Seputar Tenis Meja, dari Mulai Teknik Dasar sampai Cara Bermain

PERMAINAN TENIS MEJA – Tenis meja, sebuah olah raga yang menggunakan alat pemukul dan juga meja serta bola. Tenis meja juga disebut dengan ping pong, memiliki pengertian suatu olahraga yang menggunakan raket dan dimainkan minimal dua orang (tunggal) atau bisa juga empat orang berpasangan dua-dua (ganda)

Permainan Bola Ping Pong

Permainan tenis meja menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet, disebut bet. Selain itu, tenis meja juga menggunakan meja untuk lapangannya dan sebuah bola.

Di Indonesia, induk dari olahraga tenis meja adalah PTMSI atau kepanjangannya adalah Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia. Sedangkan di tingkat dunia, ada yang namanya ITTF yang kepangjangannya International Table Tennis Federation. Untuk ITTF, saat ini anggotanya sudah mencapai 217 negara dan PTMSI sudah tercatat sebagai anggota ITTF sejak tahun 1961.

Teknik Dasar Tenis Meja

Untuk dapat bermain tenis meja dengan baik, kamu tentu harus tahu bagaimana dasar-dasar dalam bermain olahraga ini.

1. Teknik Memegang Bet

Memegang bet merupakan hal yang harus kamu kuasai ketika akan bermain tenis meja. Kamu harus bisa memegang bet dengan benar dan tepat, karena jika tidak bisa, tentu kamu tidak akan bisa bermain tenis meja dengan baik.

Ada dua cara memegang bet dalam permainan tenis meja, penholder grip dan hakehand grip. Kamu bisa memilih cara mana yang paling nyaman untuk bermain.

Penholder Grip atau Pegangan Tangkai Pena

penholder grip tenis meja

galeripenjas.blogspot.com

Cara memegang seperti ini adalah gagang bet dipegang melingkar menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Sedangkan ketiga jari lainnya menahan bagian belakang gagang bet. Cara memegang bet seperti ini biasanya digunakan oleh pemain yang tipe permainannya menyerang dengan pukulan forehand drive.

Shakehand Grip atau Pegangan Jabat Tangan

hakehand grip tenis meja

galeripenjas.blogspot.com

Cara memegang hakehand grip adalah gagang bet dipegang menggunakan ibu jari dan ketiga jari lainnya. Sedangkan jari telunjuk posisinya terpisah menahan bagian belakang bet.

2. Teknik Memukul

permainan tenis meja

cbworlds.blogspot.com

Teknik memukul dalam tenis meja, sebenarnya hampir sama dengan olahraga badminton dan tenis lapangan. Pada dasarnya, permainan yang menggunakan raket itu ada dua teknik memukul, yaitu forehand dan backhand.

Selain itu, kamu juga harus belajar block serangan dari lawan yang biasanya akan memukul bola dengan keras atau disebut smash. Block ini bertujuan mematahkan serangan yang dilakukan oleh lawan.

3. Servis

Untuk memulai permainan, pertama yang harus kamu lakukan adalah memukul bola ke area lawan. Nama pukulan pertama dalam permainan tenis meja adalah servis. Servis ini sangat penting dalam permainan tenis meja karena jika kamu tidak bisa, maka bagaimana akan memulai bermain?

4. Pengaturan Kaki

Posisi kaki juga harus kamu perhatikan ketika hendak bermain tenis meja. Pengaturan kaki ini sangat penting dilakukan, tapi banyak dilupakan. Banyak pemain yang menempatkan posisi kaki di tengah meja, hal ini tentu akan menyulitkan ketika hendak melakukan blocking.

5. Posisi Tubuh

Untuk bermain tenis meja yang baik, posisi tubuh harus diperhatikan. Pertama kamu harus berdiri menghadap ke arah lawan. Kemudian posisikan kaki terbuka dan sejajar, lalu kedua lutut agak ditekuk.

Posisi badan agak membungkuk denagn salah satu tangan memegang bet di depan dada. Usahakan berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki agar kamu leluasa untuk bergerak. Posisikan badan di tengah-tengah belakang meja, atur jaraknya dari meja secukupnya saja.

Nah, gimana? Tertarik untuk bermain tenis meja? Kalau kamu masih belum paham betul tentang tenis meja, tunggu update artikel ini ya 🙂

Leave a Reply