aja sih, yang nggak hamil pun juga sama kalau asupan seratnya kurang. Nah, di dalam kacang-kacangan inilah terdapat kandungan serat dan juga protein. Selain itu, pada kacang-kacangan, di dalam bijinya mengandung banyak zat besi dan kalsium lho. Oleh sebab itu, konsumsi kacang-kacangan di menu makanan kamu tiap hari itu penting, contohnya seperti buncis.

Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran hijau di apsar

createwholehealth.wordpress.com

Makan sayuran itu sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Terutama sayuran yang berwarna hijau, seperti bayam, sawi dan brokoli. Sayur-sayuran tersebut mengandung banyak vitamin, seperti vitamin K, A, C, dan juga asam folat. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, sayuran berwarna hijau juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata.

Buah dan Sayuran

 

howtostoyno.altervista.org

howtostoyno.altervista.org

Buah-buahan dan sayur-sayuran yang memiliki warna yang beragam juga bagus untuk ibu hamil. Kamu bisa mengonsumsi buah dan sayuran berwarna hijau, merah, kuning, oranye, ungu atau warna lainnya yang ada. Tiap buah dan sayur yang warnanya berbeda-beda itu mengandung gizi yang berlainan pula. Kandungan yang ada dalam buah dan sayur itu umumnya adalah vitamin, mineral dan antioksidan, selain itu juga ada serat.

Nah, itu tadi beberapa makanan yang baik untuk ibu hamil. Makanan sehat dan bergizi yang akan menunjang kebutuhan gizi bayi yang ada dalam kandungan. Yang penting tetap jaga kondisi tubuh, jangan bekerja terlalu berat, makan makanan yang bergizi, pola makan yang teratur dan jangan lupa berdoa.

One Response

  1. Hengki April 18, 2015

Leave a Reply