Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan Tubuh

Di Indonesia, susu kambing mungkin belum sepopuler susu sapi. Mungkin karena jarang orang yang mau beternak kambing untuk diambil susunya. Salah satu jenis kambing yang dapat diambil susunya adalah jenis kambing etawa.

Manfaat dari mengonsumsi susu kambing etawa ini cukup banyak lho. Hal itu karena di dalam susu kambing etawa terdapat kandungan gizi yang cukup lengkap, seperti kalsium, fosfor, fluorin dan sodium. Dengan kandungan gizi yang cukup lengkap tersebut, susu kambing etawa diklaim hampir setara dengan ASI.

Nah, disamping nilai gizinya yang cukup tinggi, susu kambing etawa dipercaya memiliki manfaat yang banyak. Langsung saja kita simak beberapa manfaat susu kambing etawa.

1. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Susu kambing etawa dapat dijadikan sebagai asupan gizi untuk ibu hamil dan ibu yang sedang menyusui. Selain itu, jika ibu hamil mengonsumsi susu kambing etawa, janin yang ada dikandungannya menjadi sehat. Sedangkan untuk ibu menyusui, susu kambing etawa akan memperlancar ASI.

2. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Jika susu sapi perlu alat untuk menghomogenkan lemak yang ada di dalamnya. Susu kambing etawa tidak memerlukan alat. Secara alami susu kambing etawa akan dihomogenisasi. Globula lemak yang ada pada susu kambing etawa dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil. Hal ini sangat bermanfaat saat proses pencernaan dan penyerapan di dalam tubuh.

Bagi orang yang mempunyai masalah usus atau gangguan percernaan yang disebabkan oleh inflamasi, susu kambing etawa sangat bagus untuk dikonsumsi. Sifat probiotik yang terdapat dalam susu kambing etawa dapat membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan, susu kambing etawa sangat baik untuk pencernaan. Susu kambing etawa memiliki kemampuan untuk menenangkan pencernaan dan menekan rasa lapar. Cocok banget nih buat kamu yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, susu kambing etawa tidak mengandung protein komplek sehingga dapat diminum oleh orang yang mempunyai alergo terhadap susu sapi.

4. Mengandung Asam Lemak Esensial

Susu kambing etawa mengandung 35% asam lemak, jumlah itu lebih tinggi dari pada susu sapi yang hanya memiliki 17% asam lemak. Asam lemak yang terdapat dalam susu kambing etawa adalah asam lemak antimikrobia seperti kaprilat dan asam kaprat. Kedua asam lemak tersebut memiliki peran untuk memperbaiki sistem pencernaan.

5. Sebagai Agen Metabolik

Dalam sebuah penelitian yang sudah dilakukan, susu kambing etawa ternyata berhubungan erat dengan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dan tembaga. Terutama pada orang yang sistem pencernaannya terganggu.

6. Sumber Kalsium

Walaupun sekarang banyak yang menjadikan susu sapi sebagai sumber kalsium, ternyata susu kambing etawa bisa juga menjadi sumber kalsium. Dalam susu kambing etawa, banyak terdapat kalsium dan juga asam amino triptofan.

7. Menyehatkan Kulit

Ternyata susu kambing etawa juga dapat digunakan sebagai lulur dan juga masker wajah. Fungsinya untuk mengecilkan pori-pori pada wajah dan menghaluskan kulit. Perawatan menggunakan susu kambing etawa akan menjadikan kamu terbebas dari masalah kulit contohnya seperti jerawat.

Nah, itu dia beberapa manfaat susu kambing etawa yang sudah banyak dirasakan oleh yang mengonsumsinya. Sebenernya masih ada lagi manfaat dari susu kambing etawa lho, tungguin aja update-nya.

Leave a Reply