Makanan Sumber Protein yang Tinggi untuk Asupan Gizi Tubuh Kamu

Protein adalah salah satu zat gizi yang sangat penting bagi tubuh kita. Protein dibutuhkan untuk pembentukan jaringan otot dan sel darah merah.

Protein juga dibutuhkan oleh kulit, rambut, dan kuku untuk pertumbuhannya. Selain itu, protein ini penting juga untuk kesehatan neurotransmiter kita lho. Bahkan, protein juga merupakan sumber cadangan energi saat tubuh kita tidak mendapat asupan karbohidrat yang cukup.

Dengan banyaknya manfaat mengonsumsi makanan sumber protein, tentu kita akan mencari apa saja makanan yang banyak mengandung zat gizi yang satu ini.

Nah, selama ini tentu kamu tahu kalau sumber protein itu dibagi menjadi dua, ada protein hewani dan protein nabati. Kedua sumber protein ini memiliki kelebihan masing-masing.

Kalau kamu memilih sumber protein hewani, di dalamnya biasanya mengandung asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan jaringan. Kalau kamu lebih memilih sumber protein nabati, biasanya kandungan seratnya tinggi dan rendah lemak.

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang memiliki kandungan protein cukup tinggi.

1. Susu Sapi

Cara menaikkan berat badan dengan cara minum susu secara rutin

infobacan.com

Susu merupakan salah satu sumber yang bisa kamu jadikan pemenuh kebutuhan protein tubuh. Di dalam susu terkandung protein, kalsium, dan mineral yang cukup tinggi.

Kamu akan memperoleh 3,20 gram protein dan 143 miligram kalsium setiap 100 gram susu sapi yang kamu konsumsi. Bahkan kamu juga akan mendapatkan asupan lemak, karbohidrat, vitamin, zat besi, fosfor.

2. Telur – Terutama Putih Telur

Telur ayam negeri sumber protein

parade.com

Telur merupakan makanan yang sehat, bergizi, dan salah satu sumber protein terbaik. Kalau kamu cari makanan yang murah, mengolahnya mudah, dan tentu proteinnya tinggi, telur lah pilihan yang tepat buat kamu.

Protein di dalam telur ini sangat mudah dicerna. Walaupun banyak yang menganggap telur mengandung lemak yang tinggi, tapi nyatanya lemak yang ada di dalam telur merupakan lemak tak jenuh.

Dalam 100 gram telur, terdapat 12,6 gram protein. Selain protein, kamu juga akan mendapatkan asupan vitamin A, vitamin B2, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, kolin, fosfor, kalsium, dan kalium jika mengonsumsi telur.

3. Tahu

Tahu putih sumber protein

idreamofsushi.com

Salah satu olahan kedelai yang banyak kita jumpai adalah tahu. Dan, tahu merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Tahu bisa menjadi alternatif makanan dengan protein tinggi yang harganya murah dan mudah mendapatkannya.

Tahu ini cara membuatnya adalah dengan mengendapkan atau menjendalkan protein yang ada pada sari kedelai menggunakan asam. Jadi, kandungan proteinnya tentu tinggi, dan ini sangat baik apalagi buat kamu yang vegetarian.

4. Tempe

Tempe yang terbuat dari kedelai merupakan sumber protein

id.wikipedia.org

Walaupun sama-sama berbahan dasar kedelai, tempe ini sangat berbeda dengan tahu lho. Tahu merupakan endapan protein kedelai. Sedangkan tempe adalah olahan kedelai utuh yang kemudian di fermentasi menggunakan ragi tempe.

Nah, karena fermentasi yang dilakukan, kandungan protein di dalam tempe menjadi lebih mudah untuk diserap oleh tubuh. Jadi, nggak ada salahnya menjadikan tempe sebagai makanan sehat untuk keseharian kamu.

Nah, itu tadi beberapa makanan atau minuman sumber protein yang dapat kamu konsumsi sehari-hari. Perlu diingat kalau mengonsumsi makanan atau minuman janganlah berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu pastilah tidak baik. Selamat berburu makanan tinggi protein 🙂

Leave a Reply