Bermain Sambil Belajar di Taman Pintar Jogja

Taman Pintar Jogja – Kamu pasti tahu kalau Jogja juga dikenal sebagai Kota Pelajar, tempat para pelajar menuntut ilmu. Banyak cendikiawan juga berasal dari kota dengan budayanya yang kental ini.

Julukan sebagai Kota Pelajar tentu bukan muncul begitu saja, tetapi karena suatu hal sehingga Jogja menyandang nama tersebut. Di Jogja kamu akan banyak menemukan berbagai tempat pendidikan dari setiap jenjang. Banyak juga mahasiswa dari seluruh Indonesia yang menempuh pendidikan di Kota Jogja.

Salah satu yang menarik dari Kota Jogja yang disebut sebagai Kota Pelajar adalah salah satu taman di kota ini. Nama taman tersebut adalah Taman Pintar, tempat yang bisa bikin kamu pintar dengan cara yang menyenangkan.

Apa Sih Taman Pintar Itu?

Taman Pintar adalah tempat wisata pendidikan yang ada di Jogja. Salah satu taman edukasi di Jogja yang paling banyak pengunjungnya. Tempat yang bukan hanya untuk anak-anak saja, tapi buat kamu yang sudah remaja atau dewasa, pergi ke tempat ini tentu akan menambah pengetahuanmu.

Taman Pintar ini dibangun atas gagasan wali kota Jogja pada masa itu, yaitu Herry Zudianto SE, Akt, MM. Taman Pintar dibangun di atas tanah dengan luas 12.000 mdan memiliki banyak wahana yang akan menambah pengetahuan kamu.

Pengunjung dari Taman Pintar ini beragam lho, bahkan ada juga yang jauh-jauh dari luar Kota Jogja. Biasanya, pengunjung dari luar Jogja berasal dari daerah di sekitar kota Jogja.

Alamat Taman Pintar

Taman Pintar Jogja

afiaanwas.blogspot.com

Kalau kamu belum pernah pergi ke Taman Pintar, nggak usah bingung buat nyari tempat ini. Taman Pintar letaknya nggak begitu jauh dari Malioboro sama Pasar Beringharjo kok.

Alamat lengkapnya itu ada di Jalan Panembahan Senopati No. 3 Yogyakarta. Kamu bisa lihat peta di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Motto Taman Pintar

Nah, ternyata Taman Pintar juga memiliki motto dalam perjalanannya menambah pengetahuan pengunjung lho. Motto taman ini mengambil ajaran dari Ki Hadjar Dewantara yaitu 3 N.

Apa itu 3 N? N yang pertama adalah niteni, artinya mengingat atau memahami. N kedua adalah nirokake, yang berarti menirukan. N yang terakhir adalah nambahi yang mempunyai arti mengembangkan.

Jadi, motto dari taman pintar ini seperti dalam proses belajar sebuah pengetahuan dan teknologi. Konsepnya adalah adopt, adapt, dan advance.

Apa Sih yang Ada di Taman Pintar?

Kalau kamu berkunjung ke tempat wisata, tentu ingin menikmati apa yang ada di tempat itu kan? Nah, begitu juga para pengunjung di Taman Pintar, pastinya juga ingin bermain sekaligus menambah wawasan di sini.

Taman Pintar menyediakan berbagai macam jenis wahana yang bisa kamu kunjungi. Ada 3 gedung utama yang terdapat di sini, dan di dalamnya, terdapat wahana yang berbeda-beda.

1. Gedung Kotak

Ketika kamu memasuki Gedung Kotak, akan ada 10 zona yang bisa kamu kunjungi. Ada zona koleksi keris, zona Borobudur, zona batik, zona koleksi tokoh wayang, zona air untuk kehidupan, zona pengolahan minyak dan gas bumi, zona teknologi otomotif, zona planning city, zona pengolahan susu, dan zona peraga turbulensi.

Nah, kesepuluh zona yang ada di Gedung kotak ini dapat kamu kunjungi dan melihat pengetahuan dengan cara yang berbeda. Kamu bisa belajar tanpa harus duduk di kursi dan mendengarkan, dengan melihat dan mengamati zona-zona ini, tentunya pengetahuan kamu akan bertambah.

2. Gedung Oval

Gedung oval ini memiliki lebih banyak zona jika dibandingkan dengan Gedung Kotak. Ada sekitar 12 zona yang menunggumu untuk dijelajahi.

Kamu bisa belajar cuaca dan juga iklim di zona cuaca, iklim, dan gempa. Buat kamu yang suka pertanian, zona agro bisa menjadi tujuan utamamu. Kalau kamu mau belajar tentang kehidupan masa lampau, ada zona purba.

Untuk kamu yang suka teknologi, di Gedung Oval ini ada banyak zona yang bisa kamu kunjungi. Ada zona teknologi komunikasi, zona generator pedal, zona TV trainer, zona Generator Van de Graaf, dan zona nuklir.

Kalau kamu suka sama planet tempat tinggal kita, ada ICT melihat bumi. Kamu juga bisa bereksperimen di zona pojok kreasi sains. Ada juga zona terowongan ilusi dan akuarium air tawar yang pastinya seru deh kalau ke sini.

3. Gedung Memorabilia

Seperti namanya, gedung yang satu ini menyimpan memori tentang sejarah di Indonesia. Ada beberapa sejarah yang bisa kamu pelajari di sini. Kamu bisa belajar tentang sejarah Kasultanan Keraton, ada juga sejarah tentang tokoh pendidikan. Dan, yang terakhir ada kepustakaan kepresidenan.

Dengan perkembangan yang begitu pesat, sekarang ini mungkin Taman Pintar sudah bertambah banyak lagi wahana yang bisa kamu kunjungi. Jadi, tidak hanya sebatas beberapa wahana yang disebutkan di atas saja.

Nah, itu tadi beberapa hal mengenai Taman Pintar yang bisa menambah sedikit pengetahuan kamu. Kalau kamu penasaran, langsung aja ke sini, jangan lupa ajak teman, keluarga, atau tetangga juga ya. Selamat belajar, selamat bermain 🙂

Leave a Reply